Sudah lebih dari satu tahun sejak SARS-CoV-2 virus atau yang dikenal sebagai Covid-19 teridentifikasi di Wuhan, Cina dan menyebabkan pandemi global. Lockdown telah diberlakukan di hampir semua negara di dunia sejak saat itu. Virus ini pertama kali diidentifikasi di Wuhan pada akhir Desember 2019. Namun, sebenarnya virus ini sudah berapa lama sih menyebar di Wuhan sebelum teridentifikasi?

Dengan menggunakan alat penentuan tanggal molekuler dan simulasi epidimiologis, para peneliti mengestimasi bahwa SARS-CoV-2 virus telah tersebar tanpa terdeteksi selama dua bulan sebelum kasus pertama diumumkan di Wuhan, Cina pada akhir Desember 2019.

Berapa lama Covid-19 tersebar di Cina sebelum akhirnya terdeteksi?

Ditulis pada 18 Maret 2021, pada sebuah terbitan daring Science, para peneliti dari University of California San Diego School of Medicinem dengan kerja sama dengan University of Arizona and Illumina mengatakan bahwa simulasi mereka mengindikasikan bahwa virus yang bermutasi ini mati secara natural lebih dari tiga perempat dari waktu tersebut tanpa menyebabkan sebuah epidemik.

Penulis senior dari jurnal ilmiah penelitian ini, Joel O. Wertheim, PhD, mengatakan bahwa mereka membuat penelitian ini untuk menjawab pertanyaan mengenai berapa lama SARS-CoV-2 telah tersebar di Cina sebelum akhirnya diidentifikasi.

Untuk menjawab pertanyaan ini, kami mengombinasikan tiga informasi penting: sebuah pengertian mendetail mengenai bagaimana SARS-CoV-2 menyebar di Wuhan sebelum lockdown, keanekaragaman dari virus di Cina dan laporan-laporan mengenai kasus-kasus Covid-19 pertama di Cina. Dengan mengombinasikan informasi-informasi tersebut, kami dapat menyimpulkan bahwa SARS-CoV-2 mulai menyebar pada pertengahan Oktober 2019 di Provinsi Hubei. Pungkas Wertheim.