×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Saidahtyani

10 Juli 2019 10:24

9 Tips sederhana agar bisa hemat saat liburan ke luar negeri

Dapat berlibur ke luar negeri pasti dambaan semua orang. Namun bagaimana jika budget membengkak?.

9 Tips sederhana agar bisa hemat saat liburan ke luar negeri

0



http://www.visittshwane.co.za/wp-content/uploads/2018/11/Lenereglobe.com_.jpg

Liburan atau cuti merupakan hari di mana seseorang libur dari pekerjaannya sehari-hari. Beberapa orang ada yang memberikan respon antusias namun ada juga yang cuek.

Bisa berlibur ke tampat yang jauh pasti jadi kebanggaan sendiri, entah itu luar pulau ataupun luar negeri. Apalagi bisa mengunjungi negara lain dengan tujuan liburan, bukan bekerja. Namun hal yang mayoritas orang khawatirkan jika liburan ke luar negeri yaitu biaya atau budget.

Nah, berikut ini tips sederhana agar bisa hemat liburan ke luar negeri berdasarkan pengalaman penulis kemarin.

1. Buatlah planning yang matang.

9 Tips sederhana agar bisa hemat saat liburan ke luar negeri

Loading...

gambar: google

Planning di sini ialah menentukan tujuan, lamanya kalian akan di sana, kapan kalian akan mem-booking tiket maupun hotel, banyak bertanya pada seseorang yang pernah kesana ataupun membaca referensi yang banyak di internet. Jika ada hal yang membuat kalian ragu jangan sungkan tanya pada seseorang atau browse di internet.

2. Booking tiket jauh-jauh minggu atau cari tiket promo.

Seperti halnya mudik, memesan tiket jauh hari sangat dianjurkan karena kita tidak pernah tahu lonjakan harga terjadi kapan. Selain itu juga mengatisipasi kehabisan tiket dengan harga murah atau terjangkau.

3. Cari penginapan yang budgetnya sesuai dengan fasilitas yang kalian perlukan.

Berapa banyak orang yang akan berlibur bersama kalian? Jika orangnya lebih dari 4 kalian bisa cari apartment atau villa berbudget, lagi pula semakin banyak orang harga patungannya akan lebih murah.

Selain itu perhatikan juga fasilitas yang diberikan hotel. Cobalah cari hotel yang memberikan fasilitas air minum gratis atau sarapan pagi hari. Tak perlu bintang lima jika perkiraan kalian bakal jarang di hotel.

4. Usahakan menimbang koper setelah packing.

9 Tips sederhana agar bisa hemat saat liburan ke luar negeri

gambar : keluargapelancong.net

Mengapa? Karena jika koper kalian overloaded kalian bakal diharuskan beli bagasi yang mana harganya bisa berkali lipat dari tarif saat booking. Seingat penulis dulu kalau beli bagasi saat booking sekalian, maskapai mematok harga Rp170,000 untuk 20kg dan saat beli di badara harganya menjadi Rp500,000, entah itu kapasitas berapa kilo. Jauh sekali kan selisih harganya.

Jika pun kalian tipe orang rempong, tidak bisa bawa baju atau barang secukupnya, mending beli bagasi saja sekalian. Usahakan juga jangan membawa tas jinjingan terlalu banyak karena tas jinjing yang boleh masuk kabin hanya 2 buah dengan total berat 7kg. Kembali lagi, kenali diri kalian. Apakah rempong atau minimalis.

5. List pilihan transportasi yang bisa digunakan di sana dan coba bandingkan.

9 Tips sederhana agar bisa hemat saat liburan ke luar negeri

gambar : rapidgrowthmedia.com

Jika kalian berlibur di negara maju seperti Singapura, Jepang, ataupun Eropa pasti banyak transportasi yang ditawarkan. Seperti kereta, bis, maupun taxi. Coba bandingkan harganya dan lama durasi transportasi tersebut untuk mencapai tempat tujuan. Jika kalian terbatas pada waktu, kalian bisa memilih transportasi yang bisa sampai di tempat tujuan seperti taxi, namun jika ingin mendapat harga murah kalian bisa memilih jenis budget atau penuhi kursi taxi tersebut, semisal diisi 4 / 3 orang. Jika tidak terburu-buru cobalah gunakan transportasi umum karena harganya lebih murah dan biasanya transportasi di negara luar terbilang sangat nyaman dan canggih.

6. Coba browsing tempat wisata yang gratis.

Jika kalian berlibur ke kota besar di luar negeri, tempat wisata yang gratis tetap ada ya walaupun kurang wah namun lumayan untuk spot foto ataupun menikmati suasana di sana. Biasanya tempat yang gratis itu taman kota, bangunan dengan lukisan jalanan, dll.

Mengunjungi landmark sebuah kota atau negara tidak selalu berbayar jika kalian hanya berfoto di sekitar landmark tersebut seperti Twin Towers atau Merlion Singapura. Namun jika kalian ingin masuk ke dalam bangunan tersebut tentu harus bayar tiket masuk.

7. Untuk internet, bandingkan harga paket roaming dengan beli sim card perdana di sana.

Kalau menurut penulis pribadi, tarif roaming semua operator yang ada saat ini terbilang mahal, jadi penulis memutuskan membeli kartu sim perdana di bandara. Selain alasan mahal, penulis juga agak khawatir dengan kestabilan internetnya, kan percuma kalau sudah beli paket roaming ternyata operator tersebut lemot di sana.

Selain itu kalian bisa menyiasatinya dengan menggunakan kartu perdana tersebut untuk 1 / 2 orang dengan cara tethering. Jadi sim card itu bayarnya bisa patungan 2 / 3 orang, selain itu kalian pun tetap bisa berpencar karena semua anggota rombongan punya akses internet.

8. Untuk makan dan jajan, bandingkanlah satu kedai dengan kedai yang lain.

Jika kalian berkunjung ke negara yang muslimnya mayoritas, street food bisa jadi alternatif. Selain karena yang jualan mayoritas islam, harganya kemungkinan lebih terjangkau daripada di kedai. Namun jika kalian bingung, mudahnya bandingkan saja menu yang kalian inginkan antara kedai yang satu dengan yang lain, tak perlu banyak-banyak cukup bandingkan 2 / 3 kedai makan. Atau kalian bisa memangkas frekuensi makan berat kalian yang biasanya 3 kali menjadi 2 kali.

9. Buat daftar siapa saja yang bakal dapat oleh-oleh.

9 Tips sederhana agar bisa hemat saat liburan ke luar negeri

Memang sepele namun baiknya kalian membuat daftar siapa saja yang bakal kalian kasih oleh-oleh. Karena jika ada teman atau kerabat yang terlewat pasti tidak enak kan sama mereka. Selain itu oleh-oleh juga berpengaruh pada berat koper kalian saat pulang, hal ini bisa jadi pertimbangan juga mau beli bagasi berapa kilo saat pulang.

Itulah tips sederhana yang bisa kalian coba. Semoga bermanfaat dan selamat berlibur.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

liburan hemat luar negri
Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Astro-Lo-Gue Ep. 7 - Patah Hati Zodiak Libra, Scorpio, Sagitarius, Capricorn, Aquarius & Pisces! Buat Sobat Brilio yang menunggu-nunggu, Astro-Lo-Gue balik lagi nih! Masih bareng Aby Respati yang bakalan ngelanjutin penjelasan mengenai hal-hal apa ...

ON FIRE

MORE
Back To Top