×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Annita Rahmawati Dewi

14 Februari 2020 19:21

Bermain game terlalu lama bisa bikin kecanduan, ini akibat buruknya

Tak hanya bikin orang lupa dengan kegiatannya, bermain game juga dapat membahayakan diri sendiri..

Bermain game terlalu lama bisa bikin kecanduan, ini akibat buruknya

0



Bermain game bagi remaja bukan lagi kegiatan yang asing. Karena buat remaja bermain game bisa bermanfaat untuk melepas kejenuhan ketika sedang lelah ataupun hanya untuk hiburan.  Nyatanya bermain game yang berlebihan juga memberikan dampak negatif, yaitu membuat kecanduan, menimbulkan masalah dengan kesehatan, dan membuatmu jadi malas melakukan pekerjaan lainnya. 

Kecanduan merupakan dampak negatif yang pertama. Kecanduan terjadi ketika orang semakin tertarik dengan game maka cenderung akan memainkannya terus-menerus sehingga menjadi lupa dengan waktu dan segala hal. Kecanduan adalah sesuatu yang sulit dihilangkan dari dalam diri karena hal yang kamu lakukan sudah menjadi suatu kebiasaan. Semakin sering memainkannya maka tingkat kecanduan juga makin tinggi. Bayangkan saja jika dalam sehari kamu bisa memainkan game hampir lima jam tanpa henti justru itu membuatmu semakin ingin terus memainkannya.

Seperti pada kejadian di Amerika Serikat, ayah tiga anak berusia 35 tahun tewas setelah bermain game 22 jam non-stop. Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organisation (WHO) mengatakan bahwa kecanduan game masuk ke dalam daftar penyakit dalam laporan International Classification of Diseases edisi 11 (ICD-11). Dengan demikian, kecanduan game resmi masuk sebagai gangguan kesehatan jiwa.

 

Bagaimana bisa bermain game berdampak pada masalah kesehatan? Ketika bermain game kamu akan menatap layar handphone maupun layar monitor terlalu lama sehingga menyebabkan mata sakit karena radiasi yang dipancarkan. Kamu pun lupa dengan waktu sampai akhirnya juga lupa dengan waktu tidur. Kurang tidur juga salah satu masalah kesehatan yang sering terjadi. Ketika kamu bermain game sampai larut malam dan lebih memilih game dibandingkan dengan tidur, saat pagi harinya mata dan kepala akan terasa sakit karena jam tidur menjadi tidak efektif.  Begitu pun ketika kamu lupa waktu untuk makan, pola makan menjadi tidak teratur. Akibatnya kamu menjadi kekurangan asupan makanan lalu badan menjadi lemas.

Loading...

Kalau sudah berlama-lama menatap layar handphone ataupun monitor pasti kamu tidak mau mengerjakan hal lain. Kamu hanya fokus dengan apa yang di depan mata, yaitu game. Seperti menjadi malas mandi, malas mengerjakan tugas, dan malas makan. Sehingga banyak pekerjaan yang seharusnya dilakukan tetapi menjadi tertunda karena bermain game. Apalagi mandi dan makan juga merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi. Tugas sekolah pun menjadi terabaikan. Ini merupakan bentuk gangguan jiwa karena sudah mengesampingkan kepentingan hidup lainnya dan lebih memilih untuk bermain game.

Seperti apa yang ditulis di atas bahwa bermain game memang membuatmu kecanduan jika sudah terlalu lama. Pun bisa menimbulkan masalah kesehatan seperti dengan menatap layar terlalu lama dan membuatmu malas untuk melakukan sesuatu sehingga terabaikan begitu saja. Maka dari itu mulailah mengurangi bermain game yang terus-menerus. Bermain game boleh, tetapi harus ingat hal-hal yang harus diperhatikan seperti makan, mandi, dan pekerjaan lainnya. 

Source

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

game bermaingame kesehatan
Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Astro-Lo-Gue Ep. 7 - Patah Hati Zodiak Libra, Scorpio, Sagitarius, Capricorn, Aquarius & Pisces! Buat Sobat Brilio yang menunggu-nunggu, Astro-Lo-Gue balik lagi nih! Masih bareng Aby Respati yang bakalan ngelanjutin penjelasan mengenai hal-hal apa ...

ON FIRE

MORE
Back To Top