×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Alya Putri Herdinanti

24 Maret 2020 12:05

8 Cara untuk mengatasi kebosanan di rumah saat social distancing

Banyak kegiatan bermanfaat yang dapat kamu lakukan di rumah selama masa social distancing..

8 Cara untuk mengatasi kebosanan di rumah saat social distancing

0



Wabah COVID-19 kini sudah menyebar luas hampir ke seluruh wilayah Indonesia. Saking luasnya penyebaran COVID-19, membuat kasus ini kian bertambah. Pemerintah pun memutuskan agar masyarakat melakukan social distancing, yaitu menjaga jarak dari hubungan orang dan menghindari dari kerumunan orang atau membuat acara atau event kumpul-kumpul orang.

Pemerintah sudah menyarankan masyarakat untuk berdiam diri di rumah, termasuk menyarankan semua murid dan mahasiswa untuk belajar atau kuliah online di rumah. Tidak hanya murid atau mahasiswa saja yang melakukan sistem belajar online, karyawan kerja kantoran juga turut disarankan kerja di rumah alias Work From Home.

Meski sudah melakukan kebijakan social distancing, tetap saja beberapa orang malah ada yang pergi ke luar kota seperti ke Puncak atau ke pantai yang baru-baru ini viral. Pantai tersebut dipenuhi oleh wisatawan meskipun sudah diperingati untuk berdiam diri di rumah. Sebagian masyarakat pun menyarankan Pemerintah untuk melakukan lockdown seperti di luar negara lain yang sudah menetapkannya agar lebih baik dalam mencegah persebaran virus Corona dan mengisolasi beberapa kota maupun negaranya.

Nah, biar kamu nggak gabut alias rebahan doang di rumah, beberapa kegiatan ini bisa kamu lakukan untuk mengatasi rasa bosan di rumah saat social distancing.

1. Membaca buku.

Loading...

Membaca buku adalah salah satu hobi atau kebiasaan yang sering dilakukan oleh banyak orang. Manfaat membaca buku ini sangat penting dan dapat menambah wawasan ilmu dan juga menghapus rasa bosan.

Kalau kamu bingung mau ngapain, mending baca buku saja, baik novel, komik, atau majalah bisa kamu baca sepuasnya. Jika kamu tidak ada buku di rumah, juga bisa baca buku di e-book. Kamu juga bisa men-download e-book pilihanmu dan membacanya kapan saja.

2. Mengasah kemampuan.

Di saat ini kamu pun bisa mengasah skill dan kemampuanmu, seperti menggambar, menulis, menjahit, memasak, atau membuat kerajinan. Kamu bisa mengasah skill di rumah dengan menyenangkan, termasuk bagi kamu yang ingin mencoba hobi baru. Cara ini ampuh mengusir kejenuhan dan rasa bosan saat berada di rumah. Skill ini bisa jadi akan berguna saat kamu melakukan interview kerja nantinya.

3. Mengikuti kuliah atau belajar online.

Semenjak Pemerintah menyarankan untuk belajar di rumah, sekolah atau kampus memutuskan untuk belajar jarak jauh atau melakukan kelas online. Cara ini paling mudah bagi murid atau mahasiswa untuk belajar dan mendapat ilmu dari guru ataupun dosen. Bisanya kelas online ini bisa lewat beberapa situs web, yang paling sering digunakan adalah Google Classroom.

Ngapain saja sih di kelas online? Selama kelas online para guru dan dosen memberi materi PDF ke murid/mahasiswanya dan juga memberi tugas yang harus dikerjakan di rumah.

4. Mengerjakan tugas.

Seperti yang sudah dijelaskan, meski di rumah kamu harus tetap belajar dan mengerjakan tugas yang sudah diberikan. Jika waktumu masih ada dan nggak ngapa-ngapain, coba langsung kerjakan beberapa tugas yang belum dikerjakan atau baru diberikan. Sehingga sebelum deadline kamu bisa segera mengirim dokumen tugas itu.

Menurut saya, menyerahkan tugas sama saja dengan mengisi absen dan dapat nilai. Jika tidak dilakukan maka dianggap nggak hadir di kelas online dan nilai tugasnya kosong.

5. Menjaga kesehatan.

Istirahat sangat penting untuk kesehatan. Karena beristirahat seperti tidur dapat berguna untuk menjaga kesehatan dan menghindar dari penyakit. Kurangi bermain media sosial atau game yang terlalu berlebihan agar tidak terjadi gangguan pada penglihatan. Selain tidur, kamu harus makan dengan makanan yang bergizi seimbang dan lakukan olahraga teratur.

7. Olahraga ringan.

Sudah dikatakan sebelumnya jika olahraga juga bisa dilakukan saat di rumah, seperti push up, sit up, ataupun meditasi. Apalagi jika kamu punya alat olahraga atau punya ruang gym kecil, olahragamu tentu bisa makin maksimal.

Olahraga penting bagi kesehatan tubuh agar kembali bugar sehingga tubuh dapat terhindar dari penyakit dan mencegah virus Corona. Olahraga dan istirahat yang cukup agar kondisi kesehatanmu membaik. 

8. Membersihkan rumah.

Beres-beres rumah adalah salah satu aktivitas paling penting untuk membersihkan kotoran yang tidak sehat guna menghindari penyakit. Biasakan memakai masker atau sarung tangan saat membersihkan kotoran di rumah yang mengandung debu atau bau. Maka seluruh rumahmu menjadi bersih dan kamu pun dapat hidup lebih sehat.

Yuk, biasakan melakukan aktivitas positif di rumah. Banyak kegiatan bermanfaat yang dapat kamu lakukan di rumah selama masa social distancing. Tetap jaga kesehatan dengan mencuci tangan pakai sabun atau hand sanitizer dan makanlah makanan yang bergizi guna menghindari virus Corona.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

Aktivitas Rumah Social Distancing Covid-19
Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

ON FIRE

MORE
Back To Top