×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
EL sm

03 Agustus 2020 14:26

9 Tips sederhana untuk meningkatkan rasa percaya diri

Menumbuhkan rasa percaya diri itu tidaklah sulit asal ada kemauan dan terus berlatih..

9 Tips sederhana untuk meningkatkan rasa percaya diri

0



Foto: Alexas_Fotos dari Pixabay

 

Masih cukup banyak anak muda yang tidak percaya diri atau malu-malu, padahal kepercayaan diri itu sangat penting. Kalau kamu kurang percaya diri, apa pun tindakan yang diambil pasti akan kamu hadapi dengan rasa cemas. Maka dari itu berikut ini ada beberapa tips sederhana untuk membangun rasa kepercayaan diri.

1. Melatih untuk berani menatap mata dengan mantap.

https://images.app.goo.gl/U3HUrkPbAf4ReDbCA

Foto: images.app.goo.gl/U3HUrkPbAf4ReDbCA

Loading...

Mata adalah jendela hati. Jika menatap mata seseorang maka kamu bisa bercerita banyak hal. Dan sebaliknya, jika kamu mengacuhkan tatapan orang lain maka orang itu akan merasa dihakimi, diabaikan, dan membuat kurang nyaman. Tidak enak kan pastinya jika membuat orang berpikir macam-macam juga seperti “apa dia tidak nyaman bersamaku?” Tidak berani menatap mata seseorang membuat timbulnya rasa bahwa kamu lebih kecil dan lemah. Ini hanya akan merugikan kamu saja.

2. Belajarlah untuk tidak ragu berbicara dalam grup.

https://images.app.goo.gl/XsPPkENqrgvJFPoEA

Foto: images.app.goo.gl/XsPPkENqrgvJFPoEA

Masih banyak orang yang ragu menyampaikan pendapatnya jika sedang berdiskusi. Kamu seolah merasa takut berbicara atau menyampaikan sesuatu. Tapi nyatanya tidak semua orang berpikiran bahwa pendapatmu jelek. Maka berlatihlah speak up jika berdiskusi. Hal ini bakal meningkatkan rasa percaya dirimu. Jadilah seseorang yang membasmi kesunyian.

Kamu bisa mulai dari hal kecil, misalnya mengikuti klub atau organisasi yang mengajarkanmu berbicara di depan umum. Sebab jika public speaking kamu bagus, orang pasti akan lebih loyal dan nyaman di dekatmu.

3. Jadilah pemurah dengan tersenyum selebar lebarnya.

Instagram.com/@taehyung.bighitentertainment

Foto: Instagram.com/@taehyung.bighitentertainment

Dampak jika kamu seorang yang murah senyum, orang lain yang didekati juga terbawa energi positif dan akan kembali ramah kepadamu. Tidak ada orang yang suka jika mukamu ditekuk, terlihat kusut, dan membuat suram suasana saja. Murah senyum juga secara psikologis menambah rasa bahagia dan riang. Namun tetap sesuaikan dengan kondisi juga, ya.

4. Tanamkan di benakmu bahwa semua orang adalah sama.

https://images.app.goo.gl/a3rbFpGkEy7mp1j6A

Foto: https://images.app.goo.gl/a3rbFpGkEy7mp1j6A

Sadarkah kamu bahwa kebanyakan orang tidak percaya diri karena orang di sekitarnya. Tanamkan dalam benakmu perspektif jika semua orang adalah sama. Lihatlah dengan seimbang dan jangan dari sisi negatifnya saja.

5. Sugesti diri dengan kalimat seperti “saya cinta diri sendiri”.

Instagram.com/@Indtravel

Foto: Instagram.com/@Indtravel

Kata itu mengandung doa dan mencerminkan dirimu kelak. Kamu merasa cemas dan khawatir? Ada kuncinya, yaitu berkata "saya pasti bisa". Tiga kata yang mempunyai kekuatan luar biasa tersebut dapat kamu lakukan dalam hal apa pun. Kekuatan tersebut akan sangat luar biasa.

6. Berolahraga.

Instagram.com/kevin_sanjaya

Foto: Instagram.com/kevin_sanjaya

Berolahraga mempunyai dampak positif, yaitu mulai dari kondisi fisik dan mental yang sehat, bisa meningkatkan energi dan kapasitas oksigen, serta juga bisa lebih meningkatkan self-esteem atau rasa percaya diri seseorang. Tidak ada salahnya berolahraga sebab bikin kamu sehat dan ningkatin self-esteem-mu. Contohnya badan menjadi bagus karena berolahraga dan otomatis membuatmu lebih percaya diri.

7. Keluar dari zona nyaman.

https://images.app.goo.gl/np9j4DYquPs9YE1J9

Foto: images.app.goo.gl/np9j4DYquPs9YE1J9

Mungkin kata ini sudah banyak didengar. Kamu perlu benci dan malu berada di lingkaran di mana selama ini kamu tidak merasa ingin mencoba sesuatu hal yang baru. Kalau kamu merasa tidak suka, maka ubahlah hal tersebut.

8. Perhatikan lagi penampilanmu.

Instagram.com/@najwashih

Foto: Instagram.com/@najwashihab

Ketika kamu berpenampilan bagus atau rapi otomatis akan merasa lebih nyaman. Maka dari itu penampilan menjadi sangat penting. Penampilan yang baik membuat dirimu juga lebih enak dipandang. Kamu akan mendapatkan nilai plus ketika memperhatikan penampilanmu.

9. Hindari orang atau teman yang negatif.

https://images.app.goo.gl/xGp6g8onAxJJETQn8

Foto: images.app.goo.gl/xGp6g8onAxJJETQn8

Tipe seseorang seperti ini adalah manusia yang tidak berguna dan tidak suportif. Ketika mereka menjelek-jelekan dan menjatuhkanmu maka itu akan membuatmu merasa kurang percaya diri. Abaikan saja dia dan bersikaplah seperti biasa dan jangan menanggapinya secara berlebihan. Maksudnya di sini adalah tidak usah sampai membuatmu down. Kamu memang harus menghindari tipe orang semacam itu.

 

Pasti pada awalnya kamu merasa aneh dan tidak enak. Tapi seiring berjalannya waktu, kamu pasti bisa tampil percaya diri dan nyaman di hadapan orang banyak. Pada dasarnya manusia adalah makhluk sosial yang butuh berinteraksi. Orang yang malu, kurang percaya diri, dan kurang interaksi maka orang yang dikenalnya juga sangat sedikit. Jaringanmu pun juga tak luas.

Tetapi jangan sampai kepercayaan dirimu berlebihan sehingga menjadi abai dan tidak mau mengakui kesalahan. Percaya diri itu perlu, namun juga tak boleh berlebihan. Jangan pantang menyerah karena rasa percaya diri akan membuatmu lebih nyaman dan tentunya berguna bagi kehidupanmu.

 

Source

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

life loveyourself kepribadian Semangat #bahagia
Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

ON FIRE

MORE
Back To Top