×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Hafizh Alfarisi

05 Mei 2021 10:05

Begini jadinya jika guru mendapat perlakuan seperti atlet

Lewat video ini, kamu bisa melihat bagaimana profesi guru bisa digaji tinggi hingga punya bursa transfer sendiri layaknya para atlet profesional..

Begini jadinya jika guru mendapat perlakuan seperti atlet

0



Guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa. Mereka tidak mendapatkan medali yang disematkan ke dadanya ataupun mengikuti penghargaan tahunan untuk menentukan guru terbaik.

Seorang guru tidak tidak serta-merta memperoleh pengakuan begitu anak didiknya masuk ke perguruan tinggi ternama maupun saat muridnya berhasil meraih cita-cita yang diidamkannya.

Sementara, peran guru sangatlah besar terhadap setiap orang yang pernah mencicipi bangku pendidikan dan lulus dari tempat tersebut. Guru tidak hanya memberikan ilmu pengetahuan, tapi juga membentuk kepribadian siswa-siswanya.

Sayangnya, jasa tersebut tidak dibalas imbalan yang besar. Masih banyak guru yang mendapat gaji rendah. Tidak sedikit pula yang gajinya malah tertunggak.

Tidak sedikit orang-orang yang merasakan ketimpangan antara bayaran guru yang rendah dengan gaji atlet profesional, yang bahkan bisa melunasi gaji seluruh guru di lebih dari satu sekolah di Indonesia. Padahal, guru merupakan pekerjaan yang dinilai lebih mulia. Lalu, apa jadinya bila keadaan tersebut berbalik?

Loading...

Bagaimana jadinya jika guru dibayar layaknya atlet?

Seperti yang kita tahu, atlet profesional bisa memperoleh gaji hingga miliaran rupiah per tahun. Lantas apa jadinya kalau guru bisa meraih gaji hingga memiliki sistem upah yang sama pula dengan atlet profesional?

Lewat video sketsa If We Treated Teachers Like Pro Athletes di kanal YouTube Comedy Central, duo komedian Keegan-Michael Key dan Jordan Peele menggambarkan dunia di mana profesi guru bertukar tempat dengan atlet.

Transfer guru dengan penawaran fantastis.

andai guru seperti atlet

Konsep video utopia bagi guru ini dimulai dengan format yang sama seperti berita olahraga pada umumnya. Kedua pembawa acara dengan semangat memulai berita pertama dengan transfer guru Bahasa Inggris bernama Ruby Ruhf dari sekolah di Ohio ke New York.

Kontrak yang diberikan atas perpindahan Ruhf tidak main-main, yakni sebesar $80 juta (sekitar Rp80 triliun). Ia juga mendapat insentif $40 juta (sekitar Rp40 triliun) sesuai skor tes yang bisa dicapainya. Sang guru juga menjelaskan kepindahannya di depan dewan pers. Sama seperti saat adanya transfer antar klub dari atlet profesional.

andai guru seperti atlet

Berita selanjutnya tidak kalah menarik. Seorang guru kalkulus dipilih dengan gaji miliaran secara sistem draft oleh SMA yang baru saja mendapat nilai tes yang buruk di semester sebelumnya.

Pembawa acara sempat menyinggung pernyataan yang cukup menggelitik. Ia menyebut bila bapak dari guru tersebut merupakan pemain football pro yang hidup hanya secukupnya.

Guru terbaik mendapat sorotan publik.

andai guru seperti atlet

Lewat segmen khusus Highlight of The Day, pembawa acara yang diperankan oleh Peele menganalisis kepandaian seorang guru pro dalam mengajar anak didiknya.

Di video tersebut, seorang guru sejarah melemparkan pertanyaan. Ia lalu melihat di antara murid-muridnya yang mengangkat tangan dan malah menunjuk murid yang tidak mengangkat tangan. Tetapi, anak tersebut justru berhasil menjawab pertanyaannya.

Kemudian, host yang diperankan Key menimpali dengan kalimat, “Lihat apa yang dilakukan guru itu? Dia melibatkan introvert ke dalam diskusi, para pemirsa. Itulah cara mengajar dari guru terbaik tahun ini.”

Guru jadi bintang iklan.

andai guru seperti atlet

Masih ingat dengan guru Bahasa Inggris yang sempat disebutkan di awal. Ia kembali terlihat di akhir video sketsa ini sebagai bintang iklan produk mobil mewah.

Kalimat yang dilontarkan sangatlah bernuansa “guru” namun masih bisa selaras dengan produk yang dipromosikannya. Setelah itu, slogan yang disebutkan di penghujung iklan pun makin membuat produk itu “terdengar” eksklusif.

Tonton versi lengkapnya, yuk!

Jika menonton penuh video tentang guru pro ini, kamu bisa melihat detail dari produksi video yang sangat bagus. Bahkan, walaupun hanya untuk tujuan komedi, Key dan Peele membawakan berita dengan sangat profesional seakan kamu menonton berita asli.

Video sketsa dari Key dan Peele memang memiliki kualitas yang tidak main-main, baik dalam sisi cerita maupun komposisi visual. Jordan Peele sendiri pernah memenangkan penghargaan Oscar atas kategori naskah asli terbaik dari film garapannya, Get Out (2018). Sedangkan, Keegan-Michael Key pernah ikut mendampingi Presiden Amerika Barack Obama dalam pidatonya sebagai Anger Translator. 

Kamu bisa menonton video If We Treated Teachers Like Pro Athletes di sini.

Source

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

guru youtube komedi sketsa atlet
Loading...
Creator Banner

Gak perlu khawatir, tulisan kamu bisa tetap
TERBACA DAN TRENDING di Brilio.net

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

ON FIRE

MORE
Back To Top