Brilio
×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Yeni Endah

11 Juli 2019 13:10

Berdampak buruk bagi kesehatan, ini 5 cara mencegah radiasi smartphone

Dalam jangka panjang, radiasi smartphone dapat mengganggu sistem jaringan otak sehingga berpotensi menimbulkan kerusakan pada otak..

Berdampak buruk bagi kesehatan, ini 5 cara mencegah radiasi smartphone

0



Di zaman teknologi seperti saat ini siapa sih yang nggak punya smartphone? Smartphone sudah menjadi barang wajib yang kamu bawa ke mana pun pergi. Padahal smartphone dapat memancarkan radiasi yang dapat berdampak buruk bagi kesehatan lho.

Radiasi Radio Frequency (RF) ini biasanya terpancar dari smartphone yang berada dalam keadaan aktif. Dalam jangka panjang, radiasi tersebut dapat mengganggu sistem jaringan otak sehingga berpotensi menimbulkan kerusakan pada otak.

Maka dari itu mulai dari sekarang kamu harus mulai menjaga kesehatanmu. Lakukan 5 cara ini untuk mengurangi radiasi ponsel yang bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

1. Hindari menggunakan ponsel yang memiliki radiasi tinggi.

Berdampak buruk bagi kesehatan, ini 5 cara mencegah radiasi smartphone

Loading...

Foto: Techno.com

Tingkat radiasi yang bisa dipancarkan setiap smartphone berbeda-beda. Maka dari itu sangat penting bagimu untuk mencari tahu terlebih dahulu mengenai tingkat radiasi dari ponselmu. Untuk menghindari terpapar radiasi dalam jumlah tinggi, pilihlah smartphone dengan tingkat radiasi yang tidak terlalu besar.

2. Jangan menatap smartphone terlalu dekat.

Berdampak buruk bagi kesehatan, ini 5 cara mencegah radiasi smartphone

Foto: Pixabay

Selain adanya gelombang radiasi Radio Frequency (RF) yang muncul ketika smartphone-mu mencari sinyal, layar smartphone yang kamu miliki ternyata juga bisa memaparkan radiasi cahaya. Dalam kondisi terburuk, radiasi tersebut bahkan bisa merusak matamu.

Maka dari itu, sebaiknya jarak mata dengan layar ponsel tidak terlalu dekat. Hal ini untuk mencegah terjadinya hal-hal yang merugikan dan membuat mata kamu pun akan tetap sehat.

3. Jangan menggunakan smartphone di tempat gelap.

Berdampak buruk bagi kesehatan, ini 5 cara mencegah radiasi smartphone

Foto: Teen.co.id

Mungkin kamu sering berpikir tidak apa-apa menggunakan smartphone di tempat gelap. Jangan salah, saat kamu menggunakan smartphone di tempat gelap, justru smartphone akan memaparkan radiasi cahaya. Dalam kondisi terburuk, radiasi tersebut bahkan bisa merusak matamu. Jadi jangan lakukan lagi ya. 

4. Meneleponlah di tempat terbuka dan jangan terlalu lama.

Berdampak buruk bagi kesehatan, ini 5 cara mencegah radiasi smartphone

Foto: Lifestyle

Radiasi smartphone terbesar muncul ketika terjadi panggilan telepon. Ketika itu, radiasi pada smartphone akan bekerja dengan keras menangkap sinyal untuk menelepon. Radiasi akan bekerja jauh lebih keras jika terdapat penghalang koneksi. Maka dari itu, meneleponlah di tempat terbuka untuk mendapatkan sinyal yang tinggi, sehingga radiasi yang muncul tidak akan terlalu besar.

Kalau panggilan telpon terjadi di ruangan tertutup, radiasi yang terpancar akan lebih tinggi untuk bisa menembus penghalang di antara pemancar sinyal dengan perangkat milikimu. Selain itu, penting juga untuk memerhatikan seberapa lama durasi panggilan. Semakin lama kamu menelepon, maka semakin besar pula radiasi yang bisa masuk ke tubuh.

5. Jangan menyimpan smartphone dalam kantong pakaian.

Berdampak buruk bagi kesehatan, ini 5 cara mencegah radiasi smartphone

Foto: Faktakah.com

Jika kamu sering menyimpan smartphone di kantong celana atau kantong baju dan sudah menjadi kebiasaan karena berbagai keadaan, ternyata kebiasaan tersebut bisa membuat paparan radiasi menjadi sangat dekat dengan tubuhmu.

Dalam keadaan tertentu yang tidak memungkinkan untuk menyimpan smartphone di tempat lain, kamu masih bisa menyimpannya di kantong pakaian kamu, tapi aktifkan dulu mode pesawat sehingga sinyal akan mati dan radiasi yang muncul menjadi sangat minimal.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

#radiasismartphone #efekradiasismartphonebagikesehatan #radiasi #smartphone #mencegahradiasismartphone
Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

ON FIRE

MORE
Back To Top