Brilio
×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Miftahud Daroini

11 Januari 2019 16:04

7 Trik hasilkan foto kece dengan benda sederhana yang murah meriah

Trik ini berguna untuk menutupi kekurangan fitur pada kamera smartphone.

7 Trik hasilkan foto kece dengan benda sederhana yang murah meriah

0



Kalau selama ini kamu mikirnya harus punya kamera DSLR atau Mirrorless untuk mendapatkan foto yang bagus, itu pemikiran yang keliru. Soalnya dengan kamera smartphone aja kamu juga bisa menghasilkan jepretan yang memukau. Hal ini tak lepas dari perkembangan teknologi kamera smartphone saat ini.

Hasil jepretan dari kamera smartphone saat ini bisa disandingkan dengan kamera profesional kok. Kualitas gambarnya pun tak mengecewakan. Meski begitu memang ada beberapa fitur yang tidak tersedia pada kamera smartphone.

Eits, jangan jadikan itu sebagai halangan dong ya. Soalnya ada trik untuk mengakali kekurangan pada kamera smartphone-mu kok. Bahkan beberapa caranya bisa menggunakan benda-benda yang sederhana yang murah meriah. Benda tersebut bisa membantu mendapatkan hasil jepretan yang kece. Nah, berikut ini trik hasilkan foto memukau dengan benda sederhana yang mudah ditemukan.

1. Pakai aluminium foil buat lighting.

Pengaturan pencahayaan sangat penting saat memotret. Oleh sebab itu reflektor kerap digunakan pada pemotretan indoor (memotret dekat jendela) atau di luar ruangan untuk memantulkan cahaya ke arah subjek sehingga menerangi area shadow. Reflektor memiliki variasi warna, yaitu putih, silver, dan emas. Reflektor yang memilliki permukaan putih dapat juga berfungsi sebagai diffuser untuk melembutkan cahaya yang kuat.

Nah, kamu juga bisa membuat reflektor sendiri dengan menggunakan aluminium foil lho. Caranya, sangat mudah. Cukup letakkan aluminium foil di dekat objek yang hendak difoto.

 

2. Bikin efek polarisasi pakai kacamata.

Selain digunakan untuk bergaya di depan kamera, kacamata juga bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan efek tertentu saat memotret. Bermodal kacamata dan kamera smartphone, kamu bisa menghasilkan foto menarik dengan efek polarisasi.

Caranya mudah saja, arahkan kacamata ke objek yang ingin difoto. Lalu arahkan kamera smartphone di balik kacamata ke objek yang diinginkan. Dengan trik ini kamu bisa mendapat foto dengan efek polarisasi yang dramatis. Untuk mendapatkan hasil yang kece, gunakan trik untuk memotret langit atau pemandangan.

 

3. Penghapus karet bikin jernih kamera.

Tak bisa disangkal, saat ini kamera smartphone bisa menghasilkan foto keren macam memotret dengan kamera DSLR. Sayangnya, karena smartphone sering digenggam di sembarang tempat bisa membuat kameranya kotor oleh debu.

Nah, untuk mendapatkan hasil jepretan yang semakin jernih kamu bisa membersihkan kamera smartphone-mu dengan cara menghapus lensa menggunakan penghapus karet lho. Penghapus karet bisa membantu kamera smartphone mendapatkan hasil jepretan yang lebih bersih dan cerah.

 

4. Bikin efek foto makro pakai lensa tambahan dari senter saku.

Efek foto makro biasanya didapatkan dengan menggunakan bantuan lensa khusus. Ketimbang beli lensa kamu bisa memanfaatkan lensa dari senter saku yang tak terpakai untuk menghasilkan foto dengan efek makro lho.

Caranya, kaitkan lensa senter saku ke penjepit rambut lalu lekatkan penjepit dengan selotip ke arah yang pas. Pastikan arahnya pas dan sesuai dengan lubang kamera smartphone.

 

5. Tisu.

Kamera HP biasanya menggunakan nada netral seperti warna kulit sebagai referensi kalibrasi warna atau white balance. Jika kulitmu terlihat terlalu terang, kamera HP akan membuat warna kulitmu semakin pucat.

Nah, hanya dengan tisu kamu bisa membuat fotomu tampak lebih natural apapun kondisi pencahayaannya. Tisu dengan warna putih ternyata bisa memberikan referensi warna yang lebih baik. Warna akan terlihat hampir sama dengan kenyataannya.

Caranya cukup gampang, kamu tinggal menaruh tisu di area yang dekat dengan wajahmu. Klik tombol kamera dan lihat warna wajahmu tampak lebih natural.

 

6. Tetesan air untuk foto makro.

Trik simpel lainnya demi mendapatkan hasil foto makro yang menakjubkan adalah dengan menggunakan air. Cukup sediakan segelas air dan sedotan, kemudian ambil setetes air dengan sedotan lalu teteskan di atas lensa kamera smartphone-mu. Pastikan tetap berhati-hati ketika meneteskan setetes air ke smartphone, lakukan secara perlahan agar air tidak merembes ke lain tempat dan merusak hp.

 

7. Manfaatkan gelas bening untuk foto underwater.

Untuk foto underwater kini tak perlu membeli casing khusus yang harganya mahal. Cara mengakalinya sangat mudah, yakni dengan menggunakan gelas bening yang ada.

Pertama, celupkan setengah gelas terlebih dahulu ke dalam air. Usahakan jangan sampai ujung gelas menyentuh batas air. Masukkan fotomu dengan posisi terbalik, lalu foto objek yang berada di dalam air. Cara yang satu ini memang cukup berisiko, oleh karena itu pastikan kamu melakukannya dengan tenang dan penuh dengan kehati-hatian.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

tips tips fotografi fotografi smartphone #diy
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Mbah Ujang, Pemulung Kuasai Berbagai Bahasa Mbah Ujang menarik perhatian banyak orang. Bukan lantaran profesinya sebagai pemulung. Tapi, lantaran kemampuannya berbagai bahasa. Dia punya cerita ...

ON FIRE

MORE
Back To Top