Brilio
×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Istimrora Raka

12 November 2019 13:15

8 Peristiwa terkenal dalam sejarah ini tak pernah benar-benar terjadi

Anggapan kita selama ini ternyata salah..

8 Peristiwa terkenal dalam sejarah ini tak pernah benar-benar terjadi

0



Sampai seseorang akhirnya membuat mesin waktu pun, sebagian besar sejarah yang pernah terjadi di muka Bumi ini akan tetap menjadi misteri bagi kita. Zaman lampau selalu dipenuhi dengan cerita-cerita gila yang membuat kita bertanya-tanya apa yang sebenarnya terjadi saat itu. Terkadang cerita yang disampaikan kepada kita ternyata terlalu dilebih-lebihkan atau bahkan kejadian sesungguhnya tidak seperti itu. Itulah mengapa kita tidak harus percaya semua yang kita ceritakan.

Berikut ini 10 cerita epik di masa lampau yang ternyata kenyataannya tidak sesuai yang diketahui banyak orang. Apa saja? Baca terus artikel ini.

1. Kuda Trojan tak pernah ada.

Kuda Troajn

Mitos: Setelah pengepungan 10 tahun atas Troy, orang-orang Yunani masih belum bisa menaklukkan kota tersebut. Mereka pun membangun kuda kayu berukuran besar, bersembunyi di dalamnya, dan berpura-pura berlayar sebelum meninggalkan kuda-kudaan tersebut sebagai piala kemenangan bagi Trojan. Tertarik, Trojan kemudian menarik kuda itu ke kota mereka. Di situlah orang-orang Yunani merayap keluar dan menghancurkan segalanya.

Loading...

Fakta: Bukti arkeologis menunjukkan bahwa Troy dibakar dan kuda kayunya mungkin hanya sebuah dongeng yang berasal dari Homer Odyssey.

2. “Great Chicago Fire” tidak disebabkan oleh sapi.

Great Chicago Fire's Cow

Mitos: The Great Chicago Fire yang mengamuk selama 2 hari pada tahun 1871 terjadi karena seekor sapi yang menabrak lentera malam seorang wanita bernama Catherine O'Leary yang sedang memerah susunya.

Fakta: Catherine O'Leary mengklaim bahwa dia tertidur pada saat api mulai menyala dan mengatakan dia tidak pernah memerah susu sapi di malam hari tetapi tidak ada yang pernah mempercayainya. Belakangan, beberapa wartawan mengakui bahwa mereka mengarang cerita.

3. 300 prajurit Sparta tidaklah “sendirian”.

300 Prajurit Sparta

Mitos: 300 Spartan melindungi Thermopylae dan berperang melawan puluhan ribu pasukan Persia selama 3 hari.

Fakta: Meskipun benar-benar ada 300 Spartan yang melindungi kota, tapi mereka didukung oleh setidaknya 4.000 sekutu. Mereka masih memiliki lebih sedikit orang daripada yang dimiliki tentara Persia, tetapi mereka memiliki peluang yang jauh lebih baik untuk menang.

4. Apel tidak benar-benar jatuh ke kepala Newton.

Newton dan Apel

Mitos: Isaac Newton sedang duduk di bawah pohon apel. Kemudian teori gravitasi muncul ketika sebuah apel jatuh di atas kepalanya.

Fakta: Apel memang membantu Newton sedikit, tetapi tidak sebanyak yang diceritakan mitos. Setelah Newton meninggalkan Cambridge, dia kembali ke rumah dan terus mengerjakan masalah yang dia kejar selama di universitas di mana dia berpendapat bahwa gravitasi memengaruhi jarak yang sangat jauh. Di kebun milik ibunya, ia melihat apel jatuh dari pohon, lalu ia menghabiskan beberapa tahun mengerjakan matematika untuk mendapatkan formula gravitasi.

5. Tubuh Walt Disney tidak dibekukan secara Kriogenik.

Walt Disney

Mitos: Setelah animator paling terkenal di dunia, Walt Disney meninggal, tubuhnya dibekukan secara kriogenik untuk memberi orang waktu untuk mengembangkan teknologi canggih yang memungkinkan untuk menghidupkan kembali orang mati.

Fakta: Ini tidak benar. Seperti yang telah dikonfirmasi oleh putri Disney, Diane, pada kenyataannya Walt Disney dikremasi.

6. Kaisar Nero tidak bermain biola saat Roma terbakar.

kaisar Nero

Mitos: Kaisar Romawi, Nero membakar Roma dan memainkan biola saat sedang menyaksikan kotanya terbakar.

Fakta: Meskipun para ilmuwan masih belum bisa menyetujui apa yang sebenarnya terjadi, sebagian besar sejarawan berpikir bahwa Nero tidak ada hubungannya dengan “The Great Fire”. Dia pergi ketika kebakaran mulai terjadi dan ketika dia mendengar tentang hal itu, dia kembali untuk berkoordinasi dengan petugas pemadam kebakaran dan membuka kebunnya untuk memberikan perlindungan bagi orang-orang yang rumahnya hancur.

7. Pocahontas dan John Smith tidak punya cerita cinta.

Pocahontas dan John Smith

Mitos: Ada kisah cinta yang indah antara seorang gadis asli Amerika bernama Pocahontas dan seorang penjajah Inggris bernama John Smith.

Fakta: Pada saat Pocahontas (yang nama aslinya Matoaka) dan John Smith bertemu, dia baru berusia 11 tahun dan John Smith berusia 27 tahun. Tidak ada kisah cinta di antara mereka. Namun, mereka benar-benar bertemu ketika dia ditangkap dan mereka menghabiskan sedikit waktu bersama saling mengajar bahasa masing-masing.

8. Albert Einstein tidak pernah gagal dalam matematika.

Albert Einstein dan Matematika

Mitos: Albert Einstein, seorang jenius dan pemenang hadiah Nobel dalam bidang Fisika, pernah gagal dalam pelajaran matematika di sekolah.

Fakta: Einstein hebat dalam matematika dan pada usia 15 ia sudah menguasai kalkulus diferensial dan integral. Rumornya berasal dari nilai yang diterimanya saat belajar di Swiss di mana dia mendapat nilai “1”. Pada skala dari 1 hingga 6 ini sebenarnya adalah nilai terbaik. Namun, tak lama setelah itu sistem itu benar-benar berubah dan "6" menjadi tanda nilai terbaik. Jadilah karena nilai “1” yang salah tafsir itu, Einstein pernah dikatakan gagal dalam matematika.

Source

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

mitos fakta sejarah penting terkenal
Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Astro-Lo-Gue Ep. 7 - Patah Hati Zodiak Libra, Scorpio, Sagitarius, Capricorn, Aquarius & Pisces! Buat Sobat Brilio yang menunggu-nunggu, Astro-Lo-Gue balik lagi nih! Masih bareng Aby Respati yang bakalan ngelanjutin penjelasan mengenai hal-hal apa ...

ON FIRE

MORE
Back To Top