Brilio
×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Wihadi Suseno

14 Agustus 2019 15:35

Bima Arya bersihkan Kota Bogor dari sampah lewat #LurahChallenge

Masyarakat dan birokrasi pemerintah adalah tantangan terbesar membangun sebuah kota menjadi kota masa depan yang laik huni..

Bima Arya bersihkan Kota Bogor dari sampah lewat #LurahChallenge

0



Menjabat sebagai "manajer" kota yang berjuluk "Kota Hujan", Bima terus menerus melakukan upaya persuasif kepada masyarakat dan stake holders lainnya. Termasuk "memaksa" mereka mengubah paradigma, bagaimana menjaga dan merawat kebersihan kota sebagai rumah bersama.

Salah satu program yang menurut Bima berhasil terwujud adalah "Lurah Challenge" di mana para lurah ditantang untuk berlomba membebaskan wilayahnya dari sampah, jorok, dan kumuh.

Tak hanya rumah, jalan lingkungan, ruang terbuka, dan fasilitas umum, melainkan juga sungai yang selama ini menjadi tempat pembuangan sampah rumah tangga dan limbah industri. Lurah Bantarjati Dheri Wiriadirama adalah lurah pertama yang dinilai Bima telah berhasil menjawab tantangannya.

"Selamat untuk Lurah Bantarjati Dheri Wiriadirama yang telah tuntas dan cepat menjawab tantangan saya. Kali Cibagolo bersih dalam waktu kurang dari satu bulan. Senang lihat anak- anak bisa main air di sana sekarang. Kuncinya adalah kerjasama. Terus kolaborasi dengan warga dan jaga terus kebersihannya, jangan lagi ada yang BAB disitu yaa.. #bogorberlari", tulis Bima Arya di akun Facebook miliknya.

Bima Arya bersihkan Kota Bogor dari sampah lewat #LurahChallenge

Loading...

Kali Cibagolo yang melintasi kawasan Bantarjati yang sebelumnya penuh sampah, keramba ikan, dan kotor, kini terlihat bersih dengan air lebih jernih. Anak-anak dan orang dewasa pun menjadikan Kali Cibagolo sebagai ruang publik, dan sarana bermain air yang bisa diakses bersama-sama.

Bima Arya bersihkan Kota Bogor dari sampah lewat #LurahChallenge

Menurut Bima, upaya "bebersih" ini dilakukan Lurah Dheri hanya dalam waktu kurang dari satu bulan. Waktu lebih singkat ditempuh Kelurahan Sukasari untuk membersihkan wilayahnya hanya tiga minggu. "Kami berupaya mewujudkan kota masa depan yang tidak hanya saling terkoneksi oleh teknologi digital yang serba online, profesional, akuntabel, dan transparan, namun juga secara fisik harus bersih, bebas sampah," tuntas Bima.

Bima Arya bersihkan Kota Bogor dari sampah lewat #LurahChallenge

Kendati tidak menyebutkan bentuk apresiasi yang diberikan kepada para lurah, Bima menjanjikan "Lurah Challenge" akan diteruskan sebagai program berkelanjutan demi Kota Bogor sebagai kota pintar masa depan atau future smart city.

Bima Arya bersihkan Kota Bogor dari sampah lewat #LurahChallenge

Source

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

LurahChallenge Bogor KotaHUjan Lurah Walikota
Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

ON FIRE

MORE
Back To Top