×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Hans Andre Martinus Supit

24 Maret 2020 10:03

8 Manfaat perencanaan keuangan bagi bisnis dan pribadi

Kamu dapat mencapai tujuan masa depanmu dengan menggunakan perencanaan keuangan pribadi dan bisnis..

8 Manfaat perencanaan keuangan bagi bisnis dan pribadi

0



Masa depan sangat tidak terduga. Tak peduli seberapa keras usahamu, terkadang kondisi bisnis dapat berubah fluktuatif dalam waktu sekejap. Masing-masing orang mungkin memiliki tujuan dan target yang ingin dicapai, namun tujuan tersebut tidak akan bisa dicapai tanpa adanya perencanaan keuangan yang solid.

Lalu, apa itu perencanaan keuangan? Perencanaan keuangan merupakan strategi untuk mencapai tujuan hidupmu dengan manajemen keuangan yang cermat. Hal ini penting untuk membentuk dan melindungi masa depan yang lebih baik.

Jika ingin sukses mengembangkan bisnis, perencanaan keuangan harus menjadi bahan pertimbangan. Berikut adalah pentingnya perencanaan keuangan untuk masa depan bisnismu.

1. Pertumbuhan penghasilan.

Perencanaan keuangan membantu agar kamu mampu memantau sumber penghasilan dengan lebih baik. Hal ini membuatmu lebih mudah fokus meningkatkan nilai aset dan memanfaatkan keuangan pada saat yang tepat.

Loading...

Dengan perencanaan keuangan yang akurat, kamu bisa mengambil posisi terdepan untuk mengendalikan semua aspek penghasilan sehingga mampu membangun keuangan yang solid dalam tujuan bisnis maupun personal.

2. Pertumbuhan arus kas.

Penghasilan yang terus tumbuh secara alami mengarah pada arus kas. Perencanaan keuangan diperlukan untuk kegiatan sehari-hari dari bisnis dan mengelola pengeluaran.

Dengan analisa yang cermat terhadap pola anggaran belanja kamu, maka akan lebih mudah mengidentifikasi kegiatan dan tanggung jawab yang perlu diperhatikan. Prioritas pengeluaran seperti itu dapat secara signifikan membantu memantau arus kas kamu, mengurangi pengeluaran yang tak perlu dan membangun modal yang lebih terstruktur.

3. Melindungi masa depan keluarga.

Dalam perencanaan keuangan juga mencakup masa depan yang aman dan terjamin bagi keluargamu. Tabungan yang dihasilkan dari perencanaan keuangan secara hati-hati akan menjadi aset berharga di masa depan, terutama ketika menghadapi masa-masa sulit.

4. Investasi.

Rencana keuangan yang baik sudah seharusnya meliputi kehidupan pribadi, pilihan risiko, dan tujuan masa depan. Hal ini digunakan untuk memilih investasi yang tepat sesuai kebutuhan, tujuan dan kepribadian kamu.

Perencanaan keuangan membantumu merencanakan dan menciptakan aset keuangan untuk masa depan.

5. Menciptakan aset.

Memiliki aset memberikan rasa nyaman dan ketenangan pikiran. Sangat penting untuk memahami nilai sebenarnya dari suatu aset. Perencanaan keuangan memberimu wawasan tentang menciptakan aset dan memastikan aset tak menjadi beban bagi kamu di tahun–tahun mendatang dalam hidupmu.

6. Mempersiapkan inflasi.

Inflasi dituding sebagai faktor terbesar yang menghancurkan daya beli. Selama beberapa dekade terakhir, telah terjadi penurunan drastis dalam nilai uang. Dan ke depannya diprediksi akan semakin tajam lagi. Maka dari itu, sangat penting merencanakan keuangan kamu demi masa depan yang aman dan lebih baik.

Dengan perencanaan keuangan yang akurat, kamu lebih siap menghadapi kenaikan inflasi di tahun-tahun mendatang dan strategi apa yang harus diambil, seiring bertambahnya usia.

7. Meraih tujuan jangka panjang. 

Kebanyakan orang memiliki tujuan jangka panjang dalam kehidupan yang sama. Misalnya seperti membeli rumah, membeli mobil, membiayai pendidikan anak dan melangsungkan pernikahan untuk buah hati ketika mereka sudah dewasa.

Tak dapat dipungkiri, tujuan-tujuan tersebut memang sangat penting untuk dicapai. Perencanaan keuangan membantumu menyusun rencana yang akurat untuk mencapai tujuan kamu dalam jangka waktu tertentu dengan mempersiapkan segala resiko yang dapat diambil untuk memperoleh hasil yang paling mendekati dengan tujuan jangka panjang.

8. Menikmati pensiun.

Seiring dengan memenuhi tanggung jawab keluarga dan karier kamu, perhatikan pula rencana keuanganmu setelah masa pensiun. Perencanaan keuangan membantu kamu menghasilkan uang yang cukup untuk menikmati masa pensiun yang bahagia.

Kebutuhan setelah pensiun akan meningkat sesuai dengan tingkat inflasi. Tabungan atau investasi yang salah bagi pensiun akan memengaruhi imbal hasil ke depan. Yang perlu kamu lakukan hanyalah merencanakan keuangan hari ini demi hari esok yang lebih cerah.

Sederhananya, jika kamu ingin membangun kehidupan dan masa depan yang lebih baik, mulailah perencanaan keuanganmu sekarang juga.

Source

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

perencanaan keuangan bisnis pensiun keuangan masa depan
Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

ON FIRE

MORE
Back To Top