×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
valencia levina

10 Januari 2022 14:15

8 Kandungan skincare ini mampu atasi jerawat, bikin kulit makin cerah

Tidak hanya mengatasi jerawat, kandungan di dalam skincare ini juga mampu mencerahkan kulit..

8 Kandungan skincare ini mampu atasi jerawat, bikin kulit makin cerah

0



Kesehatan kulit adalah sesuatu yang melekat di dalam diri seseorang. Untuk mempertahankan kesehatan kulit tentunya kamu harus merawatnya secara rutin. Gak hanya merawat dengan treatment ke dokter kecantikan, tapi kamu juga perlu merawatnya menggunakan produk-produk skincare.

Masalah kulit yang paling banyak dialami oleh beberapa atau sebagian orang ialah kulit berjerawat. Untuk mengobati kulit berjerawat membutuhkan waktu yang terbilang lama dan tidaklah mudah, bukan?

Sebelum membeli produk skincare, kamu perlu cari tahu dulu kandungan skincare apa saja yang ampuh mengatasi kulit berjerawat. Yuk, simak penjelasannya!

1. Salicylic acid.

Salicylic Acid

Untuk mengatasi kulit berjerawat kamu bisa menggunakan produk skincare yang mengandung salicylic acid. Salicylic acid atau asam salisilat adalah kandungan skincare bersifat asam yang merupakan golongan skincare sejenis AHA dan BHA. Produk skincare yang mengandung salicylic acid bermanfaat untuk mengatasi kulit kemerahan, mencegah dan mengurangi peradangan kulit, mencegah penyumbatan pori-pori kulit, dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati serta produksi minyak berlebih, mengatasi kulit berjerawat, meratakan tekstur kulit, dan membuat kulit menjadi lebih lembut. Salicylic acid juga bermanfaat untuk membantu menyembuhkan luka.

Loading...

Jika salicylic acid digunakan secara teratur, maka kulitmu akan terlihat lebih bersih dan cerah. Skincare yang mengandung salicylic acid bisa menyebabkan kulit kering dan iritasi jika dipakai secara berlebihan. Menurut aturan BPOM, kadar salicylic acid yang diperbolehkan sekitar 2%. Salicylic acid yang berjenis eksfoliasi sebaiknya digunakan setiap tiga hari sekali di waktu malam.

2. Alpha arbutin.

Alpha Arbutin

Selanjutnya, kamu juga bisa menggunakan produk skincare yang mengandung alpha arbutin untuk mengatasi kulit berjerawat dan menghilangkan bekas jerawat. Alpha Arbutin merupakan kandungan skincare pengganti hydroquinon yang aman digunakan. Jadi gak berbahaya bagi kesehatan kulit maupun kesehatan tubuhmu.

Manfaat utama alpha arbutin bagi kulit sebenarnya untuk mencerahkan dan meratakan warna kulit yang banyak ditemukan di produk-produk skincare, seperti moisturizer dan body lotion yang memiliki klaim "whitening" atau 'brightening”. Apha Arbutin memiliki senyawa yang berfungsi untuk mengurangi jumlah sel melanin pada kulit. Semakin berkurang  jumlah sel melanin pada kulit, semakin cerah kulit yang kalian miliki. Sel melanin sendiri adalah senyawa yang berfungsi sebagai pigmen yang merupakan turunan dari asam amino tirosina. Produk skincare yang mengandung alpha arbutin juga bisa kamu gunakan untuk mencegah dan mengatasi tanda-tanda penuaan dini, melembutkan kulit, serta melembapkan kulit.

3. Benzoyl peroxide.

Benzoyl Peroxide

Kulit berjerawat juga perlu dirawat dengan rutin menggunakan obat jerawat. Kamu bisa menggunakan produk skincare yang mengandung benzoyl peroxide sebagai obat jerawat. Benzoyl peroxide bukan hanya sekadar obat jerawat, melainkan termasuk antiseptik yang dapat digunakan untuk memberantas bakteri penyebab timbulnya jerawat dan bekas jerawat.

Gak cuman ampuh mengatasi kulit berjerawat dan bekas jerawat saja, benzoyl peroxide juga bermanfaat untuk membantu mengatasi permasalahan kulit lainnya, seperti flek hitam, pori-pori besar, bekas luka, dan blackhead maupun whitehead.

Jika kamu pemilik kulit sensitif atau ada alergi obat tertentu, benzoyl peroxide dapat menimbulkan efek kulit terbakar, kulit menjadi kemerah-merahan, kulit terkelupas, iritasi berlebihan, gatal-gatal, hingga terjadi pembengkakan kulit. Produk skincare yang mengandung benzoyl peroxide sebaiknya dihindari oleh ibu hamil dan menyusui, atau sedang menjalankan program kehamilan. 

4. Azelaic acid.

Azelaic Acid

Bagi para ibu hamil dan menyusui, atau sedang menjalankan program kehamilan yang memiliki masalah kulit berjerawat dan sensitif, kamu bisa menggunakan produk skincare yang mengandung azelaic acid. Azelaic acid mengandung antimikroba dan antiinflamasi yang bermanfaat untuk mengatasi kulit berjerawat, menenangkan kulit sensitif, menghilangkan bekas jerawat, mengurangi komedo, mencegah dan mengurangi produksi minyak berlebih, memperbaiki tekstur kulit yang kasar, mencerahkan kulit, dan mengobati jerawat yang sedang meradang.

5. Retinol.

Retinol

Umumnya skincare yang mengandung retinol digunakan untuk mencegah dan mengatasi tanda-tanda penuaan dini. Ternyata retinol juga bisa kamu gunakan untuk mengatasi kulit berjerawat. Retinol mengandung senyawa aktif berupa vitamin A.

Kandungan retinol pada produk skincare bekerja dengan cara menyerap produksi kolagen dan memperbarui sel-sel kulit baru yang bermanfaat untuk mengatasi dan mengobati kulit berjerawat, mengurangi produksi minyak berlebih pada kulit, mencegah dan mengatasi peradangan kulit, membantu mengurangi dan memudarkan flek hitam, mencegah kulit keriput, memudarkan garis-garis halus pada kulit, menjaga elastisitas kulit agar tetap kenyal dan kencang, membuat kulitmu menjadi tampak lebih cerah, hingga membantu mengobati milia. Penggunaan retinol sebaiknya dihindari oleh ibu hamil dan menyusui, atau sedang menjalankan program kehamilan.

6. Niacinamide.

Niacinamide

Niacinamide menjadi salah satu kandungan skincare yang dapat mengatasi kulit berjerawat ataupun mencegah timbulnya jerawat. Niacinamide mengandung vitamin B3 yang dapat meningkatkan protein berupa filaggrin, keratin, dan involinvol untuk melindungi skin barrier (kulit lapisan luar) dari paparan radikal bekas, perubahan iklim dan cuaca, serta penggunaan AC yang berlebihan sehingga kulit kalian menjadi lebih sensitif dan mudah iritasi. Skincare yang mengandung Niacinamide juga dapat mengurangi jumlah produksi minyak berlebih, bermanfaat untuk melembapkan semua jenis kulit (khususnya kulit kering), meremajakan kulit, mencegah dan mengatasi terjadinya tanda-tanda penuan dini, mencerahkan kulit, dan mencegah kotoran serta pori-pori tersumbat penyebab timbulnya jerawat dan komedo.

7. Ceramide.

Ceramide

Kandungan ceramide banyak dipergunakan pada produk-produk skincare lokal maupun tren skincare korea. Ceramide adalah jenis senyawa alami yang terdapat pada sel kulit lapisan luar dalam bentuk air. Kulit kamu tentunya perlu perawatan dan perlindungan agar jumlah sel ceramide pada kulit gak semakin menipis. Oleh karena itu, kulit kamu harus dirawat secara rutin dengan menggunakan produk skincare yang mengandung ceramide.

Skincare dengan kandungan ceramide dipercaya dapat mengunci kelembapan kulit sehingga kulitmu menjadi lebih lembap dan cerah. Selain itu, ceramide juga bermanfaat untuk mencegah bakteri dan kotoran masuk ke dalam pori-pori kulit penyebab timbulnya jerawat, membantu mencegah dan mengatasi tanda-tanda penuaan dini, memperkuat fungsi pelindung kulit, memperbaiki kerusakan skin barrier, dan dapat membantu mengatasi penyakit eksim.

8. Centella Asiatica.

Centella Asiatica

Centella asiatica merupakan kandungan skincare yang berasal dari tanaman bernama daun pegagan. Kandungan centella asiatica cukup banyak ditemukan di produk-produk skincare khas Korea. Produk skincare yang mengandung centella asiatica ampuh mengatasi kulit berjerawat dan sensitif. Di dalam centella asiatica terkandung zat flavonoid dan madecassoside yang bermanfaat untuk mencerahkan kulit, meratakan warna kulit, mencegah dan mengatasi peradangan kulit, mengurangi kemerahan pada kulit, meningkatkan produksi kolagen sehingga kulit menjadi lebih kenyal dan kencang, mencegah dan mengatasi tanda-tanda penuaan dini, melindungi kulit dari paparan radikal bebas, serta melembapkan sekaligus menghaluskan kulit. Centella asiatica juga membantu mempercepat penyembuhan luka dan menyamarkan bekas luka.

Jangan lupa gunakan produk tabir surya di tahap akhir skincare rutin kamu agar tidak memperparah kondisi kulit yang sedang berjerawat sekaligus melindungi kulitmu dari sinar UVA dan UVB saat beraktivitas di dalam maupun di luar ruangan.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

skincare jerawat tips mengatasi jerawat cara menghilangkan jerawat kulit berjerawat
Loading...
Creator Banner

Gak perlu khawatir, tulisan kamu bisa tetap
TERBACA DAN TRENDING di Brilio.net

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

ON FIRE

MORE
Back To Top