×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Marry Diana

09 Juli 2019 17:15

Benarkah minum es bisa menghambat haid? Ini penjelasannya

Berbagai anggapan terhadap haid membuat orang menjadi bingung. Simak penjelasannya berikut ini..

Benarkah minum es bisa menghambat haid? Ini penjelasannya

0



Setiap wanita tentu mengalami haid setiap bulan. Berbagai anggapan terhadap haid membuat orang menjadi bingung. Salah satunya adalah ketika haid katanya tidak boleh mengonsumsi es. Dikatakan bahwa ketika haid mengonsumsi es maka bisa menyebabkan haid tersisa di dingin rahim. Akibat adanya hal tersebut kebanyakan wanita takut minum es saat haid karena dianggap bisa menghambat sirkulasi darah haid. Bahkan ada beberapa wanita yang panik ketika tidak sengaja meminum es saat haid. Hal ini membuat kekhawatiran yang semakin besar karena anggapan darah yang tersisa di dinding rahim selama 5 tahun akan menyebabkan kanter, tumor atau kista.

Setelah dilakukan penelitian lebih dalam diketahui hal tersebutlah hanya mitos yang tidak terbukti kebenarannya. Dinyatakan tidak ada hubungan antara proses mentruasi dengan mengonsumsi es. Menstruasi merupakan proses yang berkaitan erat dengan kerja hormon tubuh. Sedangkan mengonsumsi es berkaitan dengan proses pencernaan. Menstruasi merupakan proses luruhnya lapisan dinding rahin karena tidak terjadi pembuahan. Ketika haid beberapa wanita akan mengalami nyeri dan ada juga yang tidak mengalaminya. Hal ini terjadi karena perubahan hormon yang berbeda pada setiap wanita, dari faktor psikologis juga bisa memengaruhinya, hal ini dijelaskan oleh Mayoclinic.

Keluhan yang terjadi saat haid dapat timbul karena posisi rahim yang terjepit. Hal tersebut bisa menimbulkan rasa nyeri ketika haid. Obat-obatan tertentu memang bisa membuat masa haid menjadi lebih panjang atau lebih pendek karena adanya zat kimia yang terkandung di dalamnya. Namun tidak ada hubungannya es dengan haid.

Air es diketahui tidak memiliki efek apa-apa pada proses haid. Selama wanita tidak merasakan kembung atau nyeri saat hadi maka mengonsumsi es tidak dilarang. Ini merupakan fakta yang harus diketahui tentang kaitan menstruasi dengan es. Jangan sampai pikiranmu salah dalam memahami sesuatu atau mengkhawatirkan hal yang seharusnya tidak perlu. Jika pikiranmu stres maka akan memengaruhi metabolisme tubuh yang bisa memengaruhi proses haid.

Benarkah minum es bisa menghambat haid? Ini penjelasannya

Loading...

Terkadang  kebanyakan wanita akan mengalami perubahan mood yang drastis ketika dalam masa haid. Hal tersebut wajar saja terjadi karena sedang terjadi perubahan hormon. Sehingga saat peralihan itu disebut masa PMS (Premenstrual syndrome). Pada masa ini wanita akan cenderung lebih sensitif dan memiliki perubahan mood yang cukup signifikan. Bisa tiba-tiba marah, bosan ataupun mudah tersinggung.

Tidak ada yang bisa mengetahui kapan seorang wanita akan mengalami haid untuk pertama kalinya. Siklus hormon setiap wanita tentu akan berbeda-beda. Ada perempuan yang mengalami haid di umur 9 tahun ada juga yang di umur 14 tahun. Ini merupakan perubahan hormon yang terjadi dalam interval tertentu. Siklus haid akan dipengaruhi oleh hormon seks wanita yang mulai berkembang. Seseorang dinyatakan memiliki siklus haid yang baik ketika haid datang setiap kamu mengalami waktu yang lebih lama maka sebaiknya periksakan diri ke dokter. Mungkin saja terjadi sesuatu di dalam tubuh yang tidak diketahui.

Untuk bisa mengetahui jadwal haid, apakah sudah teratur atau belum bisa dengan cara mencatatnya ketika haid atau menggunakan aplikasi ponsel perhitungan masa haid. Hal tersebut juga harus diketahui dengan baik untuk mengetahui masa subur. Pada saat masa subur maka sel telur masih dalam keadaan prima untuk dibuahi. Sehingga ketika pembuahan terjadi pada saat masa subur maka bisa lebih cepat hamil.

Source

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

#haid lifestyle fakta ilmiah #mitos penelitian
Loading...
Creator Banner

Gak perlu khawatir, tulisan kamu bisa tetap
TERBACA DAN TRENDING di Brilio.net

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Astro-Lo-Gue Ep. 7 - Patah Hati Zodiak Libra, Scorpio, Sagitarius, Capricorn, Aquarius & Pisces! Buat Sobat Brilio yang menunggu-nunggu, Astro-Lo-Gue balik lagi nih! Masih bareng Aby Respati yang bakalan ngelanjutin penjelasan mengenai hal-hal apa ...

ON FIRE

MORE
Back To Top