×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Sulistyawan Ds

18 Februari 2020 09:59

Busana kebesaran Raja Jogja akan dipamerkan untuk publik

Beberapa busana yang akan dipamerkan adalah koleksi busana yang sangat langka..

Busana kebesaran Raja Jogja akan dipamerkan untuk publik

0



Dalam rangka memperingati ulang tahun penobatan Sri Sultan HB X bertahta sebagai Raja, Keraton Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat menyelenggarakan sejumlah kegiatan. Salah satu kegiatan yang diyakini menarik perhatian masyarakat adalah Pameran dan Pementasan Seni Tradisi. 

Busana kebesaran Raja Jogja akan dipamerkan untuk publik

Raja Keraton Yogyakarta Sri Sultan HB X mengenakan busana kebesaran. Koleksi busana  semacam  ini nantinya  dipamerkan publik mulai 7 Maret hingga 5 April 2020 di Pagelaran Keraton Yogyakarta (Foto: Dok. Tepas Tandha Yekti) 

Tahun lalu, Tingalan Jumenengan Dalem memamerkan koleksi pusaka keraton. Sedangkan untuk tahun ini Keraton akan memamerkan puluhan koleksi busana kebesaran milik raja dan permaisuri yang jarang diketahui publik. 

Pameran busana ini akan dilaksanakan di Pagelaran Keraton Yogyakarta mulai 7 Maret 2020 hingga 5 April 2020. Pada saat pembukaan pameran akan disajikan gelaran Wayang Wong Golek Menak Lakon "Jayeng Rana Jumeneng Nata" persembahan Kawedanan Hageng Punakawan (KHP) Kridha Mardawa. 

Loading...

Penghageng Tepas Tandha Yekti Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hayu mengungkapkan bahwa Tingalan Jumenengan Dalem merupakan kegiatan tradisi tahunan  yang telah berlangsung ratusan tahun.

Selain kegiatan tradisi yang tertutup untuk publik, digelar juga sejumlah kegiatan  lain yang dapat disaksikan oleh masyarakat umum. Kegiatan tersebut antara lain adalah pameran dan pementasan seni tradisi. 

"Beberapa busana yang akan dipamerkan adalah koleksi busana yang sangat langka seperti busana kebesaran Sultan HB X selaku raja Keraton Ngayogyakarto Hadiningrat, busana pengantin keraton maupun busana koleksi putra-putri keraton." ujar GKR Hayu kepada wartawan di Pendapa Ambarrukmo Sabtu (15/2/2020 ).

GKR Hayu menambahkan, pameran busana keraton ini dimaksudkan sebagai upaya untuk mengedukasi publik khususnya masyarakat Yogyakarta mengenai tata cara berbusana tradisional. Sebab, kurangnya pemahaman dalam berbusana membuat publik sering keliru pada saat mengenakan busana tradisional.

"Busana tradisional yang sekarang dipakai secara formal oleh sejumlah instansi pada hari-hari tertentu itu sumbernya berasal dari Keraton. Tetapi karena kurangnya pemahaman, masih sering dijumpai pemakaian busana yang tidak tepat." tandas GKR Hayu.

Busana kebesaran Raja Jogja akan dipamerkan untuk publik

Pagelaran Kraton Yogyakarta (Foto: Dok. Tepas Tandha Yekti) 

Senada dengan GKR Hayu, putri bungsu Sultan HB X, GKR Bendara mengatakan agar pemahaman publik terhadap busana ini lebih sempurna. Pihak Keraton juga menyelenggarakan simposium budaya yang membahas mengenai makna dan filosofi busana keraton.

Ada pun tema yang diusung dalam pameran maupun simposium budaya ini adalah "Abalakuswa: Busana dan Peradaban di Keraton Yogyakarta". Melalui tema besar ini diharapkan publik mengetahui perkembangan peradaban keraton yang tercermin dalam motif dan pola busana keluarga raja.

Selain menghadirkan budayawan dan pakar sejarah, simposium budaya ini akan menghadirkan  sejumlah pakar budaya yang berasal dari Belanda, Amerika dan Australia. (*/sulistyawan)

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

keraton jogja busana pameran
Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

ON FIRE

MORE
Back To Top