×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Rio Kurniawan

15 Februari 2020 16:48

Biar nggak salah persepsi, ini perbedaan antara tahanan dan narapidana

Tahanan berbeda dengan narapidana lho..

Biar nggak salah persepsi, ini perbedaan antara tahanan dan narapidana

0



Sebagian besar dari kita sering mendengar sekaligus melihat dari surat kabar, tapi kadang belum bisa membedakan antara narapidana dan tahanan. Saya akan memberikan perbedaan antara tahanan dan narapidana agar tidak salah persepsi.

Dilansir laman Hukumonline.com (10/12), pengertian tahanan adalah seseorang yang berada dalam penahanan. Berdasarkan pasal 1 angka 21 UU No. 8 Tahun 1981 tentang Hukum Acara Pidana (KUHAP), penahanan adalah penempatan tersangka atau terdakwa di tempat tertentu oleh penyidik, atau penuntut umum, atau hakim dengan penetapannya.

Kemudian dijelaskan lagi dalam Pasal 19 PP No. 27 Tahun 1983 tentang Pelaksanaan Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana, tahanan yang masih dalam proses penyidikan, penuntutan dan pemeriksaan di pengadilan negeri, pengadilan tinggi Mahkamah Agung ditempatkan di rumah tahanan (RUTAN).

Biar nggak salah persepsi, ini perbedaan antara tahanan dan narapidana

Masih dilansir dari laman Hukumonline (10/12), pengertian narapidana menurut pasal 1 angka 7 Undang-Undang No.12 Tahun 1995 tentang Pemasyarakatan (UU 12/1995) yaitu terpidana yang menjalani pidana hilang kemerdekaan di lembaga permasyarakatan (LAPAS). Serta selama perkara tersebut belum menempuh proses peradilan dan berbagai upaya hukum selanjutnya.

Loading...

Jadi, itulah perbedaan antara tahanan dan narapidana. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan agar tidak salah penafsiran.

Source

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

hukum penjara dihukum sosial masyarakat
Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Astro-Lo-Gue Ep. 7 - Patah Hati Zodiak Libra, Scorpio, Sagitarius, Capricorn, Aquarius & Pisces! Buat Sobat Brilio yang menunggu-nunggu, Astro-Lo-Gue balik lagi nih! Masih bareng Aby Respati yang bakalan ngelanjutin penjelasan mengenai hal-hal apa ...

ON FIRE

MORE
Back To Top