Brilio
×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Cinta1668

09 Januari 2019 15:27

7 Desainer kondang Indonesia dan karya kebayanya, siapa favoritmu?

Ingin tahu siapa saja desainer kenamaan kebaya di Indonesia? Baca ulasannya berikut ini..

7 Desainer kondang Indonesia dan karya kebayanya, siapa favoritmu?

0



Dalam bidang Fashion, memang Indonesia mungkin belum setenar Italia, Prancis, ataupun Amerika. Tetapi jangan salah, ada banyak hasil rancangan karya anak bangsa yang sudah go International. Beberapa hasil rancangan yang tidak luput dari perhatian netizen adalah baju pengantin, fashion hijab, sampai model kebaya modern dan kekinian.

Menurut Wikipedia Indonesia, kebaya adalah baju atasan tradisional yang dikenakan oleh wanita Indonesia dan terbuat dari bahan tipis yang biasa dikenakan dengan sarung, batik, ataupun pakaian rajut tradisional lainnya seperti songket dengan motif warna-warni.

Nah, buat kamu yang butuh inspirasi mengenai desainer kebaya untuk acara pernikahan, pertunangan, ataupun acara formal lainnya, ini nih 7 desainer kondang kebaya di Indonesia dengan hasil karyanya, kebaya modern yang mengagumkan.

1. Anne Avantie.

7 Desainer kondang Indonesia dan karya kebayanya, siapa favoritmu?

Loading...

Sumber: www.instagram.com

Desainer yang akrab disapa dengan sebutan Bunda Anne ini dikenal dengan rancangan kebaya modern yang seksi dan elegan, dengan menggunakan banyak bordir juga panel transparan. Anne juga sering berkreasi dengan warna baru yang tidak umum dipakai untuk kebaya pengantin, yaitu hitam dan emas. Plus, Anne juga menggabungkan unsur budaya Jawa dan Bali dalam satu tampilan kebaya.

Dalam Indonesian Fashion Week yang diadakan di Jakarta Convention Center tanggal 29 Maret 2018 yang bertema “Sekarayu Sriwedari”, Anne Avantie memamerkan 25 model kebaya modern terbarunya. Ini dia salah satu koleksi terbaiknya.

 

2. Biyan.

7 Desainer kondang Indonesia dan karya kebayanya, siapa favoritmu?

Sumber: www.instagram.com

Biyan Wanaatmadja adalah desainer senior yang telah berkiprah di dunia fashion tanah air lebih dari 35 tahun. Biyan sangat konsisten dalam mengangkat tradisi dan budaya Indonesia dalam setiap masterpiece-nya, terutama kebaya. Desainer asal Surabaya kelahiran tahun 1962 ini dikenal dengan detail payet dan bordirannya yang kompleks, termasuk semua koleksi ready to wear-nya. Dilansir dari Wikipedia, kebaya rancangan Biyan dihargai mulai dari USD 4,500 sampai dengan USD 10,000. Wow, fantastis!

 

3. Ramli.

7 Desainer kondang Indonesia dan karya kebayanya, siapa favoritmu?

Sumber: www.pinterest.com

Desainer kenamaan yang satu ini adalah sang maestro kebaya yang senang menggunakan bordir di atas bahan organdi dengan konsep kebaya tradisional. Seperti pada peragaan besar terakhirnya yang dipamerkan pada bulan November 2012 yang bertema “37 Tahun Ramli Berkarya”. Dalam fashion show tersebut, Ramli menampilkan lebih dari 100 set rancangan terbarunya yang menggunakan kain dari berbagai daerah di Indonesia. Meski ia telah berpulang kepada Sang Pencipta di awal 2013 lalu, namun karya kebayanya yang khas dan detail akan selalu dikenang.

 

4. Ferry Sunarto.

7 Desainer kondang Indonesia dan karya kebayanya, siapa favoritmu?

Sumber: www.instagram.com

Dengan kepiawaiannya, desainer kondang asal Indonesia ini berhasil go International dengan memamerkan salah satu koleksi terbaiknya di Istana Buckeburg, Jerman. Belum lama ini, di butiknya yang berlokasi di Kebayoran Baru, Ferry mengungkapkan keinginannya untuk berkontribusi kepada negara tercinta lewat karyanya.

"Mencintai negara itu tidak harus dengan perang atau hal lainnya, akan tetapi dengan hati. Kalau saya menunjukkannya dengan kebaya. Kebaya bukanlah hal yang bisa dikotak-kotakkan, kita harus membuat sesuatu yang out of the box, yang bisa dipakai untuk semua orang. Siapa bilang kebaya pasangannya kain batik? Kita bisa buat dress atau apapun kok yang membuat kebaya bisa dipakai semua orang," ujar Ferry Sunarto.

 

5. Ivan Gunawan.

7 Desainer kondang Indonesia dan karya kebayanya, siapa favoritmu?

Sumber: www.instagram.com

Siapa yang tidak mengenal Ivan Gunawan? Desainer sekaligus presenter di beberapa acara televisi yang kerap disapa Igun ini memiliki rancangan kebaya yang sangat terkenal di kalangan artis. Sebut saja Ayu Ting Ting, Rossa, Ussy Sulistyowati, dan beberapa artis tidak luput dari sentuhan fashion rancangan kebaya miliknya.

Salah satu ciri khas kebaya rancangan Igun adalah menggunakan kain bercorak garis pelangi secara horizontal. Pemilihan warna ini cukup berani bagi kalangan kaum awam karena warnanya akan bertabrakan. Meski demikian, kebaya rancangan Igun justru semakin elegan dan mampu memberikan kesan yang manis bagi siapapun yang memakainya.

 

6. Adjie Notonegoro.

7 Desainer kondang Indonesia dan karya kebayanya, siapa favoritmu?

Sumber: www.instagram.com

Sebagai seorang desainer senior kelahiran 18 Juli 1961, Adjie Notonegoro banyak bermain dengan kreasi kebayanya. Beberapa yang tidak biasa dari rancangan Adjie adalah membuat kebaya dengan bahan menerawang nan sensual yang memamerkan banyak kulit dengan kombinasi batik prada yang berkilauan.

Kebaya milik Adjie Notonegoro juga bercirikan dengan potongan yang melekat pada tubuh sehingga terlihat jelas lekuk tubuh pemakainya. Pada bagian dada dan lengan dibuat menerawang dengan bordiran bunga-bungaan yang meliuk-liuk. Adjie juga memainkan beberapa warna yang bervariasi mulai dari hitam, merah, beige, pink, hingga putih. Sangat menarik, bukan?

 

7. Marga Alam.

7 Desainer kondang Indonesia dan karya kebayanya, siapa favoritmu?

Sumber: www.instagram.com

Satu lagi desainer kenamaan yang dikenal dengan karya kebaya mewah dan modern, Alm. Marga Alam. Eksplorasi desain kebaya miliknya kerap menggabungkan sentuhan tradisional yang dikemas secara modern lewat tempelan bordir dan juga payet. Desainer keturunan Arab-Jawa ini mengadakan peragaan busana perdananya pada 2014. Dalam peragaan busana bertema “Butterfly” itu, Marga Alam memperlihatkan beragam rancangannya seperti kebaya gaun malam dan cocktail dress kebaya.

Nah, itu tadi 7 rekomendasi desainer kondang Indonesia dan masterpiece hasil rancangannya yang sudah mendunia. Jadi, di antara ketujuh desainer di atas, siapakah desainer favoritmu?

Source

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

Desainer Kebaya Wanita Indonesia Kebaya Indo Desainer Kondang Indonesian Fashion
Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

ON FIRE

MORE
Back To Top