×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Amalia Larasanty

21 April 2021 09:55

7 Fakta Mnet Kingdom: Legendary War, dari sistem voting sampai hadiah

Penonton juga bisa ikut vote, lho..

7 Fakta Mnet Kingdom: Legendary War, dari sistem voting sampai hadiah

0



Mulai tayang pada 1 April lalu, Kingdom: Legendary War akan memasuki episode yang keempat minggu ini. Kingdom merupakan versi pria dari program kompetisi antar grup yang tayang di Mnet dua tahun lalu, yaitu Queendom. Acara ini diisi oleh enam boy group ternama asal Korea Selatan yaitu THE BOYZ, BTOB, iKON, SF9, Stray Kids, dan ATEEZ. Ada juga Changmin TVXQ sebagai MC-nya.

Meski mirip, ternyata program buatan CJ E&M ini memiliki beberapa perbedaan dibanding Queendom maupun Road to Kingdom. Nah, berdasarkan hasil press conference ditambah informasi yang sudah dibeberkan dalam acara tersebut. Inilah ketujuh fakta mengenai Kingdom: Legendary War.

1. Sistem voting.

7 Fakta Mnet Kingdom: Legendary War, dari sistem voting sampai hadiah

Meski tak ada penonton yang hadir di venue, Mnet tetap melibatkan para penggemar dari seluruh dunia untuk ikut menentukan nasib idolanya. Dari 20.000 poin yang diberikan di setiap babak, penilaian terbagi menjadi 4 bagian. 25% berasal dari 30 juri ahli seperti koreografer, pencipta lagu, dan sebagainya.

25% lainnya berasal dari seluruh peserta yang juga diberi kesempatan untuk menentukan penampilan favorit mereka, tentunya selain untuk grupnya sendiri. 40% nilai berasal dari voting penggemar melalui aplikasi Whosfan, dan 10% sisanya diambil dari jumlah penonton video penampilan masing-masing grup yang diunggah di YouTube.

Loading...

2. Akan ada berapa babak sih?

7 Fakta Mnet Kingdom: Legendary War, dari sistem voting sampai hadiah

Kingdom: Legendary War akan memiliki 10 episode dengan diisi oleh 4 babak. Round pertama bertema "To The World", yaitu masing-masing grup menampilkan lagu masing-masing yang ingin mereka kenalkan kepada dunia. Babak kedua memiliki tema "Re-Born", di mana para peserta akan saling bertukar lagu dengan peserta lainnya.

Mnet belum mengungkapkan apa tema yang akan diberikan untuk babak ketiga. Namun, akan ada penampilan kolaborasi antar grup di babak tersebut. Sedangkan, yang keempat merupakan final round yang akan digelar pada bulan Juni nanti untuk menentukan siapa pemenangnya.

3. Hadiahnya apa ya?

7 Fakta Mnet Kingdom: Legendary War, dari sistem voting sampai hadiah

Lain halnya dengan Road to Kingdom yang mengeliminasi dua grup dari acara tersebut, Kingdom tidak memiliki babak eliminasi sehingga penonton bisa melihat keenam grup dari awal hingga akhir episode. Siapa yang akan menjadi “King”, tentunya ditentukan dari grup yang memiliki poin terbanyak dibanding peserta lain. Nantinya, sang pemenang akan dibuatkan variety show tersendiri yang ditayangkan di Mnet sebagai hadiah.

4. Biaya per penampilan.

7 Fakta Mnet Kingdom: Legendary War, dari sistem voting sampai hadiah

Sebenarnya, biaya penampilan seluruhnya ditanggung oleh agensi masing-masing dari setiap peserta. Namun, penyelenggara acara juga memberikan batas maksimal biaya yang boleh dikeluarkan agar tak ada kesenjangan bagi grup yang berasal dari agensi besar maupun kecil. Mnet mengungkapkan bahwa biaya dekorasi panggung untuk sebuah grup dalam satu kali tampil tak boleh lebih dari 5 juta won atau sekitar Rp 65 juta.

5. Ada juga member yang tak ikut tampil.

7 Fakta Mnet Kingdom: Legendary War, dari sistem voting sampai hadiah

Seharusnya ada 48 orang dari 6 grup yang mengikuti Kingdom, namun sayangnya beberapa member tidak dapat mengikuti kompetisi ini. Hanya 4 member BTOB bisa mengikuti Kingdom karena Hyunsik dan Sungjae saat ini sedang menjalani wajib militer. Mingi tidak dapat mengikuti kompetisi seiring dengan hiatusnya ia dari ATEEZ sejak beberapa bulan lalu karena masalah kesehatan.

Hyunjin dari Stray Kids pun sedang menjalani masa hiatus karena rumor bullying yang menimpanya beberapa waktu lalu. Sedangkan SF9 hanya tampil dengan 8 member pada penampilan 100 detik dan juga di babak pertama karena cedera punggung yang diderita Rowoon. 

6. Alasan para peserta untuk mengikuti Kingdom.

7 Fakta Mnet Kingdom: Legendary War, dari sistem voting sampai hadiah

Minhyuk mengungkapkan bahwa ia ingin BTOB membuat berbagai penampilan yang melegenda sebelum mereka bertambah tua. Adanya pandemi membuat iKON pun jarang tampil di atas panggung, sehingga mereka ingin memanjakan para penggemar dengan penampilan yang menakjubkan di Kingdom.

Selama ini SF9 sering mendapat pujian karena penampilan fisik mereka, dengan mengikuti Kingdom mereka berharap orang-orang juga akan memuji bakat para member.

THE BOYZ otomatis berpartisipasi di Kingdom karena mereka merupakan pemenang dari program Road To Kingdom, mereka mendapat energi dari para penggemar demi menciptakan penampilan yang luar biasa.

Stray Kids ingin menunjukan sisi lain yang belum pernah mereka tampilkan sebelumnya kepada penonton Kingdom di seluruh dunia.

ATEEZ ingin belajar dari para senior sekaligus memperlihatkan pertumbuhan mereka sebagai grup melalui berbagai penampilan.

7. Kekuatan masing-masing grup.

7 Fakta Mnet Kingdom: Legendary War, dari sistem voting sampai hadiah

Di press conference, para leader ditanya mengenai kelebihan yang membuat mereka yakin bahwa grup mereka bisa menjadi pemenang.

BTOB memilih pengalaman mereka yang sudah 10 tahun di industri musik, sehingga kekompakan antar member pun tak perlu diragukan lagi. iKON mengungkapkan bahwa kekuatan mereka adalah gaya khas yang selama ini selalu mereka tampilkan di atas panggung, namun tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Sedangkan SF9 yang dikenal memiliki banyak aktor optimis bahwa ekspresi mereka di atas panggung dapat membuat penampilan menjadi lebih baik.

Memiliki 11 member, THE BOYZ menganggap ini sebuah kekuatan karena mereka jadi lebih mudah mengisi seluruh bagian panggung. Stray Kids mengungkapkan bahwa kemampuan menulis dan mengaransemen lagu ditambah konsep yang unik merupakan kekuatan mereka. Sedangkan sang maknae grup ATEEZ memilih energi mereka yang khas sebagai sebuah kelebihan.

Nah, itulah tujuh fakta mengenai program Kingdom: Legendary War. Tak hanya untuk penggemar di Korea, Kingdom pun dapat dinikmati oleh para fans di seluruh dunia. Kamu dapat menyaksikannya di VIU setiap hari Sabtu. Nah, dari enam grup tersebut, siapa yang kamu harapkan untuk mendapat variety show sendiri?

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

KPop Mnet iKON BTOB THE BOYZ
Loading...
Creator Banner

Gak perlu khawatir, tulisan kamu bisa tetap
TERBACA DAN TRENDING di Brilio.net

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

ON FIRE

MORE
Back To Top