Brilio
×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Abim Manyu

21 September 2019 10:46

7 Fakta menarik tentang sperma laki-laki yang jarang diketahui

Sperma merupakan cairan dalam tubuh pria yang berpengaruh dalam kehidupan manusia setiap harinya. Yuk simak 7 fakta sperma yang jarang diketahui!.

7 Fakta menarik tentang sperma laki-laki yang jarang diketahui

0



Sperma merupakan cairan kecil yang ada di dalam tubuh pria yang berpengaruh dalam kehidupan manusia, sesuatu yang tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Berikut ini merupakan 7 fakta menarik tentang sperma yang jarang diketahui.

1. Manusia memproduksi miliiaran sperma selama hidupnya.

7 Fakta menarik tentang sperma laki-laki yang jarang diketahui

Organ testis yang terletak di bagian kelamin pria memiliki kemampuan yang luar biasa dalam menghasilkan miliaran sperma. Sepanjang hidup seorang pria, diketahui ia mampu memproduksi 525 miliiar lebih sperma, dan dalam sehari pria yang sehat mampu menghasilkan 70-150 juta sperma. Namun uniknya ketika ejakulasi, jumlah sperma yang berkurang bisa lebih banyak dari jumlah sperma yang diproduksi per harinya.

2. Kandungan sperma bernutrisi.

Loading...

7 Fakta menarik tentang sperma laki-laki yang jarang diketahui

Selain berfungsi untuk membuahi sel telur dan melakukan reproduksi, cairan sperma memiliki kandungan bernutrisi. Sperma kaya akan karbohidrat dan sumber protein yang sangat baik. Sperma juga mengandung zat seng, lemak, dan kalsium yang bisa menangkal pengeroposan gigi. 

3. Bentuk sperma.

7 Fakta menarik tentang sperma laki-laki yang jarang diketahui

Sperma memiliki bentuk yang beragam, tidak selalu seperti kecambah seperti yang sering diperlihatkan melalui gambar oleh guru di sekolah. Umumnya, sperma memiliki kepala oval dengan ekor panjang, namun setiap sperma bisa memiliki bentuk yang berbeda-beda bahkan abnormal akibat beragam alasan. Sperma abnormal bisa memiliki kepala kecil, besar, berjumlah dua, memiliki beberapa ekor, ekor yang bengkok, dan lain sebagainya.

4. Kualitas sperma dipengaruhi oleh makanan.

7 Fakta menarik tentang sperma laki-laki yang jarang diketahui

Kualitas sperma dipengaruhi oleh asupan nutrisi pria tersebut. Pernah dilakukan sebuah percobaan pada tikus, asam lemak DHA yang disuntikan pada tikus memengaruhi kualitas spermanya. Saat sperma yang awalnya memiliki kepala bundar menerima asupan DHA, kepala sperma tersebut berubah menjadi lonjong sehingga memengaruhi kecepatan dan kemampuan renangnya menjadi lebih cepat.

Para lansia juga disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung multivitamin serta makanan yang kaya zat antioksidan. Berdasarkan hasil penelitian Departemen Energi Amerika Serikat, mereka yang mengonsumsi vitamin E, antioksidan, zinc, folat, serta makanan dengan kadar vitamin C 44 persen lebih tinggi memiliki risiko kerusakan sperma 20 persen lebih rendah.

5. Gerakan sperma dan usianya.

7 Fakta menarik tentang sperma laki-laki yang jarang diketahui

Manusia bisa menghasilkan jutaan sperma per harinya, namun membutuhkan waktu agar sperma benar-benar matang. Dalam sekali ejakulasi, setidaknya ada 100-200 juta sperma yang keluar. Sperma memiliki zat kimia yang bisa mengarahkan mereka untuk mendekati sel telur. Namun sering kali banyak sperma yang tidak mengikuti zat kimia tersebut sehingga banyak yang hanya berputar-putar dan tak segera maju mencari sel telur.

Ketika sperma masuk ke dalam tubuh wanita lewat hubungan seksual, sperma dapat bertahan hidup selama dua sampai lima hari, bergantung pada siklus menstruasi wanita tersebut.

6. Keberadaan sperma baru diketahui pada abad ke-17.

7 Fakta menarik tentang sperma laki-laki yang jarang diketahui

Meskipun sperma adalah hal yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia, terkhusus pria setiap harinya, nyatanya keberadaannya sendiri baru disadari pada tahun 1677, tepatnya oleh pakar mikrobiologi sekaligus pencipta mikroskop sederhana bernama Anthony Van Leeuwenhoek. 

Leeuwenhoek pertama kali mengetahui sperma saat ia meneliti air maninya sendiri. Ia menggunakan lensa mikroskop buatannya ketika mengamati air tersebut, dan menemukan adanya makhluk berukuran sangat kecil yang gerakannya menyerupai belut. Ia juga mendeskripsikan makhluk yang dilihatnya itu sebagai makhluk berbentuk bulat dengan ekor panjang di belakangnya.

7. Pria macho belum tentu memiliki sperma yang subur.

7 Fakta menarik tentang sperma laki-laki yang jarang diketahui

Sering kali para wanita beranggapan pria yang memiliki postur tubuh ideal, gagah sudah pasti memiliki sperma yang berkualitas. Padahal tidak demikian. Para ilmuwan berpendapat para wanita juga cenderung lebih menyukai pria bersuara berat karena suara berat berhubungan dengan kadar hormon testosteron, hormon yang berkaitan erat dengan ciri-ciri maskulin pria.

Faktanya, hormon testosteron dalam jumlah yang sangat tinggi dapat mengganggu produksi sperma. Para ilmuwan kemudian berpendapat rendahnya kadar sperma pada pria bersuara berat merupakan kompensasi sekaligus adaptasi yang ditunjukkan oleh tubuh manusia.

Itulah 7 fakta menarik tentang sperma yang jarang diketahui. Bagaimana pendapat kamu?

Source

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

sperma pria wanita laki-laki pria vs wanita
Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Astro-Lo-Gue Ep. 7 - Patah Hati Zodiak Libra, Scorpio, Sagitarius, Capricorn, Aquarius & Pisces! Buat Sobat Brilio yang menunggu-nunggu, Astro-Lo-Gue balik lagi nih! Masih bareng Aby Respati yang bakalan ngelanjutin penjelasan mengenai hal-hal apa ...

ON FIRE

MORE
Back To Top