Brilio
×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Erna Girsang

11 Januari 2019 10:27

BNPB gelar lomba penulisan makalah penanggulangan bencana

Lomba yang diadakan BNP ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan pengenalan masyarakat, serta upaya mengurangi dampak bencana.

BNPB gelar lomba penulisan makalah penanggulangan bencana

0



Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) menggelar lomba penulisan makalah mengenai Penanggulangan Bencana. Makalah yang menang akan mendapatkan hadiah yang menarik, tetapi yang lebih penting lagi akan dijadikan referensi untuk membantu Indonesia menanggulangi bencana alam.

Dalam satu tahun terakhir, lebih dari 1.000 orang menjadi korban bencana alam di Indonesia. Bencana memang tidak bisa dihindari, tetapi dengan kewaspadaan dan pemahaman mengenai bencana, dampak negatifnya masih dapat diatasi, setidaknya dikurangi (mitigasi).

Untuk meningkatkan pemahaman dan pengenalan masyarakat, serta upaya mengurangi dampak bencana Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk terus melakukan berbagai upaya. Dari mulai upaya sosialisasi hingga penanganan korban atau kerusakan yang terjadi karena bencana itu.

Salah satu upaya BNPB melibatkan masyarakat untuk lebih peduli dan dasar akan dampat bencana adalah dengan menggelar lomba membuat makalah atau esai penanggulangan bencana. Kompetisi ini dilakukan untuk meningkatkan sosialisasi penanggulangan bencana kepada masyarakat.

Makalah yang terbaik akan mendapatkan hadiah, selain itu akan dijadikan salah satu referensi untuk upaya penanggulangan bencana alam di Indonesia. Kompetisi ini digelar oleh Jurnal Penanggulangan Bencana, yaitu jurnal ilmiah populer yang diterbitkan oleh Pusat Data, Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Hasil lomba akan diterbitkan dalam Jurnal Penanggulangan Bencana milik BNPB. Jurnal Penangulangan Bencana diterbitkan dua kali dalam setahun, yaitu Maret dan September, untuk menjadi wadah menampung ide, gagasan, dan pengalaman dalam penanggulangan bencana bagi akademisi, peneliti, praktisi, pelaku penanggulangan bencana dan sebagainya.

"Tanggal penerimaan makalah terakhir targetkan tanggal 15 Februari 2019. Karya yang diperlombakan belum pernah diterbitkan dalam jurnal lain. Panjang mkalah antara 10-15 halaman," seperti dilansir dari keterangan tertulis BNPB, Kamis (10/1/2019). 

Hasil karya dan pertanyaan seputar lomba dapat menghubungi redaksi Jurnal Penanggulangan Bencana, di alamat surat-menyurat: Redaksi Jurnal Penanggulangan Bencana, Graha BNPB Jalan Pramuka Kav. 38, Jakarta Timur 13120, redaksijurnal@bnpb.go.id atau bdpusdatinmas@gmail.com.

Sementara itu, format penulisan makalah seperti berikut:

I. Pendahuluan (uppercase, left, bold, font arial 10)
1.1 Latar Belakang (Tinjauan Pustaka). (Titlecase, left, Bold, font Arial 10).
1. 2 Tujuan (huruf seperti 1.1) Menjelaskan dengan singkat tujuan penelitian ataupun tujuan yang akan dilakukan.

II. Metodologi Pada BAB ini penulis bisa membagi 2 atau 3 sub bab.
2.1 Tempat dan waktu penelitian, menjelaskan di mana dan kapan penelitian dilakukan.
2.2 Sampling dan analisis sampel, menjelaskan bagaimana mengambil sampel dan dianalisis di mana dengan metode apa.
2.3 ............... (jika perlu)

III. Hasil dan pembahasan (huruf seperti 1.)
3.1 Laporan Penelitian (huruf seperti 1.1) Penulis harus menyampaikan data/ hasil pengamatannya. Hubungkan dan diskusikan dengan referensi hasil/hasil penelitian lain. Jelaskan mengapa hasil penelitian anda berbeda atau sama dengan referensi yang ada, kemudian ambil kesimpulannya.
3.2 Artikel Ulasan (Huruf seperti 1.1) Penulis menyampaikan “teori, pandangan dan hasil penelitian” peneliti lain tentang sebuah substansi/isu yang menarik. Diskusikan/kupas perbedaan dan persamaan referensi yang anda sampaikan tersebut.

IV. Kesimpulan, yang akan lebih baik jika penulis mampu mensinergikan referensi yang ada menjadi sebuah pandangan baru.

Tabel dan Gambar dapat disisipkan di tengah-tengah artikel. Contoh: Tabel 1. Judul Tabel (Capital Each Word, regular, ditulis di atas tabel).

(brl/red)

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

bnpb badan nasional penanggulangan bencana lomba makalah kompetisi bencana alam
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Tutorial Membuat Artikel di Brilio Creator Hi Sobat Brilio! Untuk kamu yang masih bingung untuk nulis di Brilio Creator, sekarang jadi lebih mudah dengan adanya video tutorial ini. Selamat menulis!

ON FIRE

MORE
Back To Top