×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Nor Rahmat S

30 Oktober 2020 16:48

7 Makanan khas Jawa Timur ini unik, enak, dan mudah dibuat

Kamu patut mencicipi berbagai makanan khas ini saat berkunjung ke Jawa Timur. .

7 Makanan khas Jawa Timur ini unik, enak, dan mudah dibuat

0



Ibu kota Jawa Timur yaitu Kota Surabaya. Provinsi Jawa Timur memiliki beberapa  kabupaten dan kota. Tidak dipungkiri bahwa setiap daerah memiliki ciri khas masing-masing. Seperti makanan, bahasa yang digunakan sehari-hari, dan adat istiadatnya.

Mungkin mayoritas penduduk Indonesia, khususnya Jawa Timur tidak asing dengan beberapa makanan tetapi tidak mengetahui asal usul daerah makanan tersebut. Berikut adalah makanan khas Jawa Timur dan penjelasannya. 

1. Rawon. 

Makanan khas pertama di sini adalah Rawon. Rawon berasal dari Kota Surabaya. Makanan ini memiliki ciri khas yang sangat unik karena kuahnya berwarna hitam.

Warna hitam pada kuahnya berasal dari kluwek. Rawon juga disajikan dengan nasi putih hangat dan kecambah yang masih mentah sehingga saat disantap memiliki sensasi kriuk karena renyahnya kecambah tersebut.

Loading...

Cara memasaknya juga sangat mudah. Langkah pertama siapkan daging sapi lalu dipotong kecil-kecil dan bagian daging yang diambil berada di bagian dada bawah hingga ketiak (Sandung Lamur).

Bumbu yang dipakai menggunakan rempah-rempah khas Indonesia seperti campuran bawang merah, bawang putih, lengkuas laos), ketumbar, kemiri, serai, kunir, cabai, kluwek, garam, serta minyak nabati.

Langkah selanjutnya,  semua bahan yang dihaluskan, lalu ditumis sampai harum. Campuran bumbu yang disebutkan kemudian dimasukkan di dalam kaldu rebusan daging bersamaan dengan daging.

7 Makanan khas Jawa Timur ini unik, enak, dan mudah dibuat

Foto: pinterest

2. Soto. 

Siapa yang tidak mengenal salah satu makanan ini. Biasanya dimakan bersama kerupuk dengan cara penyajian kuah yang telah dipanasi. Sangat cocok dimakan saat hawa dingin.

Tapi, tahukah kamu bahwa soto ini memiliki berbagai macam. Contohnya  soto Madura, soto Kediri, dan sebagainya.

Soto memiliki berbagai macam. Banyaknya macam karena setiap beberapa daerah memiliki cara masak atau cara menyajikan yang berbeda.

Contohnya, soto Lamongan yang menggunakan koya sebagai taburannya, sedangkan soto yang berasal dari Jombang memiliki kuah yang tidak terlalu kental dan cenderung bening.

7 Makanan khas Jawa Timur ini unik, enak, dan mudah dibuat

Foto : pinterest

3. Tahu Tek. 

Pasti beberapa dari kamu yang berasal dari luar provinsi Jawa Timur asing dengan salah satu makanan ini, yaitu Tahu Tek. Apa itu tahu tek? Mengapa dinamai dengan kata “Tek”?

Tahu tek berasal dari Kota Surabaya dan banyak yang menggemari makanan ini karena rasanya yang enak dan proses yang simpel. Bahan utama yang digunakan untuk membuat makanan ini yaitu tahu goreng, kentang goreng, lontong goreng, dan lontong.

Bahan utama yang digunakan ini dipotong kecil-kecil serta ditambah taoge dan mentimun. Kemudian bahan-bahan yang sudah disiapkan tersebut disiram bumbu kacang dan petis dengan taburan krupuk.

Asal usul kata “Tek” berawal dari penjual tahu tek ini mayoritas PKL ( Pedagang Kaki Lima ) yang berjualan dengan gerobak. Untuk menarik perhatian pembeli biasanya pedagang mengetuk kentungan hingga mengeluarkan kata “Tek-Tek” sehingga masyarakat biasa menyebutnya dengan sebutan Tahu Tek.

7 Makanan khas Jawa Timur ini unik, enak, dan mudah dibuat

Foto: pinterest

4. Rujak Cingur. 

Rujak cingur adalah makanan khas Kota Surabaya yang terdiri dari buah-buahan dan sayuran seperti nanas, kedondong, belimbing, bengkoang, manga muda, taoge, kangkung, kacang panjang, krai, dan sebagainya. Bahan tersebut dicampurkan dengan tempe, tahu, lontong, dan cingur (hidung sapi) yang menjadi ciri khasnya.

Biasanya para penjual rujak cingur mengolah bumbunya untuk membuat rujak dalam cobek batu berukuran besar. Kemudian, seluruh bahan tadi diaduk hingga rata.

7 Makanan khas Jawa Timur ini unik, enak, dan mudah dibuat

Foto : pinterest

5. Tahu Campur. 

Tahu Campur adalah makanan khas kota di Jawa Timur dan cara membuatnya sangat simpel. Tahu campur terdiri dari selada, taoge, lontong, mie kuning, tahu goreng, dan potongan lentho singkong. Kemudian bahan tersebut disiramkan pada kuah kaldu tetelan sapi yang gurih.

Bagi kamu yang ingin mencoba masakan ini bisa pesan juga via ojek online. Karena ada beberapa tempat makan yang sangat direkomendasikan untuk kamu. Kamu bisa menyesuaikan tempat terdekat dari tempat tinggalmu dengan rating yang bagus. Sangat mudah, kan? Ayo cobain dan kamu akan menjadikan tahu campur ini sebagai salah satu makanan favoritmu.

7 Makanan khas Jawa Timur ini unik, enak, dan mudah dibuat

Foto : pinterest

6. Nasi Krawu. 

Nasi krawu merupakan makanan khas dari daerah Gresik. Nasi krawu memiliki ciri nasinya dimasak pulen dan disajikan pada daun pisang. Lauknya berisikan sayatan daging sapi, semur daging, jeroan sapi, sambal petis, dan serundeng.  

Nasi krawu biasanya digandengkan dengan sambal terasi karena memiliki rasa pedas yang khas dan cocok. Bagi pecinta masakan pedas wajib cobain nasi krawu ini saat berkunjung ke Gresik.

7. Pecel. 

Pecel merupakan makanan yang berasal dari kombinasi antara bumbu sambal kacang dan dicampur dengan aneka jenis sayuran. Makanan ini sangat popular di daerah Jawa Timur, Jawa Tengah, DI Yogyakarta.

Banyak yang menganggap makanan ini berasal dari Ponorogo, Jawa Timur. Karena sambal kacang yang digunakan untuk campuran bumbu sate Ponorogo.

Makanan ini juga hampir mirip dengan makanan gado-gado, namun perbedaannya yaitu pada tekstur bumbunya dan campuran bumbu yang digunakan. Namun pecel yang terkenal yaitu pecel yang berasal dari Kota Madiun.

7 Makanan khas Jawa Timur ini unik, enak, dan mudah dibuat

Foto: pinterest

Nah itu tadi penjelasan makanan khas Jawa Timur. Bagaimana? Sangat tertarik untuk mencobanya, bukan? Ayo berkunjung ke provinsi Jawa Timur dan rasakan berbagai macam makanan khasnya yang sulit kamu temukan di daerah lain.

Simak terus artikel penulis karena di sini akan membahas hal yang menarik, lucu, dan menambah wawasanmu untuk mengenali budaya yang ada di Indonesia.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

#makanankhasjawatimur #makananunik #makanankhassurabaya #makananyangmudahdibuat #makananindonesia #budayaindonesia
Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

ON FIRE

MORE
Back To Top