×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Suciati Dwi Nuraeni

07 Agustus 2020 11:58

7 Makanan antimainstream dari berbagai negara, berani mencoba?

Setiap daerah punya makanan khas yang terkadang sangat unik bagi orang dari budaya yang berbeda..

7 Makanan antimainstream dari berbagai negara, berani mencoba?

0



Makanan menjadi kebutuhan pokok manusia. Tanpa makan, manusia tentu tidak akan bertahan hidup. Gizi dan rasa sangat penting untuk menentukan apa yang akan kamu makan. Tentunya kamu akan semakin berselera saat tampilan makanan tersebut cantik kala disajikan.

Berbagai bahan makanan yang diolah menjadi ciri khas dan budaya setiap daerah. Tak jarang bahan makanan tersebut aneh menurut sebagian orang atau penyajiannya pun sangat unik.

Nah, beranikah kamu memakan makanan unik dari berbagai wilayah berikut ini?

1. Casu Marzu (keju larva).

cazu marzu dari Italia

Loading...

Foto: common.wikipedia.com

Cazu Marzu berasal dari negara Italia yang merupakan makanan khas daerah Sardina. Makanan ini berupa keju yang sudah banyak ulatnya, umumnya disebut dengan maggot cheese.

Keju ini terbuat dari susu domba sebagai bahan baku. Setelah keju selesai dibuat lalu diletakkan di tempat terbuka dan terkontaminasi dengan udara dalam jangka waktu yang tidak sebentar. Keju tersebut terus dibiarkan hingga muncul maggot (larva) putih di dalamnya. Panjang maggot tersebut sekitar 8 mm.

Keju akan dikomsumsi jika maggot sudah banyak, jumlahnya bisa mencapai ribuan. Beberapa orang menyantap casu marzu dengan alat pelindung mata karena maggot biasanya bisa melompat hingga 15 cm. Bagaimana, tertarik mencoba?

2. Balut.

balut berupa embrio bebek

Foto: flickr.com

Telur merupakan makanan yang enak dan disukai banyak orang. Namun, bagaimana dengan makanan balut yang juga berasal dari telur? Balut merupakan makanan khas negara Filipina.

Balut memang benar telur, namun dalam telur tersebut terdapat embrio bebek. Bisa dibilang, yang dimakan adalah embrio bebek yang telah direbus. Menurut penikmatnya, balut sangat enak dimakan saat masih hangat. Katanya, rasanya seperti ayam. Bagaimana, tertarik mencoba?

3. Wasp crackers (biskuit tawon).

cracker dari tawon

Foto: pikist.com

Kamu suka akan Jejepangan? Bagaimana kalau mencoba jajanan asal Jepang ini?

Wasp crackers merupakan biskuit yang bahan campurannya terdapat serangga lebah. Ingat, ini bukan choco chips tetapi lebah atau tawon. Tapi tenang, tawonnya sudah mati. Gimana? Tertarik mencoba sebagai camilan sambil nonton film?

4. Witchetty grub (larva besar putih).

larva putih besar

Foto: pxfuel.com

Sekilas mirip seperti makanan dari ulat sagu, tapi ini berbeda. Witchetty grub adalah ulat putih yang besar, biasanya ditemukan di kayu besar yang berada di Australia. Mereka yang berburu larva ini biasanya akan menyantapnya secara mentah. Hmm, apakah kamu tertarik mencoba?

5. Bird’s nest soup.

sup sarang wallet

Foto: flickr.com

Makanan dari sarang burung walet ini biasanya dibuat sup. Jangan salah, ini merupakan makanan yang disukai oleh kekaisaran Cina. Kamu mau mencoba? Tenang, di Indonesia sudah banyak yang berternak sarang burung walet atau banyak yang mencarinya di gua. Apakah kamu pernah memakannya? Jika pernah, kamu 'sultan' sebab harganya mahal.

6. Crocodile.

buaya bakar

Foto: pikist.com

Makanan dari daging buaya ini laku keras di negara Amerika dan Cina. Di Amerika daging buaya sering diolah sebagai barbekyu (dipanggang) sebab kulitnya banyak dimanfaatkan di negara tersebut. Bagaimana, tertarik makan buaya?

7. Mice wine.

wine dari bayi tikus

Foto: common.wikipedia.com

Mice wine merupakan minuman dan makanan yang berasal dari Tiongkok dan Cina. Makanan ini terbuat dari wine yang dimasukkan bayi-bayi tikus yang baru berumur 1-2 hari dan kemudian difermentasikan di dalam wine tersebut.

Menurut masyarakat Cina, minuman ini memiliki manfaat mengobati penyakit asma dan untuk penangkal racun. Mice wine biasa dijual dengan bentuk kalengan. Setelah meminum wine-nya, jangan lupa memakan tikusnya. Berani coba? 

Itulah tujuh makanan unik dari berbagai negara. Jika tertarik silakan cari tahu bagaimana cara memesannya di internet atau mungkin membuatnya.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

makanan unik makanan khas
Loading...
Creator Banner

Gak perlu khawatir, tulisan kamu bisa tetap
TERBACA DAN TRENDING di Brilio.net

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

ON FIRE

MORE
Back To Top