Rokok memiliki bahaya yang sudah terbukti menyebabkan berbagai penyakit kronis. Di antaranya seperti jantung koroner, kanker paru, penyakit paru obstruktif dan stroke.Namun, penyakit-penyakit tersebut baru sebagian dari bahaya merokok. Sebab ada banyak bahaya merokok lainnya yang tidak disadari seorang perokok. Misalnya penurunan daya tahan tubuh yang memicu rentan terhadap penyakit infeksi.

Namun, rokok sudah menjadi gaya hidup. Berdasarkan informasi dari Very Well Mind, ada sekitar 1 miliar perokok aktif di dunia saat ini.Banyak orang, termasuk selebritas yang memiliki kebiasaan merokok. Tetapi hebatnya ada sebagian di antaranya berhasil berhenti merokok dan sekarang menjalani gaya hidup sehat.

Siapa saja mereka? Simak daftarnya berikut ini.

1. Jon Stewart.

Bergaya hidup sehat, 5 seleb Hollywood ini putuskan berhenti merokok

Foto: Instagram Jon Stewart

Berbicara tantang kecanduan merokok, komedian Jon Stewart beralasan kalau merokok bisa mengisi kekosongan emosional yang ia rasakan. Ia merasa dirinya lebih baik saat merokok dan dapat mengalihkan dari tekanan hidup.

Namun pada akhirnya ia sadar kalau merokok hanya membuatnya lebih baik untuk hari ini saja, tetapi tidak di masa depan. Apalagi merokok bisa merusak kesehatannya dalam jangka panjang. Akhirnya, ia pun memilih untuk berhenti merokok.

2. Michael Douglas.

Bergaya hidup sehat, 5 seleb Hollywood ini putuskan berhenti merokok

Foto: Instagram Michael Douglas

Michael Douglas adalah mantan perokok berat. Sudah lama ia kecanduan merokok dan sulit untuk berhenti. Hingga akhirnya pada tahun 2011 ada tumor ganas yang tumbuh di tenggorokannya.

Tumor ganas ini diduga dipicu oleh kebiasaan tak sehatnya seperti minum alkohol dan merokok berlebihan. Michael Douglas pun memutuskan berhenti merokok karena harus menjalani pengobatan dan radiasi, terang laman Healthline.

3. Gisele Bundchen.

Bergaya hidup sehat, 5 seleb Hollywood ini putuskan berhenti merokok

Foto: Instagram Gisele Bundchen

Model papan atas, Gisele Bundchen wajib menjaga tubuhnya agar tetap ramping. Ia pun memilih untuk merokok agar tujuannya tercapai. Tujuannya agar bisa mengurangi nafsu makan. Namun, Gisele memutuskan berhenti merokok pada tahun 2003,seperti dikutip dari laman Healthline.

Setelah berhenti merokok, berat badannya bertambah hingga 15 pound (6,8 kg). Meski demikian Gisele lebih bahagia dengan tubuhnya yang sekarang. Sebagai gantinya Gisele beralih ke gaya hidup sehat dengan menerapkan plant based diet dan makan makanan utuh.

4. Gwyneth Paltrow.

Bergaya hidup sehat, 5 seleb Hollywood ini putuskan berhenti merokok

Foto: Instagram Gwyneth Paltrow

Gwyneth Paltrow adalah perokok berat saat masih remaja. Ia terbiasa menghisap rokok hingga dua bungkus dalam sehari, seperti dikutip dari laman Healthline.

Saat ayahnya meninggal pada tahun 2002 karena kanker, Gwyneth seolah tak berubah dan tetap melanjutkan kebiasaannya itu. Gwyneth akhirnya benar-benar berhenti merokok ketika ia sedang hamil anak pertamanya.

5. Jennifer Aniston.

Bergaya hidup sehat, 5 seleb Hollywood ini putuskan berhenti merokok

Foto: Instragram Jennifer Aniston

Jennifer Aniston adalah perokok aktif di masa lalu. Namun ia memutuskan untuk berhent pada tahun 2007.Kini, Jennifer membuang segala kebiasaan buruknya. Ia menjaga pola makan, serta rutin berolahraga dan berlatih yoga, seperti dikutip dari laman Healthline. Selain itu, ia tidak lagi mengonsumsi kafein dan nikotin.