Menjabat sebagai "manajer" kota yang berjuluk "Kota Hujan", Bima terus menerus melakukan upaya persuasif kepada masyarakat dan stake holders lainnya. Termasuk "memaksa" mereka mengubah paradigma, bagaimana menjaga dan merawat kebersihan kota sebagai rumah bersama.

Salah satu program yang menurut Bima berhasil terwujud adalah "Lurah Challenge" di mana para lurah ditantang untuk berlomba membebaskan wilayahnya dari sampah, jorok, dan kumuh.

Tak hanya rumah, jalan lingkungan, ruang terbuka, dan fasilitas umum, melainkan juga sungai yang selama ini menjadi tempat pembuangan sampah rumah tangga dan limbah industri. Lurah Bantarjati Dheri Wiriadirama adalah lurah pertama yang dinilai Bima telah berhasil menjawab tantangannya.

"Selamat untuk Lurah Bantarjati Dheri Wiriadirama yang telah tuntas dan cepat menjawab tantangan saya. Kali Cibagolo bersih dalam waktu kurang dari satu bulan. Senang lihat anak- anak bisa main air di sana sekarang. Kuncinya adalah kerjasama. Terus kolaborasi dengan warga dan jaga terus kebersihannya, jangan lagi ada yang BAB disitu yaa..#bogorberlari",tulis Bima Arya di akun Facebook miliknya.

Bima Arya bersihkan Kota Bogor dari sampah lewat #LurahChallenge

Kali Cibagolo yang melintasi kawasan Bantarjati yang sebelumnya penuh sampah, keramba ikan, dan kotor, kini terlihat bersih dengan air lebih jernih. Anak-anak dan orang dewasa pun menjadikan Kali Cibagolo sebagai ruang publik, dan sarana bermain air yang bisa diakses bersama-sama.

Bima Arya bersihkan Kota Bogor dari sampah lewat #LurahChallenge

Menurut Bima, upaya "bebersih" ini dilakukan Lurah Dheri hanya dalam waktu kurang dari satu bulan.Waktu lebih singkat ditempuh Kelurahan Sukasari untuk membersihkan wilayahnya hanya tiga minggu. "Kami berupaya mewujudkan kota masa depan yang tidak hanya saling terkoneksi oleh teknologi digital yang serbaonline, profesional, akuntabel, dan transparan, namun juga secara fisik harus bersih, bebas sampah," tuntas Bima.

Bima Arya bersihkan Kota Bogor dari sampah lewat #LurahChallenge

Kendati tidak menyebutkan bentuk apresiasi yang diberikan kepada para lurah, Bima menjanjikan "Lurah Challenge" akan diteruskan sebagai program berkelanjutan demi Kota Bogor sebagai kota pintar masa depan ataufuture smart city.

Bima Arya bersihkan Kota Bogor dari sampah lewat #LurahChallenge