Brilio
×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Regita Yuniar

16 Januari 2020 22:05

Aneka olahan berbahan dasar bunga mawar, unik dan inspiratif

Terdapat beragam cara untuk mengolah bunga Mawar sehingga manfaatnya dapat dirasakan oleh tubuh..

Aneka olahan berbahan dasar bunga mawar, unik dan inspiratif

0



Bunga mawar merupakan salah satu bunga yang banyak dikagumi orang di dunia. Bukan hanya karena wanginya yang semerbak dan warnanya yang beragam, tetapi juga karena bunga ini dianggap sebagai simbol cinta dan keindahan. Tapi, tahukah kamu bahwa bunga mawar memiliki beragam manfaat bagi kesehatan bila dikonsumsi? Ya, bunga ini memiliki variasi manfaat bagi kesehatan. Kelopak mawar mengandung antioksidan, asam nitrat, vitamin A, C, E, D, vitamin B3, kafein, dan polifenol.

Bunga mawar bermanfaat sebagai antibakteri, agen penambah suasana hati, meningkatkan sistem imun, menurunkan berat badan, stress, dan keram perut akibat menstruasi, serta mengobati penyakit artritis sampai dengan penyakit hati dan batu ginjal.

Terdapat beragam cara untuk mengolah bunga mawar sehingga manfaatnya dapat dirasakan oleh tubuh. Berikut ini merupakan aneka olahan bunga mawar yang unik, kreatif, dan menyehatkan tubuh.

1. Rose-tea (teh mawar)

Teh mawar merupakan salah satu varian dari teh berbahan bunga. memiliki manfaat untuk mencegah diabetes, mengurangi resiko penyakit jantung, menurunkan berat badan, dan menenangkan pikiran. 

Foto: www.kepogaul.com foto: www.kepogaul.com 

Loading...

Cara membuatnya adalah dengan masukkan kelopak bunga mawar yang telah dicuci bersih ke dalam kantong teh celup atau ke dalam botol dan tutup rapat. Poses pengeringannya tidak dengan cara dijemur di bawah terik matahari, melainkan dengan didiamkan selama beberapa hari atau beberapa minggu. Simpan ditempat yang gelap dan tertutup hingga mengering dan tercium aromanya.

Setelah kering, kelopak mawar dapat diseduh layaknya menyeduh teh biasa dengan air panas. Rasanya masam, namun dengan tambahan gula batu atau madu, rasa masamnya akan berkurang dan menjadi jauh lebih nikmat. 

2. Sup bunga mawar dingin

Sup Mawar

foto: www.plattershare.com  

Hidangan yang satu ini adalah sup ala Indian. Di dalamnya terdapat campuran air mawar dan juga kelopak, hingga bunga mawar. Tapi, pastikan bahwa air mawarnya adalah yang dapat dikonsumsi karena sebagian dibuat untuk kosmetik. Sup ini memang unik karena memiliki tampilan yang khas dan cantik dengan warna kuah pink yang menawan. jadi penasaran ya, bagaimana rasanya. Serupa dengan tampilannya atau tidak ya? 

3. Salad kelopak bunga mawar

Salad Mawar

foto: www.healthygreenkitchen.com

Salah satu hidangan unik dari bunga mawar adalah salad kelopak mawar. Cara membuatnya sangat mudah. Cukup cuci sayuran yang akan digunakan dengan bunga mawar, kemudian potong kecil-kecil. Setelah itu, siram dengan campuran satu sendok makan minyak Zaitun, yoghurt, dua sendok madu, dan satu suing bawang putih. Tertarik untuk mencoba? Seperti apa ya rasanya?

4. Sirup bunga mawar

Sirup bunga mawar memiliki rasa yang manis dan cocok dipadukan dengan beberapa jenis minuman. Cara membuatnya pun sangat simpel. Hanya dengan tiga bahan yaitu gula, bunga mawar, dan air, sirup bunga mawar ini dapat dibuat dan dinikmati. Sirup ini dapat disimpan selama dua hingga tiga minggu dalam lemari es. 

Sirup Mawar

foto: William Reavell/Dorling Kindersley/

5. Kue mawar

Hidangan yang satu ini merupakan hidangan yang digemari banyak orang. Hal unik dari kue yang satu ini adalah salah satu bahannya yang tidak biasa, yaitu bunga mawar. Setiap sajian, kue ini mengandung 81 kalori, 5,3 gram lemak, 7,6 gram karbohidrat, 1 gram protein, dan 19 mg kolesterol.  

Kue Mawar

foto: Diana Moutsopoulos

Untuk membuat bubuk kelopak mawar, gilinglah 1 hingga 2 sendok makan kelopak mawar kering. Setelahnya, bubuk ini dapat digunakan dalam resep apa pun yang diinginkan. 

6. Biskuit mawar

Biskuit Mawar

Foto: www.allrecipes.com 

Adonan kreatif berbahan bunga mawar berikutnya adalah biskuit mawar. Hidangan penutup ini memiliki warna dan aroma yang unik. Cara membuatnya pun cukup mudah. Cukup campurkan gula dan mentega, kemudian kocok selama 5 menit hingga adonan mengembang. Selanjutnya masukkan telur dan air mawar, kemudian aduk bersama kelopak mawar. Campurkan tepung, baking powder, dan garam dalam mangkuk terpisah. Campur ke dalam adonan. Tutup dan dinginkan adonan setidaknya selama 1 jam, atau semalaman.

Sebelum memanggang adonan, atur terlebih dahulu suhu oven ke 200 °C. kemudian lapisi loyang dengan kertas roti. Ratakan adonan di atas permukaan yang diberi sedikit tepung hingga setebal 1/3 inci. Potong menjadi bentuk dengan pemotong berbentuk, atau cukup potong menjadi empat persegi atau kotak. Letakkan kue kering 1 inci di atas loyang yang sudah disiapkan. Panggang dalam oven yang sudah dipanaskan selama 6 hingga 8 menit, maka biscuit mawar siap dihidangkan. Sebuah biscuit mawar mengandung sekitar 53 kalori, 2.5 gram lemak, 6.9 gram karbohidrat, 0.8 gram protein, 12 mg cholesterol, dan 13 mg sodium. 

Nah, itulah beragam olahan bunga mawar yang unik dan menyehatkan. Selain tampilannya yang menarik, manfaat yang dimilikinya untuk tubuh pun tak bisa diabaikan. Kamu dapat mencoba membuat hidangan tersebut di rumah untuk dapat merasakan berbagai manfaat yang dimilikinya Tertarik untuk mencoba membuatnya di rumah?

Source

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

Bunga Mawar Manfaat Mawar Olahan Mawar Khasiat Mawar
Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Astro-Lo-Gue Ep. 7 - Patah Hati Zodiak Libra, Scorpio, Sagitarius, Capricorn, Aquarius & Pisces! Buat Sobat Brilio yang menunggu-nunggu, Astro-Lo-Gue balik lagi nih! Masih bareng Aby Respati yang bakalan ngelanjutin penjelasan mengenai hal-hal apa ...

ON FIRE

MORE
Back To Top