×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Akhila Malika

30 Oktober 2020 15:55

7 Bukti Timur Tengah tak cuma punya padang gurun

Beberapa potret ini menjadi bukti suburnya alam Timur Tengah yang bakal membuat kamu tercengang. .

7 Bukti Timur Tengah tak cuma punya padang gurun

0



Kebanyakan orang pasti berpikir bahwa negara-negara di Timur Tengah adalah negara yang dipenuhi dengan padang pasir, bercuaca panas, dan gersang. Hal tersebut memang benar, namun ternyata tidak di semua negara, lho!

Salah satu negara yang memiliki tempat subur nan sejuk adalah Oman. Negara kaya yang 1 Omani Rialnya seharga Rp 38 ribu rupiah ini, kekayaan dan keindahan alamnya tidak dapat diragukan lagi. Pasti membuat kamu nggak percaya kalau negara ini berada di Timur Tengah.

Yuk, simak tujuh tempat bukti betapa menakjubakannya alam di negara tersebut.

1. Wadi Shab.

wadi shab oman

Loading...

Foto: Dokumentasi pribadi penulis, Desember 2018

Wadi Shab merupakan salah satu tempat sejuk yang berada di salah satu pegunungan di Oman. Di tempat ini, kamu bisa menikmati olahraga hiking ringan sambil menikmati indahnya sungai dan danau yang jernih. Selama pendakian dan perjalanan kurang lebih 3km melewati bebatuan besar, kamu juga bisa melihat keledai-keledai kuat yang sedang membantu penduduk lokal mengangkat barang.

wadi shab oman 2018

Foto: Dokumentasi pribadi penulis, Desember 2018

Perjalanan ini mungkin terdengar jauh dan melelahkan. Namun jangan salah, di ujung jalan semua akan terbayar. Kamu akan disuguhkan oleh pesona air terjun dan gua di atas sungai yang super menakjubkan.

Untuk menuju ke air terjun tersebut kamu harus berenang di sungai dan melewati gua yang cukup sempit sepanjang beberapa inci dan menyelam beberapa detik. Berikut potret sungai dan air terjun yang pasti akan membuat kamu kaget!

wadi shab oman

Foto: https://www.instagram.com/p/B7eMHrMglWW/?igshid=337iyeei8d5s

wadi  shab oman

Foto:https://www.instagram.com/p/BsHpDb1HSHL/?igshid=1wiidkswx2omc

waterfall at  wadi shab oman

Foto:https://www.instagram.com/p/CAX2Wd4g4Wo/?igshid=16yod64saxlmz

2. Bimmah Sink Hole.

Seperti namanya, tempat ini adalah sebuah lubang besar berisi danau yang dalam dengan air yang menyegarkan. Bimmah Sink Hole yang terletak tidak jauh dari Wadi Shab merupakan sebuah lubang berkedalaman sekitar 20 meter dengan danau di dalamnya yang juga berkedalaman sekitar 20 meter. Airnya jernih dan sejuk, dilengkapi dengan bebatuan di pinggirnya yang cocok untuk duduk bersantai sambil bermain air. Biasanya, turis datang untuk berenang dan lompat dari ketinggian lubang menuju ke dalamnya danau.

bimmah sink  hole   oman 2018

Foto: Dokumentasi pribadi penulis, Desember 2018

3. Nizwa Fort.

Yup, tempat ini adalah salah satu benteng bersejarah milik negara Oman yang berada di Nizwa, berjarak sekitar 2 jam dari ibu kota, yaitu Muscat. Selain bentengnya yang sangat instagramable dan menjadi tempat favorite turis untuk berfoto, tempat ini memiliki spot yang menyejukkan.

nizwa fort

Foto: Dokumentasi pribadi penulis, Desember 2019

Tampak luar dari Nizwa Fort ini memang tidak subur sama sekali. Namun, ketika sudah masuk ke dalam benteng dan menyusurinya, kamu akan menemukan halaman luas dengan banyak pepohonan dan rerumputan hijau. Disediakan juga ayunan dari kain tradisional yang bisa kamu duduki sambil menikmati damainya suasana di tempat tersebut dan melihat unta serta sapi yang sedang bekerja menimba air.

nizwa  fort oman 2019

Foto: Dokumentasi pribadi penulis, Desember 2019

nizwa fort oman   2019

Foto: Dokumentasi pribadi penulis, Desember 2019

4. Qurm Beach.

Tempat yang ke-4 ini adalah sebuah pantai cantik dengan laut birunya. Yup, pantai ini terletak di Al Qurm, Oman. Di pantai ini, kamu bisa camping sambil duduk di rerumputan hijau, bersih, dan rapi.

Jika tidak suka camping, kamu juga bisa pergi ke café dan restaurant pinggir pantai yang suasananya sangat syahdu. Kamu juga bisa menyewa jetski untuk menikmati laut indah milik negara kesultanan ini. 

qurm beach oman 2018

Foto: Dokumentasi pribadi penulis, Desember 2018

5. Marina Bandar Al Rowdha.

Kali ini masih berbicara seputar laut cantik milik negara penghasil minyak. Sungguh menakjubkan laut yang berada di lereng pegunungan Al-Hajar, Oman ini. 

Marina Bandar Al Rowdha menyuguhkan pemandangan dan kekayaan lautnya yang tak kalah indah dengan Maldives yang selalu menjadi impian para traveler dunia untuk dikunjungi.

Tempat ini memiliki ribuan lumba-lumba yang bisa kamu tonton secara dekat dengan speedboat yang disewa seharga Rp 380 ribu rupiah selama 90 menit. Hamparan laut biru yang begitu indah bak kain sutra, memanjakan matamu juga dengan pemandangan dari  pegunungan Al-Hajar dan tebing berlubang yang sangat  ikonik.

marina bandar al rowdha

Foto: Dokumentasi pribadi penulis, Oktober 2019

Cantik, kan, pemandangan di laut ini? Seberapa percaya kamu laut yang dihiasi lumba-lumba di atas punya negara di Timur Tengah?

6. Jabal Akhdar.

Dijamin kamu nggak akan percaya kalau tempat  ini berada di Oman. Jabal Akhdar, salah satu area di atas gunung yang puncaknya hanya  bisa ditempuh dengan  mobil jenis SUV (Sport Utility Vehicle) oleh sebab sulitnya jalanan yang dimilikinya. Simak gambar berikut, yuk, apa sebenarnya keisitimewaan tempat ini.

jabal  akhdar oman

Foto: https://www.travelplusstyle.com/hotels/alila-jabal-akhdar

jabal akhdar in  snow

Foto: http://www.hifmradio.com/trending/subzero/

Siapa  sangka,  negara Oman yang bisa mencapai suhu 53 derajat selsius pada saat musim panas, memiliki tempat yang begitu dingin sampai bersalju saat muim dingin! Sulit dipercaya, bukan?

Namun tempat ini benar-benar ada dan merupakan tebing-tebing kokoh menakjubkan yang bersuhu lebih rendah dibanding tempat lain serta pada musimnya bisa sampai diselimuti salju.

Kamu bisa mendirikan tenda dan membakar api unggun serta barbeque-an bersama teman-temanmu di sini. Namun jika lebih suka akan kemewahan, tempat ini juga menyediakan resort-resort mewah seperti Alila atau Anantara dengan pemandangan yang sudah pasti menjadi mimpi semua orang di dunia  ini untuk pergi ke sana.

alila jabal  akhdar

Foto: https://www.travelplusstyle.com/hotels/alila-jabal-akhdar 

7. Salalah.

Tempat ini merupakan nama salah satu kota yang dimiliki negara Oman.  Kota ini terkenal dengan banyaknya tempat sejuk dan subur yang sangat cocok untuk menenangkan hati dan pikiran para traveler.

Namun hijaunya alam ini tidak bisa dinikmati setiap saat, puncak keindahan dan kesuburannya hanya muncul pada bulan Juli sampai  September. Lihatlah jernihnya sungai dengan hijaunya alam yang pasti membuat kamu lagi-lagi tidak percaya kota ini  berada di Timur Tengah.

salalah oman

Foto: https://www.remotelands.com/travelogues/4-reasons-you-dont-want-to-miss-salalah-this-fall/

Nah, mau memasukkan negara Oman ke daftar liburan kamu setelah pandemi berakhir? Yup, jangan ragu dan mulailah menabung dari sekarang demi merasakan pengalaman menakjubkan melihat kesuburan yang dimiliki alam salah satu negara di Timur Tengah ini.

Source

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

Oman jalan-jalan traveling timur tengah arab
Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Astro-Lo-Gue Ep. 7 - Patah Hati Zodiak Libra, Scorpio, Sagitarius, Capricorn, Aquarius & Pisces! Buat Sobat Brilio yang menunggu-nunggu, Astro-Lo-Gue balik lagi nih! Masih bareng Aby Respati yang bakalan ngelanjutin penjelasan mengenai hal-hal apa ...

ON FIRE

MORE
Back To Top