×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Suciati Dwi Nuraeni

07 Agustus 2020 10:10

9 Jenis bunga cantik ini mudah ditanam di halaman rumah

Bunga-bunga cantik dan mudah ditanam ini bisa menjadi referensimu..

9 Jenis bunga cantik ini mudah ditanam di halaman rumah

0



Halaman merupakan hal yang pertama kali dilihat oleh orang. Halaman yang hijau, asri, dan indah menjadi dambaan banyak orang. Salah satu penunjang halaman menjadi indah dan asri yaitu dengan adanya bunga. Bunga-bunga cantik dan mudah ditanam ini bisa menjadi referensimu. Yuk, kenali sembilan jenis bunga yang cocok untuk ditanam di halaman rumah.

1. Bunga mawar.

mawar pink

Foto: pixabay.com

Bunga mawar tentu sudah dikenal oleh banyak orang. Tentu bunga ini cocok ditanam di kebun. Bunga ini sering digunakan untuk diberikan kepada kekasih sebagai tanda kasih sayang.

Loading...

Bunga mawar dapat terdiri dari berbagai macam warna, seperti yang terkenal yaitu warna merah dan putih. Ternyata masih banyak warna lainnya yang juga tak kalah indah, seperti mawar kuning, pink, ungu, krem, peach, dan masih banyak warna lainnya yang biasanya hasil teknologi genetika seperti mawar hitam dan biru.

2. Bunga anggrek.

bunga anggrel yang cantik

Foto: needpix.com

Bunga anggrek dengan nama latin Orchidaceae merupakan bunga yang punya banyak peminat. Bunga anggrek perlu perawatan seperti sebaiknya menanam di media yang ringan, keropos, dan cepat kering seperti sabut kelapa karena anggrek membutuhkan aerasi yang baik. Namun jika tidak ada, kamu masih bisa menanamnya di pot.

Perhatikan juga cahaya untuk anggrek, kekurangan cahaya dapet menyebabkan anggrek tidak mengeluarkan bunga. Namun jika cahaya terlalu kuat maka akan menyebabkan anggrek layu. Penyiraman juga penting, tapi jika kebanyakan menyiram akan menyebabkan tanaman busuk.

3. Bunga allamanda.

terompet kuning

Foto: pixabay.com

Bunga allamanda sering dikenal secara umum dengan sebutan bunga terompet emas atau bunga lonceng kuning karena bunga ini berwarna kuning dan bentuknya indah seperti terompet. Tinggi bunga ini mencapai dua meter sehingga akan lebih baik jika langsung ditanam di halaman/kebun tanpa pot, namun tentu saja bisa menggunakan pot dengan proporsi yang sesuai. Selain akan memperindah halaman, bunga allamanda ini juga memiliki manfaat. Menurut wikipedia, bunga ini punya manfaat medis di antaranya untuk obat malaria dan pembengkakan limpa.

4. Bunga matahari.

sunflower

Foto: pixabay.com

Bunga dengan nama ilmiah Helianthus annuss ini sangat menawan karena bentuknya yang besar sehingga banyak disukai anak-anak. Bunga matahari atau dalam bahasa Jepang Himawari, merupakan tanaman yang memiliki ciri khas yaitu selalu menghadap ke arah matahari.

Penanaman bunga matahari dapat disesuaikan dengan tujuannya, di antaranya untuk diambil bijinya (kuaci), diambil ekstrak minyaknya, dan digunakan untuk tanaman hias. Kamu dapat menanam bunga matahari di halaman rumah yang mana akan menambah keceriaan di halamanmu.

5. Bunga melati.

bunga melati yang harum

Foto: pixabay.com

Melati merupakan bunga yang dikenal secara umum di Indonesia, termasuk bunga puspa bangsa. Bunga melati dapat ditanam dengan cara stek batang. Bunga ini dapat ditanam di pot ataupun langsung halaman, namun saat awal-awal alangkah baiknya ditanam di polybag terlebih dahulu.

Meskipun bunga melati terkenal akan hal mistis, namun tak bisa dipungkiri bahwa melati banyak sekali manfaatnya. Di antaranya untuk seduhan minuman (dicampur teh) dan juga dapat digunakan untuk perawatan atau kecantikan.

6. Bunga aster.

Aster

Foto: pikist.com

Bunga aster berasal dari Tiongkok, namun sekarang banyak dibudidayakan di Indonesia. Bunga ini banyak disukai karena bentunya yang indah berwarna-warni seperti bunga kertas.

Tinggi bunga aster antara 30-70cm sehingga cocok di tanaman di dekat rumah karena tanamannya yang tidak terlalu tinggi. Selain itu bunga ini dapat berbunga kapan saja tanpa menunggu musim tertentu. Bunga aster banyak digunakan untuk berbisnis florist. Selain itu bunga ini juga memiliki manfaat seperti dapat digunakan sebagai penangkal racun dan obat infeksi.

7. Bunga bougenvil.

bougenill bonsai

Foto: pixabay.com

Bunga bougenvil identik dengan warnanya yang beraneka macam karena proses penempelan dalam satu pohon. Bunga ini pasti akan memperindah eksterior rumah. Selain itu bunga ini juga memiliki manfaat yaitu dapat menyerap polusi udara. Hal ini dimanfaatkan oleh gubernur Anies dengan menanam bunga bougenvil di sepanjang Jalan Sudirman hingga Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat.

8. Bunga seruni atau krisan.

krisan putih

Foto: pixabay.com

Seruni merupakan salah satu bunga hias yang banyak ditanam di halaman rumah sebagai tanaman hias atau sebagai bunga petik. Seperti dikutip dari jawapos.com, bunga seruni memiliki beberapa manfaat, di antaranya untuk melindungi jantung, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan penglihatan, mengurangi masalah pernapasan, mengurangi peradangan, dan memperkuat tulang. Bunga ini dapat dikonsumsi dengan menjadikannya teh.

9. Bunga bakung (lili).

lili yang menawan

Foto: pxfuel.com

Tanaman dari bunga bakung ini dapat tumbuh dengan tinggi antara 60-180 cm. Daunnya berbentuk panjang dan berwarna hijau. Bunganya indah dengan tiga kelopak dan memiliki bau wangi. Bunganya identik karena memiliki corak bintik-bintik.

Tanaman ini mampu hidup dengan tanah yang memiliki pH asam seimbang. Bunga bakung selain sebagai tanaman hias juga bermanfaat untuk mengobati luka memar. Biasanya penggunaannya dengan cara ditumbuk lalu ditempelkan ke daerah yang memar.

Sekian referensi bunga yang bisa kamu gunakan untuk tanaman hias di halaman rumah. Bibit untuk menanamnya dapat dengan mudah ditemukan di pasaran dan toko sehingga memudahkan kamu dalam menanam. 

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

bunga mawar halaman rumah menanam rumah
Loading...
Creator Banner

Gak perlu khawatir, tulisan kamu bisa tetap
TERBACA DAN TRENDING di Brilio.net

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

ON FIRE

MORE
Back To Top