×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Michael Yedija T

24 Maret 2020 15:36

7 Lagu disko lawas ini masih asyik banget buat didengerin

Lagu-lagunya tak lekang oleh masa..

7 Lagu disko lawas ini masih asyik banget buat didengerin

0



Foto: IULIAN TUCA SIMINICIUC dari Pixabay

Musik adalah komponen penting dalam hidup. Adanya musik akan memberikan warna bagi hidup kita. Dari sejarahnya, musik sudah banyak berevolusi, perjalanan panjang musisi dalam menciptakan musik melahirkan beberapa genre, mulai dari pop, rock, hingga disko. Disko itu sendiri adalah salah satu aliran musik untuk dansa yang berkembang pada tahun 1970-an. Walau sudah ada sejak dulu, musik disko terus eksis dan berkembang hingga kini.

Indonesia juga memiliki sejarah disko. Awal kedatangan musik disko di Indonesia diawali dari sebuah klub bernama Tanamur pada tahun 70-an. Di Tanamur inilah musik disko berkembang dan mengalami masa keemasan.

Setelah bertahun-tahun berlalu, musik disko kemudian bermutasi menjadi beberapa genre seperti dance-pop, hip-hop dan techno. Walau demikian, musik disko lawas yang penuh nuansa soul, funk, blues hingga jazz ini nyatanya masih banyak diminati masyarakat. Bahkan munculnya DJ Disko seperti Diskoria dan Disko Pantera semakin menghidupkan kembali musik disko di Indonesia. Kedua DJ ini sering kali memutarkan lagu lawas Indonesia yang joget-able.

Nah, apa aja sih lagu-lagu disko lawas tersebut? Berikut ini rekomendasi lagu disko yang layak banget kamu dengerin.

1. Serasa - Chrisye.

Loading...

Serasa adalah satu dari tiga belas lagu dalam album Badai Pasti Berlalu yang rilis pada tahun 1977. Album Badai Pasti Berlalu ini di-direct oleh Eros Djarot dan dinyanyikan oleh Chrisye dan Berlian Hutahuruk.

Kumpulan lagu pada album ini sangat berkualitas, bahkan majalah Rolling Stone menobatkan album ini sebagai album terlaris sepanjang masa. Lagu Serasa ini sendiri menceritakan tentang nikmatnya bila memiliki kekasih. Lirik yang disampaikan sangat amat puitis dan melodi yang diperdengarkan juga sangat fun dan sangat cocok untuk berdisko ria.

2. Juwita - Chrisye.

Satu lagi lagu dari Chrisye, yaitu Juwita. Juwita yang juga berarti 'cantik' ini merupakan lagu dari album Sabda Alam milik Chrisye. Tak hanya judulnya yang 'cantik', namun melodi dan kata-kata yang dikandungnya juga sangat menyentuh dan menyenangkan. Lagu ini sangat enak didengar dan apabila sudah pernah mendengar lagu ini sekali, dapat dipastikan seterusnya kamu akan ketagihan.

3. Damai - Guruh Soekarno Putra.

Salah satu putra dari Presiden pertama Indonesia, Guruh Soekarno Putra merupakan penulis lagu yang handal. Lagu-lagu yang diciptakan oleh Guruh selalu enak dan bermakna.

Dari sekian banyak lagu Guruh Soekarno Puta, terdapat lagu berjudul Damai. Lagu dengan tempo cepat ini merupakan lagu hits pada masanya. Lagu Damai ini bercerita tentang harapan akan kedamaian.

Walau sering diputar untuk disko, lagu Damai ini sarat akan pesan moral. Salah satu penggalan liriknya mengatakan, "Pantang menista saling mencinta, Rukun dan damai selamanya". Semoga sebaris lirik tersebut dapat kita aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

4. Sakura - Fariz RM.

Apabila bicara disko, 'haram' hukumnya bila tidak menyebut nama Fariz RM. Fariz RM merupakan musisi legendaris Indonesia. Ia telah banyak memproduksi musik dan menulis lagu, dan Sakura merupakan salah satu lagu populer milikinya.

Lagu Sakura pertama kali muncul pada tahun 1979 dan semenjak itu lagu ini telah beberapa kali di-recycle dan dinyanyikan oleh musisi lain seperti Chrisye dan Rossa. Lagu Sakura bercerita tentang betapa indah dan sakralnya cinta itu. Apabila cinta telah bersemi akan sulit melupakannya. Hmm, lagu yang sangat menyentuh relung hati ya.

5. Gelora Asmara - Groove Bandit.

Groove Bandit adalah band bentukan Igor Nainggolan, Musi Nainggolan dan Budi PM. Band ini lahir pada tahun 1994. Band ini telah melahirkan berbagai lagu dan lagu yang mungkin paling memorable dan ikonik adalah Gelora Asmara.

Lagu Gelora Asmara sempat dinyanyikan ulang oleh Derby Romeo dan kemudian sukses di pasaran. Rasa-rasanya lagu ini memang sudah memiliki energi tersendiri, hingga bisa terus asik didengar.

6. Dunia di Batas Senja - Candra Darusman.

Dunia di Batas Senja adalah lagu ciptaan Candra Darusman. Lagu ini pertama kali muncul pada tahun 1981 dan masuk ke dalam album bernama Volume 3 dari Grup musik Chaseiro. Lalu, pada tahun yang sama lagu ini di recycle oleh Fariz RM di album Panggung Perak, yang mana kemudian album tersebut dinobatkan menjadi salah satu album terbaik sepanjang masa oleh majalah Rolling Stone pada tahun 2007. Dengan mendengar lagu ini kita akan dapat menikmati tegasnya suara Candra Darusman ditambah bunyi-bunyian musik instrumental yang dinamis dan menyenangkan.

7. Milikmu Selalu - Andien.

Gemintang merupakan album ketiga dari penyanyi bernama Andini Aisyah Haryadi, atau biasa dikenal Andien. Penyanyi yang telah berkarier sejak tahun 2000 ini telah menghasilkan 7 (tujuh) album, dan tak sedikit lagu Andien yang menjadi hits.

Salah satu lagu hits Andien adalah lagu berjudul Milikmu Selalu. Lagu Milikmu Selalu ini ada pada album ketiganya, yaitu Gemintang (2005). Walau termasuk lagu lama, lagu ini masih sangat enak didengar dan musiknya sangat cocok untuk kalian yang suka berjoget.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

disko musik lagu chrisye guruh soekarno putra
Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

ON FIRE

MORE
Back To Top