Brilio
×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Muhammad Riandy

11 Juli 2019 14:30

7 Film musikal ini wajib ditonton setelah 'Yesterday'

Film ini mudah diminati karena punya alunan musik yang asyik dan fun. Berikut film musikal yang wajib ditonton kalau kamu suka 'Yesterday.'.

7 Film musikal ini wajib ditonton setelah 'Yesterday'

0



Akhir Juni lalu, karya besutan Danny Boyle berjudul 'Yesterday' berhasil menarik perhatian penonton Indonesia dengan mengeluarkan film musikal yang dibintangi oleh Himesh Patel dan Lily James.

Berkisahkan di mana eksistensi band The Beatles 'hilang' dari muka bumi membuat Jack Malik (Patel) satu-satunya orang di dunia yang ingat akan keberadaan band legendaris asal London tersebut. Hal tersebut langsung menjadikannya mendadak terkenal setelah membawakan lagu hits mereka seperti 'Hey, Jude' dan 'Let It Be'.

Selain memiliki jalan cerita yang menarik, 'Yesterday' juga mudah diminati karena alunan musik yang membuat penonton mudah bernostalgia, khususnya untuk para fans The Beatles.

Bukan hanya sebagai pemanis saja, lagu-lagu di dalamnya juga digunakan sebagai pembangun alur cerita layaknya film musikal pada umumnya. Tipe film seperti ini terkadang memilih antara membuat aransemen musik dan soundtrack-nya sendiri atau justru menyanyikan lagu yang sudah ada, yang biasa disebut jukebox movie.

Apa pun pilihannya, pemilihan lagu tetap menjadi krusial dalam menjaga suasana film baik itu ceria, menegangkan, seru, atau bahkan sedih.

Loading...

Berikut film musikal yang wajib ditonton kalau kamu suka 'Yesterday.'

1. Begin Again (2013).

Foto diambil dari IMDb/Keira Knightley & Mark Rufallo

Diproduksi di tahun 2012, film indie yang disutradarai John Carney ini menceritakan perjalanan seorang penulis lagu dan penyanyi berbakat bernama Gretta James (Keira Knightley). Selalu menulis lagu bersama pacarnya Dave Kohl (Adam Levine), menjadikan hubungan mereka semakin mesra. Namun, setelah Dave menjadi penyanyi terkenal, hal itu justru membuat hubungan mereka berdua hancur.

Merasa dikhianati dan disakiti, Gretta mencoba meluapkan rasa sedihnya melalui musik. Sampai akhirnya, seorang produser rekaman yang baru saja dipecat dari perusahaannya sendiri bernama Dan Mulligan (Mark Ruffalo) melihat bakat dalam diri Gretta.

Penampilan Keira Knightley dijamin akan membuat kamu terkagum-kagum dikarenakan ini menjadi debutnya bernyanyi untuk sebuah proyek film. Ditambah dengan banyaknya pemain-pemain terkenal lainnya seperti Hailee Stainfeild, Catherine Keener, dan James Corden bikin pingin nonton film ini berulang-ulang.

2. La La Land (2016).

Foto diambil dari IMDb/Ryan Gosling & Emma Stone

Pencinta film musikal pasti tahu yang satu ini. Digadang-gadang sebagai karya terbaik Damien Chazelle setelah Whiplash, kali ini sang sutradara kembali menaruh sentuhan jazz sebagai perkenalan terhadap salah satu karakternya, Sebastian Wilder.

Bekerja sebagai pianis bar, tokoh yang diperankan oleh Ryan Gosling ini berimpian memiliki usaha bar dengan gaya jazz. Namun, idenya selalu terhalang karena memiliki ideologi yang terlalu perfeksionis.

Di tengah perjalanannya, Sebastian bertemu Mia (Emma Stone) seorang barista yang bermimpi menjadi seorang aktris. Perjalanannya untuk menggapai impiannya tidaklah mudah karena sering menemui kegagalan saat casting.

Diwarnai dengan lantunan musik bergenre melow dan jazz yang diaransemen langsung oleh Justin Hurwitz, teman Chazelle semasa kuliah. Film ini juga menonjolkan sinematografi yang indah sebagai penyeimbang yang pas untuk soundtrack yang pastinya eargasm. Kisah Mia dan Sebastian dalam mencapai mimpi mereka dihiasi dengan percintaan sekaligus konflik yang tak terduga membuat film ini menarik untuk ditonton.

3. Sing Street (2016).

Foto diambil dari IMDb

Mengambil cerita di era 80'an dengan latar kota Dublin, film musikal garapan John Corney berikutnya berfokus kepada kisah anak laki-laki bernama Connor Lawlor (Ferdia Walsh-Peelo). 

Dibuka dengan krisis ekonomi di Dublin, Connor terpaksa setuju dengan keputusan orang tuanya yang harus memasukannya ke sekolah katolik khusus laki-laki. Connor sedikit keberatan dikarenakan selalu mendapat perundungan dari temannya dan hukuman dari kepala sekolah yang membuatnya tidak bebas berekspresi.

Namun, setelah bertemu dengan gadis bernama Raphina (Lucy Boynton), dia kemudian mencoba membentuk band bersama temannya dan mengajak Raphina menjadi model di video klipnya. Meskipun sempat mendapat penolakan, Connor pun mulai menciptakan lagu bersama teman-temannya. Kisah pertemanan dan cinta mereka pun dimulai.

Diiringi musik dari band di era 80-an seperti The Cure, Duran Duran, Hall & Oates, dan Spandau Ballet membuat perjalanan Connor dan teman-temannya semakin seru untuk diikuti.

Keterlibatan musisi ternama seperti Danny Wilson dan Adam Levine dalam mengisi soundtrack serta membuat lirik lagu untuk film ini juga membuat perjalanan Connor semakin terasa fun dan dramatis.

4. Walk The Line (2005).

Foto diambil dari IMDb/Joaquin Phoenix & Reese Witherspoon

Siapa bilang film musikal isinya hanya lagu dan musik? John Mangold yang sempat menyutradarai 'Logan', punya sesuatu yang akan menghapus persepsi tersebut seketika.

Di tahun 2005, Mangold membuat film bergenre musikal biopik berceritakan musisi legendaris Johnny Cash. Membahas kisah tokoh ikonis bernama panggung 'man in black' tersebut dari masa kecil hingga menjadi sukses, sang sutradara menceritakan jatuh bangun penyanyi country itu dengan sangat cerdas dan rapi.

Kemampuan Mangold dalam menyorot pergulatan emosional si karakter utama membuat film ini berhasil mendapatkan banyak penghargaan seperti BAFTA dan Golden Globe Awards.

Joaquin Phoenix yang didapuk sebagai pemeran utama tampil dengan amat piawai. Bermain dengan karakter yang penuh konflik mungkin sudah biasa untuk Phoenix, namun selain berakting dirinya juga diwajibkan dapat menyanyikan lagu seperti 'Cocaine Blues' dan 'Folsom Prison Blues' dengan sempurna.

Bermacam-macam persiapan dijalankan Phoenix seperti berlatih bermain gitar dan pelatihan vokal di perkumpulan band rock selama berbulan-bulan agar dapat menjiwai tokoh yang dia perankan.

Selain itu, karena diadaptasi langsung dari autobiografi milik Johnny Cash, membuat pemain lainnya juga diharuskan tampil total. Reese Witherspoon, yang berperan sebagai June Carter Cash dituntut untuk dapat membawakan lagu dari karakter yang dia mainkan.

Berbagai pendekatan unik sampai dilakukan Witherspoon seperti mempelajari video rekaman dan juga cara June Carter saat bernyanyi dan berbicara.

5. Chicago (2002).

Foto diambil dari IMDb/Catherine Zeta-Jones

Dengan mengangkat cerita dari pentas musikal Broadway ke layar lebar, Rob Marshall mencoba mendulang kesuksesan melalui Chicago. Menggaet artis ternama seperti Catherine Zeta-Jones, Richard Gere, dan Renee Zellweger, film ini menampilkan nuansa musikal yang sangat meriah nan menghibur.

Meskipun demikian, cerita yang diadaptasi oleh Bill Condon ini sebetulnya memiliki unsur yang cukup kelam karena membahas pembunuhan, seks, serta korupsi di kehidupan tahun 1920an.

Tapi yah, walaupun mengambil tema berat seperti 'ketidakadilan terhadap wanita', dan 'sensasi dan skandal adalah kunci kesuksesan', cara unik Rob Marshall dalam memakai suasana cheerful justru sukses membuat penonton tidak merasakan terlalu pusing atau tersentil saat menonton film ini.

Berkat sinematografi indah dari arahan sang sutradara pula membuat karyanya berhasil memenangkan enam dari tiga belas kategori di Academy Awards, salah satunya adalah Best Picture yang untuk pertama kalinya film bergenre musikal berhasil menang di kategori ini setelah menunggu selama empat puluh tahun terakhir diraih oleh 'Oliver!' (1968).

6. School of Rock (2003).

Foto diambil dari IMDb/Jack Black

Dibintangi oleh Jack Black, film ini bisa jadi rekomendasi kalau kamu ingin nonton jenis musikal dengan sentuhan komedi yang mantap ala sang sutradara, Richard Linklater.

Film ini berceritakan tentang gitaris rock bernama Dewey Finn (Black) yang baru saja dikeluarkan dari bandnya, dan kemudian justru memilih menyamar sebagai guru pengganti di sekolah dasar. Cerita lucu mulai terjadi saat Finn mengajarkan muridnya sejarah musik rock, menyuruhnya membentuk band dan memberikan mereka tugas rumah seperti mendengarkan lagu rock alih-alih mendidik siswanya matematika atau bahkan sains.

Dipuji para kritikus dan mendapat sambutan hangat dari para penonton karena penampilan Black yang menghibur, membuat film ini berhasil menembus angka keuntungan global sebesar USD 131 juta.

Tentu saja, soundtrack yang ciamik juga ikut berperan dalam mengundang perhatian masyarakat. Sederet musik rock dari band ternama seperti AC/DC, Led Zepellin, Cream, The Who, ikut menemani perjalanan Finn dalam membentuk band impiannya.

7. Les Miserables (2012).

Foto diambil dari IMDb/Hugn Jackman & Anna Hathaway

Suka film musikal dengan gaya klasik? Karya garapan Tom Hooper satu ini sepertinya cocok buat kamu. Diadaptasi dari novel fenomenal karangan Victor Hugo dengan judul yang sama, sentuhan teatrikal pada film ini akan langsung terasa bahkan dari awal dimulainya film. Dengan mengubah setiap dialog menjadi nyanyian, setiap pemain harus dapat melantunkan lagu yang berkisah tentang karakter mereka layaknya pertunjukkan opera profesional.

Berdurasi selama 158 menit, film ini menampilkan sederet artis ternama seperti Hugh Jackman, Russell Crowe, Eddie Redmayne dan Amanda Seyfried. Namun penampilan Anne Hathaway sebagai Fantine yang paling mengundang perhatian karena berhasil menoreh banyak penghargaan bergengsi seperti Oscar, BAFTA, Golden Globe, dan Screen Actors Guild Awards.

Penampilan Hathaway menyanyikan "I Dreamed Dream" sampai mendapat banyak pujian dari kritikus. Tentunya, sang aktris tampil totalitas sampai-sampai melakukan diet dan memotong pendek rambutnya agar dapat "bertransformasi saat berakting."

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

Yesterday Ryan Gosling Film Musikal Emma Stone
Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Astro-Lo-Gue Ep. 7 - Patah Hati Zodiak Libra, Scorpio, Sagitarius, Capricorn, Aquarius & Pisces! Buat Sobat Brilio yang menunggu-nunggu, Astro-Lo-Gue balik lagi nih! Masih bareng Aby Respati yang bakalan ngelanjutin penjelasan mengenai hal-hal apa ...

ON FIRE

MORE
Back To Top