×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Harry Rezqiano

05 Agustus 2020 13:33

Aksesori PS4 ini bisa dipakai untuk memainkan games PS4 di PS5

Sejak awal Sony PlayStation membentuk citra sebagai konsol dengan kemampuan backward compatible atau dapat memanfaatkan games dan peripheral lama.

Aksesori PS4 ini bisa dipakai untuk memainkan games PS4 di PS5

0



Sejak kelahirannya pada pertengahan 90-an sampai sekarang, Sony PlayStation telah sukses membentuk berbagai citra positif di bisnis video games dunia yang waktu itu didominasi Nintendo dan Sega. Sejarah kemudian menunjukkan kalau selanjutnya dominasi kini malah berada di tangan Sony dengan yang lain menempel ketat di belakang mereka. Sega malah harus karam dan pensiun dari bisnis manufaktur konsol video game dan jadi software manufacturer demi tetap menjaga nama dan kesuksesan di bisnis video game yang semakin ketat.

Tidak lama lagi PlayStation 5 dan Xbox Series X akan segera meluncur (dengan Switch menempel di belakang). Dan perhatian publik tertuju ke PlayStation 5 yang digadang-gadang akan meneruskan kiprah merek PlayStation yang selalu sukses sejak seperempat abad lalu.

Aksesori PS4 ini bisa dipakai untuk memainkan games PS4 di PS5

Foto: Writen Are Given

Salah satu ciri khas PlayStation adalah “backward compatibility” atau “kemampuan berhubungan dengan produk sebelumnya”. Ini sudah bisa dilihat sejak era PlayStation 2. Kamu mungkin ingat kalau PS2 itu bisa memainkan CD game PS1? Tidak hanya CD games, tapi Memory Card dan Joystick/DualShock PS1 pun bisa berjalan tanpa masalah di PS2. Namun tentu saja keduanya bukan untuk mengakomodasi semua games yang dimainkan di PS2 karena DualShock 1 tidak memiliki kemampuan DualShock 2 seperti ‘pressure sensitivity’ misalnya. Memory Card PS1 juga tidak bisa dipakai menyimpan data permainan / Save Files game PS2. Butuh Memory Card PS2 untuk melakukan tugas itu

Loading...

Tapi pada intinya, games dan peripheral dari konsol lama Sony PlayStation secara umum bisa dibawa/digunakan ke Sony PlayStation selanjutnya.

Aksesori PS4 ini bisa dipakai untuk memainkan games PS4 di PS5

Foto: Lifewire

Tapi tentu ada keterbatasan dan hal ini sebenarnya harus bisa dimaklumi. Sony sendiri sebenarnya tidak memiliki obligasi atau kewajiban apa pun untuk memastikan peripheral konsol lama bisa dipakai di konsol baru. Tapi setidaknya mereka berusaha mengakomodasi itu sampai di titik tertentu.

Seperti yang terjadi untuk PS4 misalnya. DualShock 3 tidak dapat dipakai di PS4, namun beberapa joystick arcade-style (biasanya untuk game berantem seperti Street Fighter dll) PS3 masih bisa dipakai di PS4. Tapi kalau soal games, Sony seperti mulai enggan mengimplementasikan kemampuan backward compatibility ini. Game PS3 tidak dapat berjalan di PS4 secara langsung (kecuali jika dibuat ulang dalam bentuk 'Remaster' dan dijual secara digital); berbeda saat PS3 bisa memainkan game PS2.

Untuk beberapa golongan gamers, fitur backward compatibility dalam games jadi perhatian serius. Mungkin karena itulah Microsoft buru-buru menyatakan Xbox Series X mereka bakal mampu memainkan semua games Xbox mulai dari generasi awal Xbox alias Xbox OG. Sementara Sony tetap bungkam dengan potensi backward compatibility games di PS5 walau mereka mengindikasikan banyak games PS4 akan bisa dimainkan di PS5. Tapi tidak untuk games PS3 ke bawah.

Aksesori PS4 ini bisa dipakai untuk memainkan games PS4 di PS5

Foto: The Geek Games

Bagaimana dengan backward compatibility peripheral alias aksesori? Rasanya tidak perlu heran kalau DualShock 3 nggak akan didukung oleh PS5. Apalagi DualShock 2, kan? Hal wajar sih memang. Menurut blog resmi Sony PlayStation, hanya beberapa peripheral PS4 yang akan didukung / dapat dipakai di PS5. Stir balap dan fighting joystick resmi/official PS4 akan dapat dipakai di PS5 “untuk games PS4 yang dapat berjalan di PS5”. Begitu pula joystick game pesawat/pilot simulation. Headset resmi PS4 juga akan bisa dipakai di PS5 menurut Sony. Begitu juga dengan PlayStation VR dan PlayStation Move.

Bagaimana dengan PlayStation Camera-nya PS4? Menurut Sony benda itu masih bisa dipakai di PS5 namun memerlukan adapter tambahan dan akan disediakan Sony secara terpisah. Soalnya PS5 memiliki lini kamera sendiri yang support PSVR dan PSMove secara default.

Aksesori PS4 ini bisa dipakai untuk memainkan games PS4 di PS5

Berbagai aksesoris PlayStation. Foto: Best Products

Kalau kamu suka dengan DualShock 4, benda ini akan dapat dipakai di PS5 namun hanya untuk memainkan games PS4 yang berjalan di PS5. DualShock 4 tidak dapat digunakan untuk bermain game PS5. Sony beralasan kalau gamers akan mendapatkan pengalaman bermain games PS5 dengan sempurna jika menggunakan peripheral yang dirancang untuk PS5 seperti joystickDualSense”. Sebuah alasan yang tentu saja ada pembenarannya. Dulu bermain Gran Turismo di PS2 dengan DualShock 1 tidak sebagus jika menggunakan DualShock 2. DualShock 2 mendukung pressure sensitivity, DualShock 1 tidak. Jadi berbeda feeling-nya.

Jadi bagaimana? Apa kamu berniat menyimpan peripheral PS4 kamu (seperti PlayStation VR / PSVR) agar nanti bisa dipakai di PS5?

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

Sony PlayStation PS PS5 Video Games
Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Astro-Lo-Gue Ep. 7 - Patah Hati Zodiak Libra, Scorpio, Sagitarius, Capricorn, Aquarius & Pisces! Buat Sobat Brilio yang menunggu-nunggu, Astro-Lo-Gue balik lagi nih! Masih bareng Aby Respati yang bakalan ngelanjutin penjelasan mengenai hal-hal apa ...

ON FIRE

MORE
Back To Top