Perubahan cuaca yang ekstrem serta gaya hidup kurang sehat, ditambah padatnya aktivitas sehari-hari dan kurangnya istirahat sering kali membuat tubuh kurang fit. Kondisi tubuh yang kurang fit membuat kita kurang aktif dan bersemangat dalam menyelesaikan pekerjaan, padahal kita dituntut untuk produktif dan menunjukkan kinerja yang maksimal di tempat kerja.

Hal yang paling sering kita lakukan saat merasa kurang fit adalah meminum obat dan suplemen buatan pabrik. Ini sebenarnya tidak baik untuk tubuh dan memiliki efek samping jika dikonsumsi terus menerus dalam jangka panjang. Sebabnya, obat dan suplemen mengandung beberapa bahan kimia yang bekerja memforsir kinerja organ tubuh sehingga kita selalu merasa sehat dan bugar. Mulai sekarang, cobalah beralih ke minum-minuman herbal yang terbuat dari bahan-bahan alami dan segar serta telah terbukti khasiatnya bagi kesehatan.

Kita sangat beruntung tinggal di Indonesia. Tanah Air kita memiliki banyak sekali jenis rempah-rempah, dedaunan, serta tanaman-tanaman herbal lain yang bisa digunakan untuk obat dan jamu untuk mengatasi berbagai macam penyakit, dari mulai yang ringan sampai yang berat. Salah satu rahasia sehat dan umur panjang kakek dan nenek moyang kita terdahulu meskipun mereka bekerja berat dan sedikit istirahat adalah mengonsumsi makanan, minuman, dan obat-obatan yang semuanya terbuat dari bahan alami. Kita bisa mencontoh mereka dalam mengatasi penyakit ringan seperti badan kurang fit dan pegal-pegal dengan mengonsumsi minuman-minuman herbal.

Berikut ini 4 resep minuman herbal yang bisa kamu buat sendiri di rumah untuk menghangatkan badanmu yang kurang fit.

1. Wedang serai.

Badan kurang fit? Hangatkan dengan 4 minuman herbal ini

Serai merupakan jenis tanaman rumput yang lazim kita gunakan sebagai bumbu dapur. Ternyata, selain menambah rasa pada masakan, serai juga memiliki khasiat sebagai obat herbal. Di antaranya untuk menghilangkan pegal-pegal, mengatasi hipertensi, serta mengontrol kadar gula dan kolesterol dalam tubuh. Untuk menghilangkan pegal-pegal, kita bisa meracik wedang serai sendiri di rumah.

Bahan-bahan:

- Serai 3 batang, geprek

- Gula merah 150 gram, potong kecil-kecil

- Daun pandan 1 lembar, ikat

- Garam 1/4 sdt

- Air 500 ml

Langkah-langkah:

- Masukkan air ke dalam panci dan panaskan hingga mendidih

- Masukkan serai, gula merah, pandan, dan garam. Aduk hingga larut dan mendidih, kemudian angkat dan saring

- Tuang wedang serai ke dalam gelas dan wedang siap disajikan

2. Wedang secang.

Badan kurang fit? Hangatkan dengan 4 minuman herbal ini

Resep minuman herbal yang kedua adalah wedang secang. Bahan utama wedang secang adalah kayu secang. Kayu inilah yang membuat minuman ini berwarna merah. Wedang secang sangat cocok diminum ketika tubuh kurang fit atau ketika udara sedang dingin seperti di malam hari.

Bahan-bahan:

- Secang 10 gram

- Serai 2 batang, ambil bagian putihnya, bakar dan memarkan

- jahe 150 gram, bakar

- Kayu manis 6 cm

- Cengkeh 10 butir

- Kapulaga 2 butir

- Gula batu 200 gram

- Air 1750 ml.

Langkah-langkah:

- Rebus air, secang, serai, jahe, kayu manis, cengkeh, kapulaga dengan api kecil dan aduk sampai mendidih dan harum. Angkat

- Tambahkan gula batu

- Wedang secang siap disajikan

3. Wedang jahe lemon.

Badan kurang fit? Hangatkan dengan 4 minuman herbal ini

Minuman herbal yang ketiga ini resepnya sangat simpel dan bisa kita buat di rumah kurang dari 10 menit. Jahe sudah sangat kita kenal memiliki khasiat untuk menghangatkan tubuh serta mengobati flu dan batuk. Bagaimana jika dikombinasikan dengan lemon? Pasti semakinmantulrasa dan khasiatnya.

Bahan-bahan:

- Jahe 100 gram, memarkan

- Lemon 2 buah, peras

- Gula pasir 5 sdm atau sesuai selera

- Air panas 750 ml

Langkah-langkah:

- Siapkan gelas, masukkan jahe, seduh dengan air panas. Biarkan selama 5 menit

- Tambahkan gula dan air lemon, aduk hingga gula larut

- Wedang jahe lemon siap disajikan

4. Wedang pekak.

Badan kurang fit? Hangatkan dengan 4 minuman herbal ini

Pekak atau bunga lawang merupakan jenis rempah-rempah yang umum ditemui di negara-negara Asia seperti Cina, India, Thailand, Vietnam, dan Indonesia. Pekak biasanya digunakan untuk bumbu masakan seperti kare, gule, dan rendang. Selain untuk bumbu, ternyata pekak juga bisa dikonsumsi sebagai minuman herbal untuk menghangatkan tubuh dan menghilangkan rasa pegal.

Bahan-bahan:

- Pekak 1 buah

- Serai 2 batang

- Cengkeh 3 butir

- Daun pandan 2 lembar, potong kecil-kecil

- kayu manis 4 cm

- Jahe 4 cm

- Merica butiran 1/2 sdt

- Gula pasir 65 gram

- Air 700 ml

Langkah-langkah:

- Rebus semua bahan dengan api kecil, dan aduk sampai harum dan mendidih, angkat

- Tuang wedang pekak ke dalam gelas saji

- Wedang pekak siap disajikan