×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Harry Rezqiano

21 Oktober 2020 13:42

Bakal segera rilis, ini 7 informasi seputar Xbox Series X

Kurang dari sebulan publik akan bisa mendapatkan Xbox Series X. Namun beberapa orang beruntung mendapatkan konsol gaming canggih ini lebih dulu..

Bakal segera rilis, ini 7 informasi seputar Xbox Series X

0



Sedang menunggu kedatangan Microsoft Xbox Series X pesanan kamu? Dengan harga $ 499 (dalam Rupiah akan lebih dari Rp 8 juta), Xbox akan bersaing ketat dengan PS5 yang ada di level harga serupa. Kedua konsol gaming generasi baru ini sama-sama akan memulai debut bulan November 2020. Barisan fanboys/fangirls serta media sudah melakukan perang urat syaraf demi membela merek kesayangannya.

Menjelang rilisan resmi Xbox Series X|S ada baiknya kamu melihat beberapa informasi/pertanyaan seputar produk keluaran Microsoft ini yang beredar di internet. Berikut rangkumannya.

1. "Ketimbang beli Xbox Series X, bukankah lebih oke merakit PC Gaming saja di rentang harga yang sama?"

Ini mungkin benar tapi tidak sesederhana itu. Harga Xbox Series X hampir $ 500. Harga itu sudah mencakup keseluruhan bagian konsol termasuk sebuah controller/joystick. Jika ingin membangun PC dengan kekuatan seperti Xbox Series X, akan sulit mencapainya di rentang harga setara.

Dengan uang $ 500 akan mustahil mendapatkan prosesor Zen2 Custom, pengolah grafis terkini sekelas Nvidia/AMD, media penyimpanan NVMe 1TB, memory sebesar 16GB, power supply unit, Blu-ray drive dan papan utama/mainboard. Akan dibutuhkan tidak kurang dari $ 1000 untuk merakit komputer yang mendekati kekuatan Xbox Series X.

Loading...

Punya PC Gaming mungkin lebih bagus ketimbang Xbox Series X, tapi percayalah: PC seharga $ 500 tidak akan bisa mengalahkan Xbox Series X dalam hal processing power.

2. "OK. Jadi kalau saya sudah punya PC Gaming, nggak perlu beli Xbox Series X lagi dong?"

Mungkin. Tapi perlu diingat walau faktanya banyak game Xbox One muncul di PC, normalnya sebuah game yang memang diciptakan untuk konsol akan lebih optimal jika dimainkan di konsol itu sendiri. Selalu ada kemungkinan kalau game Xbox Series X akan lebih bersifat ekslusif dan tidak di-port ke PC. Tapi melihat kebiasaan Microsoft, rasanya situasi ke depan tidak berbeda dari sebelum-sebelumnya di mana game-game Xbox memiliki versi PC juga.

Bakal segera rilis, ini 7 informasi seputar Xbox Series X

Foto: Stealth Optional

3. "Apakah Joystick Xbox One saya masih bisa dipakai di Xbox Series X|S? Soalnya joystick PS4 nggak bisa dipakai di PS5, kan?"

Untuk bagian ini fans Xbox tidak perlu khawatir dan boleh meledek fans PlayStation, karena joystick Xbox One bisa dipakai di Xbox Series X|S untuk semua game (termasuk game Series X). Ini berbeda dari DualShock 4 yang tidak bisa berfungsi untuk game PS5.

Bakal segera rilis, ini 7 informasi seputar Xbox Series X

Joystick Xbox One bisa dipakai di Xbox Series X. Foto: AR12 Gaming

4. "Jadi seberapa berisik Xbox Series X saat bekerja berat? PS4 akan mengeluarkan suara seperti mesin jet saat sedang bekerja berat, lho."

Menurut penulis di situs Polygon Chris Plante (sebagai salah satu orang beruntung yang mendapatkan Xbox Series X sebelum rilis resmi), Xbox Series X sangat hening bahkan saat bekerja ekstra saat memanfaatkan seluruh komponen di dalamnya. Tapi dia kemudian mengatakan kalau PS4 Pro dia dulu juga hening saat awal-awal, sebelum belakangan bersuara seperti pesawat jet tinggal landas. Jadi, mungkin Xbox Series X akan mengalami kondisi serupa?

5. "Saya punya headphone Bluetooth. Tentu bisa saya gunakan di Xbox Series X baru saya nanti, kan? Seperti joystick Xbox One?"

Bakal segera rilis, ini 7 informasi seputar Xbox Series X

Foto: MobileFun.Co.Uk

Sayang sekali! Secanggih-canggihnya Xbox Series X ternyata punya kelemahan juga, yaitu tidak mendukung kanal suara Bluetooth. Jalur keluaran suara yang didukung Xbox Series X|S (selain tentu saja lewat kabel HDMI) hanyalah USB headphone. Untuk mereka yang suka memakai headphone Bluetooh saat bermain game akan merasakan ketidaknyamanan karena tidak lagi bisa memakai headphone kesayangan mereka di Xbox Series X.

6. "Saya punya Save File untuk game-game Xbox One. Apa saya bisa pindahkan ke Xbox Series X sehingga bisa saya pakai di sana?"

Bakal segera rilis, ini 7 informasi seputar Xbox Series X

Foto: Stevivor.Com

Syukurnya bisa dengan memanfaatkan fasilitas penyimpanan awan/cloud. Menurut Microsoft bahkan save file Xbox 360 (satu generasi di bawah Xbox One dan dua generasi di bawah Xbox Series X) juga bisa memanfaatkan fitur ini sehingga gamers tidak harus memainkan ulang game-game lama mereka dari awal lagi. Ini berita bagus buat mereka yang tidak mau repot main ulang demi mendapatkan fitur pasca menamatkan game.

7. "PlayStation 5 terlihat lebih besar daripada Xbox Series X|S. Apa memang seperti itu aslinya?"

Bakal segera rilis, ini 7 informasi seputar Xbox Series X

Foto: IGN

Masih menurut Chris Plante dari situs Polygon, ukuran asli Xbox Series X memang sekecil foto-foto yang beredar di internet. Dia bahkan menyamakan ukuran Xbox Series X dengan sebuah alat bantu yoga / Yoga Block. Sehingga secara ukuran, konsol generasi mendatang yang berukuran jumbo adalah PlayStation 5. Kamu mungkin sudah pernah lihat video pembongkaran PS5? Bisa dilihat di bawah ini. Besar, lho!

Dengan waktu rilis kurang dari satu bulan lagi, publik akan segera merasakan kedahsyatan Microsoft Xbox Series X|S. Walau jika mau jujur, sejak awal lahir Xbox selalu mengalami kesulitan bersaing dengan PlayStation (dan produk Nintendo). Tapi mungkin dengan Xbox Series X Microsoft bisa merubah nasib yang menghantui produk Xbox selama dua dekade terakhir. Siapa tahu?

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

Xbox Microsoft Xbox Series X Video Game Teknologi
Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

ON FIRE

MORE
Back To Top