Brilio
×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Ca circle

25 Juni 2019 10:03

Begini 4 cara menghindari jadi korban hoax

Jangan mudah percaya dengan semua informasi yang kamu baca!.

Begini 4 cara menghindari jadi korban hoax

0



Berbagai jenis informasi memang semakin mudah didapatkan di era digital ini. Akan tetapi hal itu tidaklah menjamin bahwa semua informasi tersebut adalah berdasarkan fakta. Begitu banyak berita palsu atau hoax bertebaran di sekitar kita yang biasanya mudah didapat melalui internet. Agar tidak menjadi korban hoax, berikut merupakan tips yang dilansir dari website Harvard Summer School mengenai cara mendeteksi berita hoax.

1. Selidiki kredibilitas penerbit.

Begini 4 cara menghindari jadi korban hoax

Apakah sumber berita memenuhi standar referensi akademis? Hanya karena situs itu terkenal di antara teman-teman kamu, bukan berarti kontennya akurat.

Apa jenis domain yang dipakai? Hati-hati dengan domain seperti “.com.co.” Seperti misalnya domain dari BBC mungkin kredibel. Tapi ingat bahwa BBC.com.co adalah situs lain meskipun di desain sama seperti aslinya.

Loading...

Apa pandangan dari pernerbit? Baca ‘Tentang Kami’ untuk lebih mengenal situs yang sedang kamu baca. Siapa penulisnya? Sudahkah si penulis menerbitkan tulisan lain?

 

2. Perhatikan kualitas dan jangka waktu.

Begini 4 cara menghindari jadi korban hoax

Apa kamu melihat banyak typo, HURUF KAPITAL, atau tanda baca yang didramatisir?!?!?! Kalau iya, jangan dibaca! Sumber yang terpercaya memiliki sistem editing yang tinggi.

 

3. Cek sumber dan referensi yang dipakai.

Begini 4 cara menghindari jadi korban hoax

Bagaimana kamu menemukan artikel itu? Jika konten yang kamu baca muncul dari feed social media atau dipromosikan oleh website yang dikenal sebagai clickbait, berhati-hatilah. Bahkan jika berita tersebut dibagikan oleh seorang teman, pastikan kamu mengikuti langkah-langkah nomor 1 di atas.

Siapa yang dikutip atau yang tidak, dan apa yang mereka katakan? Kalau kamu menyadari kurangnya kutipan dan sumber, apalagi terhadap isu yang kompleks, ada yang salah. Jurnalisme yang kredibel memberikan banyak fakta, dan kurangnya research cenderung menunjukkan kurangnya fakta yang mendukung.

Apakah informasi tersebut ada di situs lain? Jika tidak, kemungkinan masih belum dipastikan secara total bahwa informasi ini valid. Kamu juga bisa research untuk sumber-sumber dan foto yang dipakai. Dengan mengecek sumber yang dicantumkan, kamu bisa mengorfirmasi bahwa informasi telah secara akurat diterapkan dan bukan diubah-ubah untuk menguatkan argumen si penulis. Begitu juga dengan foto. Di era Photoshop, jangan selalu percaya dengan apa yang kamu lihat.

 

4. Tanyakan para ahli.

Begini 4 cara menghindari jadi korban hoax

Kamu bisa mengunjungi fact-checking website seperti FactCheck.org, International Fact-Checking Network (IFCN), PolitiFact.com

Source

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

#penting #informasi
Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

ON FIRE

MORE
Back To Top