Hidup dan malas adalah 2 hal yang saling berdampingan. Saat kita hidup pasti dibayangi kemalasan, tapi saat kita malas kita tak kan punya kehidupan. Untuk itulah malas disebut sebagai awal dari hilangnya masa depan. Malas adalah kunci kegagalan, dan malas adalah awal dari kehancuran. Tapi apakah sifat atau kebiasaan malas itu tidak bisa dihilangkan dan dijauhi? Jawabannya bisa dan sangat bisa.

Setidaknya ada 4 cara ampuh menghilangkan sifat malas yang wajib kamu coba.

1. Kerjakan sesuatu tanpa menunda.

Begini 4 cara ampuh menghilangkan sifat malas

Masalah utama seorang pemalas adalah sering sekali menunda suatu pekerjaan yang harusnya dikerjakan. Untuk itu cobalah jangan pernah menunda pekerjaan, entah dari proyek kantor, tugas kuliah, atau hal sepele seperti cuci baju dan lain sebagainya. Cobalah untuk tidak menunda dan mulailah mengerjakannya.

2. Buat jadwal setiap hari.

Begini 4 cara ampuh menghilangkan sifat malas

Seorang pemalas biasanya tidak mempunya jadwal terperinci tentang apa yang akan mereka lakukan dalam sehari penuh. Mereka cendrung menyia-nyiakan waktu dengan hal yang tidak berguna bagi mereka. Untuk itu cobalah buat jadwal setiap hari. Rinci dengan jam dan menit keberapa kamu melakukan hal yang seharusnya. Sebagai contoh kecil, mengerjakan tugas pukul 13.30 WIB,membaca buku pukul 19.30 - 21.00 WIB,tidur pukul 21.20 WIB.

Dengan membuat jadwal seperti itu, banyak yang akan kamu kerjakan. Seperti pepatah motivasi "orang yang pintar adalah orang yang tau kapan mereka harus mengluarkan tenaganya".

3. Ingat cita-cita.

Begini 4 cara ampuh menghilangkan sifat malas

Sejauh ini, cara ini lumayan ampuh untuk menghilangkan sifat malas yang ada di dalam diri. Saat sifat malas sudah menguasaimu, ingatlah cita-citamu dan bayangkan akibatnya jika sampai cita-citamu tidak tercapai. Jangan jadikan cita-cita menjadi sebuah angan-angan karena minimnya action atau kerja nyata untuk mewujudkannya.

4.Ingat orang-orang yang ingin dibahagiakan.

Begini 4 cara ampuh menghilangkan sifat malas

Terakhir dan ini cara paling ampuh. Di saat malas, kamu pasti sudah tau apa akibatnya. Dari mulai karier hancur, nilai hancur, dan mungkin atau akan benar-benar menghancurkan masa depanmu. Saat itu terjadi, orang-orang yang ada di sekitarmu akan merasa kecewa. Untuk itulah coba kamu bayangkan senyum yang akan memudar ketika kamu malas dan menjadi tidak berguna. Seperti yang saya bilang, jika kamu hidup pasti dibayangi kemalasan, tapi jikakamu malas, kamu takkan punya kehidupan.

Itulah cara yang ampuh mengusir sifat malas dari dirimu. Mulailah dengan jangan menunda pekerjan, buat jadwal kehidupan per hari, bercita-citalah dan gapailah, lalu terkahir ingat orang orang yang disayangi, terutama keluarga.