×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Maulana Nurushobry

06 April 2020 12:25

8 Kuliner khas Labuan Bajo ini tak boleh kamu lewatkan

Sajian kulinernya sangat menggugah selera..

8 Kuliner khas Labuan Bajo ini tak boleh kamu lewatkan

0



Foto: https://twitter.com/okezonenews/status/734699171811188736/photo/1

Labuan Bajo sebagai salah satu dari 10 destinasi wisata Bali Baru yang dicanangkan oleh Pemerintah Republik Indonesia. Labuan Bajo tentu menyimpan kekayaan alam dan ragam budaya yang luar biasa sebagai warisan dari leluhur bangsa. Di balik keelokannya juga ada hal lain yang tak boleh dilewatkan saat berkunjung ke sana, yaitu wisata kulinernya. Kuliner di labuan Bajo tak bisa dilepaskan dari kondisi alamnya yang indah, warisan leluhur budaya, dan adat masyarakat Flores, Nusa Tenggara Timur.

Berikut ini beberapa kuliner khas Labuan Bajo yang wajib kamu cicipi saat bertandang ke sana.

1. Kolo.

Kolo

Foto: https://twitter.com/AstraHondaCare/status/1012923715594719232/photo/1

Loading...

Nasi Kolo atau Kolo merupakan nasi bakar Labuan Bajo yang sangat istimewa. Sebelum dibakar nasi dibungkus dengan daun pisang kemudian diletakkan di dalam bambu yang sebelumnya diberi bumbu khas Laboan Bajo. Pembakarannya pun dengan cara yang juga khas masyarakat Flores.

2. Jagung bose.

Jagung Bose

Foto: https://twitter.com/AstraHondaCare/status/1012969054913679360/photo/1

Inilah sajian tradisional khas Labuan Bajo. Jagung bose merupakan bubur jagung yang dicampur dengan olahan ikan bakar dan daging se'i, cocok dinikmati di pagi hari serta cocok sebagai pengganti nasi. Santan yang terdapat pada sajianya menjadikan jagung bose terasa gurih.

3. Rumpu Rampe.

Rumpu Rampe

Foto: https://twitter.com/okezonenews/status/872339895292964864/photo/1

Tumisan bunga pepaya, rumpu rampe ala Labuan Bajo tidak hanya berbahan dasar dari bunga pepaya. Tumisan satu ini dilengkapi dengan daun singkong, jantung pisang, dan rumput laut. Rasa gurih dan pedasnya sangat menggugah selera.

4. Sup ikan kuah asam.

Sup Ikan Kuah Asam

Foto: https://twitter.com/RahmatHydayanto/status/649132394289590272/photo/1

Kurang afdol jika mencicipi sajian kuliner yang satu ini. Sup ikan kuah asam merupakan sup kuah yang berbahan dasar potongan ikan dengan kuahnya yang kuning dan bening. Rasa sup ini memang asam dan gurih, namun yang mejadi ciri khasnya adalah belimbing wuluh di sajiannya sehingga juga terasa segar.

5. Se'i (daging asap).

Se'i Daging Asap

Foto: https://twitter.com/feyfeyfelice/status/1181836391790956544/photo/1

Jika di beberapa daerah terdapat sate atau ikan yang diasap, di Labuan Bajo terkenal dengan makanan yang disebut Se'i. Se'i merupakan sajian kuliner berbahan dasar daging yang dipotong tipis dan diasapi dengan alat yang khas. Bahan dasar daginya bisa dari daging sapi, kambing, ayam, babi, serta ikan.

6. Catemak jagung.

Catemak Jagung

Foto: https://twitter.com/tehbotolsosroID/status/734368252613169152/photo/1

Merupakan salah satu sajian kuliner yang bisa kita temukan di Labuan  bajo. Kuliner yang satu ini berbahan dasar jagung, kacang tanah, kacang ijo, daun ubi, pepaya dan jantung pisang yang direbus. Kuliner yang satu ini memiliki rasa asin namun segar.

7. Roti kompiang.

Roti Kompiang

Foto: https://twitter.com/adventure_super/status/976277312508325888/photo/1

Masyarakat Flores terkadang menyebut kuliner satu ini Kompiang Longa merupakan roti yang mirip dengan onde-onde karena taburan wijennya. Roti terbuat dari adonan tepung terigu dan susu yang dibentuk bulat kemudian dioven. Roti ini lebih cocok jika dinikmati dengan kopi di pagi hari.

Harga roti kompiang ini sangat terjangkau dan mudah ditemukan di Labuan Bajo. Roti ini cocok juga dijadikan oleh-oleh karena mampu bertahan tiga harian, dan jika disimpan di dalam kulkas bisa satu minggu.

8. Camilan rebok.

Camilan Rebok

Foto: https://twitter.com/okezonenews/status/875921013145350145/photo/1

Camilan tradisional Flores yang juga bisa dinikmati di Labuan Bajo adalah Rebok yang berbentuk seperti bubuk. Berbahan dasar dari kelapa yang diparut dan tepung beras yang kemudian disangrai hingga berwarna kecokelatan. Untuk rasanya sangat gurih mirip dengan biskuit.

Nah, sangat menarik dan menggugah selera, kan. Tentu sangat disayangkan jika kamu melewatkan sajian kuliner khas Labuan Bajo.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

#kuliner wisatakuliner #kulinerkhaslabuanbajo #labuanbajo labuan bajo
Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya


ON FIRE

MORE
Back To Top