Brilio
×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Denny Suryadharma

17 Juli 2019 12:45

Begini 3 tips agar data di smartphone kamu aman dan gak hilang

Jangan malas buat nge-back up data biar momen indah kamu tidak hilang atau terhapus..

Begini 3 tips agar data di smartphone kamu aman dan gak hilang

0



Smartphone zaman sekarang sudah canggih banget. Kemampuan ngambil foto sama videonya patut diancungi jempol deh. Apalagi buat yang seneng main game online, smartphone sekarang sudah sangat bisa diandalkan. Intinya mantap jiwa deh.

Tapi, kamu jangan seneng dulu ya karena dari hasil survei yang dilakukan oleh Western Digital, 67 persen pengguna smartphone di Indonesia kehilangan data dari smartphone mereka. Hal ini dikarenakan ruang penyimpanan memorinya habis. "Karena sibuk bikin konten, atau catting diaplikasi medsos jadi lupa melindungi data. Akhirnya terpaksa harus menghapus beberapa file, atau file hilang karena perangkat rusak, hilang atau terkena virus", ujar Merry Tjhin selaku Channel Sales Manager Western Digital saat ditemui di Bandung.

Meski rata-rata saat ini smartphone udah memakai memori 16 sampai 32 GB, tapi karena satu foto yang dihasilkan rata-rata 4 sampai 7 MB, belum lagi ditambah video, musik, ataupun game membuat kapasitas memori internal smartphone kamu cepat habis.

Nah, biar memori internal smartphone kamu tidak cepat habis apalagi sampai rusak dan hilang, Merry memberikan solusi dan tipsnya nih buat kamu. Apa saja ? Kita simak bersama ya.

1. Bebaskan memori penyimpanan.

Loading...

Pixabay.com

Tips yang pertama nih, ayo bebaskan memori internal smartpone kamu biar performanya tidak lemot dan tetap lancar jaya. Caranya dengan melakukan back up secara berkala. Apalagi sekarang udah ada perangkat pendukungnya seperti USB OTG buat smartphone android kamu atau iXpand Flash Drive buat perangkat iPhone kamu. Perangkat ini cukup disambung ke smartphone kamu dan langsung bisa dipindahkan. Gak perlu ribet seperti cara terdahulu di mana harus buka smartphone dulu buat ngambil micro sd, terus baru dipindah ke laptop kamu.

Dengan kapasita 32 dan 64 GB, perangkat ini juga bakalan memudahkan data kamu memindahkan data secara off line saat kamu berencana ganti ke smartphone baru.

2. Jangan malas bikin back up.

Pixabay

Mem-back up data secara teratur bisa jadi solusi agar file kamu tidak hilang. Tapi karena tidak praktis, maka biasanya jadi males buat nge-back up secara rutin. Menurut Merry hal itu sekarang sudah terpecahkan. Dengan aplikasi Memory Zone buat ngedukung perangkat USB OTG, kamu sekarang hanya perlu satu langkah saja dalam mem-back up semua file foto, video, musik termasuk file dari aplikasi sosmed kamu.

Sehingga dengan kemudahan plug and play yang praktis, kamu bisa bikin jadwal back up memory internal smartpone kamu misalnya saat libur di akhir pekan. Jadi tidak akan ada lagi deh cerita drama kamu kehilangan file foto atau video dari media sosial kamu, yang rasanya pasti sakit sekali yah.

3. Tambah kapasitas.

Begini 3 tips agar data di smartphone kamu aman dan gak hilang

Nah tips yang ketiga adalah kamu harus upgrade kapasitas dan kapabilitas penyimpanan di smartpone kamu. Dengan kemampuan kamera smartphone kamu yang sudah sangat mumpuni, misalnya kamera belakang 16 MP dan kamera belakang 5 MP plus resolusi tinggi alhasil foto bagus kamu berukuran 4 sampai 7 MB untuk satu foto. Kebayang kan kalau ada 1000 foto dalam memory internal kamu. Belum lagi ditambah video recording, dowload game atau aplikasi lainnya, serta foto dan video kiriman dari sosmed kamu seperti whatsapp misalnya dan lain-lain, sudah barang tentu kamu harus nambah kapasitas memori. Nah dalam memilih perangkatnya kamu harus pastikan kualitasnya, jangan sampai yang abal-abal, bisa-bisa nanti perangkatmu rusak.

Nah, itu tadi 3 tips agar file kamu tidak hilang karena terpaksa harus dihapus, perangkat hilang, rusak, atau kena virus. Karena konten yang kamu buat sudah pasti sangat berharga dan tidak bisa diulang kembali momemnya. Jadi, yuk lindungi data kita.

Source

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

ON FIRE

MORE
Back To Top