Brilio
×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Regina Fitriani

20 Juni 2019 15:10

Begini 9 tips mencari kos-kosan agar sesuai dengan keinginan

Mencari kos yang sesuai keinginan tidaklah mudah, sehingga dalam mencari kos harus cermat dan teliti agar mendapatkan kos sesuai harapan..

Begini 9 tips mencari kos-kosan agar sesuai dengan keinginan

0



Masa orientasi mahasiswa baru akan segera tiba. Banyak mahasiswa yang memilih menjadi seorang perantau untuk menuntut ilmu, mendapatkan segudang pengalaman, dan melatih diri menjadi pribadi yang mandiri. Menjadi seorang prantau tanpa orang tua tidak begitu mudah dan indah seperti yang orang bayangkan. Banyak persiapan yang harus disiapkan, salah satunya adalah tempat tinggal.

Bagi mahasiswa pastinya menginginkan tempat tinggal yang nyaman, aman, dan sesuai keinginan masing-masing. Dan tak sedikit mahasiswa menginginkan tempat tinggal yang ramah di kantong yang sesuai keinginan.

Ada dua tipikal tempat tinggal bagi mahasiswa, yaitu kontrakan dan kos-kosan. Tidak mudah untuk mencari kontrakan atau kos-kosan sesuai kriteria yang diinginkan dan tak jarang mengecewakan. Maka dari itu kali ini akan dibahas tentang 9 tips mencari kos-kosan agar mendapatkan kos sesuai keinginan.

1. Mencari kos via online atau offline.

Di era digital ini banyak aplikasi, blog, atau sosial media yang menyediakan jasa untuk mencari kos sehingga memudahkan orang untuk mencari kos dimanapun dan kapanpun. Namun harus cermat dalam memilih serta jangan melewatkan informasi sekecil apapun, harus cermat melihat gambar yang disediakan. Dapat juga mencari secara langsung tetapi mungkin akan sedikit sulit dan memakan waktu.

Loading...

2. Jenis kos.

Setelah mendapatkan kos yang sekiranya cocok, selanjutnya memastikan jenis kos. Ada beberapa jenis kos, yaitu kos putri, kos putra, kos campuran, dan kos pasutri (pasangan suami-istri). Maka dari itu kamu harus memastikan jenis kos agar sesuai keinginan.

3. Kos isian atau kosongan.

Informasi tentang kos isian atau kos kosongan termasuk informasi penting karena kos isian semua item kamar telah disediakan, seperti lemari, kasur, meja, kursi, dan lain-lain. Untuk yang tidak ingin ribet, kos isian sangat cocok bagi kamu. Sedangkan kos kosongan tidak disediakan item apapun sehingga kamu harus membeli sendiri item yang dibutuhkan. Pada umumnya kos isian lebih mahal dari pada kos kosongan. Kamu tinggal memilih ingin kos isian atau kos kosongan.

4. Kos kamar mandi dalam atau kos kamar mandi luar.

Kos kamar mandi dalam adalah impian bagi semua mahasiswa karena kamar mandi yang terdapat di dalam kamar kos dan hanya digunakan sendiri. Sedangkan kos kamar mandi luar biasanya kamar mandi bersama atau kamar mandi yang penggunanya dibatasi, contohnya dua orang untuk satu kamar mandi. Akan tetapi jika dilihat dari segi biaya, kos kamar mandi dalam lebih mahal daripada kos kamar mandi luar.

5. Harga kos dan sistem pembayaran.

Menanyakan biaya kos agar sesuai dengan budget yang ada serta sistem pembayaran apakah dibayar per bulan, per enam bulan, atau per tahun agar tidak telat saat pembayaran dan informasi tentang pembayaran menjadi jelas.

6. Pembayaran listrik dan air.

Beberapa kos ada yang menggratiskan biaya listrik dan air atau biaya listrik dan air sudah digabung ke dalam biaya pembayaran kos. Akan tetapi, ada beberapa kos yang listrik dan air harus dibayar dengan periode tertentu dengan biaya yang telah ditentukan. Informasi tersebut penting diketaui agar pemilihan kos dapat dipertimbangkan dengan matang.

7. Ketersediaan dapur, parkiran, dan tempat menjemur.

Dapur penting untuk memasak atau tempat mencuci piring. Biasanya dapur disediakan umum atau dapur bersama. Parkiran penting untuk tempat motor agar aman saat ditinggalkan. Sedangkan tempat jemuran penting untuk menjemur pakaian, meskipun beberapa mahasiswa lebih memilih me-laundry pakaiannya, namun mencuci sendiri lebih menghemat pengeluaran sehingga tempat menjemur merupakan fasilitas yang penting. Pada umumnya ketiga fasilitas tersebut digunakan secara bersama-sama. Kamu harus mengetahui informasi mengenai fasilitas tersebut.

8. Ketersediaan wifi.

Di era milenial ini jaringan atau sinyal adalah suatu kebutuhan penting. Sehingga bagi mahasiswa jaringan atau sinyal menunjang dalam belajar dan mengerjakan tugas kuliah. Ketersediaan wifi di kos dapat membantu untuk tersedianya jaringan atau sinyal tersebut. Ada beberapa kos menyediakan wifi berbayar dan ada beberapa kos yang menyediakan wifi gratis.

9. Kos nyaman dan aman.

Kos yang terbaik adalah apabila penyewa nyaman dan merasa aman selama tinggal di kos. Dengan kriteria kos masing-masing kamu dapat mencari kos yang dirasa cocok dan tidak lupa memberi tahu kepada kedua orang tua agar dipercaya dan dipastikan keamanan dan kenyamanan serta agar orang tua tidak khawatir tentang kehidupan kamu selama perkuliahan nantinya.

Cermatlah dalam memilih kos. Pastikan kenyamanan dan keamanan kamu selama tinggal di kos yang ada sewa. Semoga kamu mendapatkan kos sesuai keinginan.

Source

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

Mahasiswa Mahasiswa Indonesia Kos TipsMencariKos Kontrakan
Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Astro-Lo-Gue Ep. 7 - Patah Hati Zodiak Libra, Scorpio, Sagitarius, Capricorn, Aquarius & Pisces! Buat Sobat Brilio yang menunggu-nunggu, Astro-Lo-Gue balik lagi nih! Masih bareng Aby Respati yang bakalan ngelanjutin penjelasan mengenai hal-hal apa ...

ON FIRE

MORE
Back To Top