Percayakah kamu bahwa ada pohon emas? Mungkin banyak orang yang menganggap hal ini sebagai lelucon. Namun nyatanya hal ini benar adanya, dan dibuktikan oleh ahli geologi di Perth, Australia yang menemukan bahwa daun dari pohon 'Eucalyptus/Eukaliptus' dapat menghasilkan emas.

Bukan sekadar dongeng, ternyata pohon emas benar-benar ada lho

Seperti yang dilansir dari laman independent.co.uk, berdasarkan penelitian dari Commonwealth Scientific and Industrial Research Organisation-CSIRO, emas yang terkandung dalam daun 'Eucalyptus' berasal dari penyerapan yang dilakukan oleh akar.

Bukan sekadar dongeng, ternyata pohon emas benar-benar ada lho

Saat penyerapan itulah kandungan emas yang besar di dalam tanah ikut terbawa beserta nutrisi lain yang dibutuhkan oleh pohon untuk tumbuh. Sontak saja hal itu membuat Dr. Mlvyn Lintern, seorang ahli geokimia dan peneliti utama di CSIRO, merasa sangat terkejut.

Dr. Melvyn Lintern mengatakan bahwa berdasarkan penelitian yang ia lakukan, akar pohon Eucalyptus yang menghasilkan partikel emas tersebut dapat mencapai kedalaman 30 meter di bawah tanah, atau setara bangunan berlantai 10.

Bukan sekadar dongeng, ternyata pohon emas benar-benar ada lho

Meskipun kandungan emas dalam pohon Eucalyptus terbilang sangat kecil. Namun penemuan ini bisa menjadi metode baru dalam mencari sumber keberadaan emas di bawah tanah.

"Berdasarkan penelitian kami, dibutuhkan sekitar 500 pohon untuk menghasilkan emas yang cukup untuk membuat sebuah cincin, namun itupun harus tumbuh di atas tempat yang mengandung unsur emas," kata Dr Lintern.