×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Benni Ihsan

01 Mei 2019 13:59

7 Alasan melakukan kesalahan itu baik, bisa jadi manusia seutuhnya

Kesalahan tidak selalu buruk, reaksi manusia terhadap kesalahan itulah yang buruk..

7 Alasan melakukan kesalahan itu baik, bisa jadi manusia seutuhnya

0



"Saya melakukan kesalahan." Kalimat itu sulit dikatakan oleh siapa pun. Namun sejujurnya, semua orang pernah melakukan kesalahan karena itu adalah bagian dari proses pembelajaran.

Kesalahan tidak selalu buruk, reaksi manusia terhadap kesalahan itulah yang buruk. Kita suka menyalahkan diri sendiri setelah melakukan kesalahan yang ceroboh. Kita berjuang menjadi sempurna dan benci untuk mengecewakan orang lain. Tetapi, kenyataannya kita pun tak bisa lepas dari kesalahan. 

Jangan menolak atau menyangkal kesalahan-kesalahan yang pernah dilakukan karena pada akhirnya kita harus hidup dengan apa yang telah kita lakukan. Perbaiki kesalahan itu dan sadarilah bahwa kesalahan adalah kunci untuk membantu kita menjalani kehidupan yang lebih bahagia.

Nah, berikut ini tujuh penjelasan kenapa melakukan kesalahan itu baik.

1. Kesalahan adalah pelajaran hidup.

Loading...

Setiap kesalahan yang telah dilakukan adalah pelajaran yang berharga. Kesalahan adalah cara kehidupan membantu kita belajar menjadi lebih baik. 

Belajar dari kesalahan hanya bisa dilakukan bila kita mau mengakui kesalahan. Pengakuan itu akan membuat perasaan kita menjadi lebih baik daripada menghukum diri dengan menuduh bahwa kita tidak baik.

Ingatlah. Kita bukanlah satu-satunya orang yang melakukan kesalahan di dunia ini. Ingatlah, bahwa semua orang pasti melakukan kesalahan.

 

2. Tidak ada manusia yang sempurna.

Sebagai manusia kita terus berjuang mencapai kesempurnaan dalam hidup. Kita terus mencoba dan terus gagal mewujudkannya. Karena begitulah kodrat kehidupan, tidak ada manusia yang sempurna. Karena ketidak sempurnaan itulah kita sulit menghindar dari kesalahan. Maka, terimalah ketidak sempurnaan itu dan berusahalah melakukan yang terbaik.

 

3. Kita ini manusia.

Manusia adalah gudang kesalahan. Berbuat salah adalah bagian dari menjadi manusia. Jika ada yang berpikir bahwa orang lain lebih sempurna, buanglah dugaan itu dari pikiran kita sekarang juga. 

Ingatlah bahwa setiap orang pasti berbuat salah dan tidak bisa menghindar dari berbuat salah. Sebaik-baiknya kita menghindari kesalahan, kesalahan itu akan tetap ada. Maka, ingatlah bahwa berbuat salah itu tidak apa-apa selama kita bersedia memperbaikinya.

 

4. Kesalahan membantu kita tumbuh menjadi pribadi yang kuat.

Berbuat salah bukanlah akhir dari dunia. Setelah melakukan kesalahan, hal terbaik yang harus dilakukan adalah memperbaikinya. Kesalahan bisa menjadi refleksi dalam mengambil setiap keputusan. Kita akan belajar cara yang benar dari setiap kesalahan. 

Ingatlah bahwa pribadi yang kuat bukanlah orang yang tidak pernah berbuat salah, tetapi orang yang bisa belajar dari kesalahannya. Kita tidak bisa belajar apapun tanpa ada kesalahan.

 

5. Memiliki kesempatan untuk lebih baik.

Kesalahan akan membuat kita memiliki kesempatan lebih banyak untuk mengetahui kebenaran. Orang yang tidak pernah berbuat salah tidak akan belajar apa-apa dari kehidupan dan tidak punya kesempatan menjadi lebih baik karena orang yang tidak pernah salah adalah orang yang tidak melakukan apa-apa.

Karena itu, bila bersalah pada orang lain, minta maaflah, maka kesempatan menjadikan hubungan itu lebih baik terbuka lebar. Jika gagal, maka berusaha lagi dan perbaiki kesalahan penyebab kegagalan itu, maka kesempatan mendapatkan hasil terbaik semakin besar.

 

6. Kesalahan adalah cambuk.

Sudah kodratnya manusia bertekad menjadi lebih baik setelah melakukan kesalahan. Kesalahan membantu kita memperbaiki diri. Kesalahan akan mendorong kita menjadi lebih baik. Tidak peduli berapa pun banyaknya kesalahan yang telah kita lakukan, kesalahan akan menginspirasi kita untuk melakukan hal-hal yang lebih benar. 

 

7. Kesalahan bukan penentu kehidupan.

Kesalahan bukanlah penentu sisa hidup kita. Kesalahan berarti belajar untuk menjadi lebih kuat. Bangkitlah dari kesalahan. Tunjukkan kepada semua orang bahwa kita kuat dan bahwa kita bisa mengatasi kesalahan-kesalahan itu. 

Ingatlah selalu bahwa kesalahan adalah bagian dari hidup kita. Maka, renungkanlah. Ambil napas dalam-dalam dan atasi kesalahan kita. Jangan pernah biarkan kesalahan menyeret kita ke kehidupan rendah sebagai orang yang tidak melakukan apa-apa dalam hidup ini. 

Kesalahan tidak membuat kita menjadi orang paling buruk di dunia. Kesalahan akan menjadikan kita manusia seutuhnya. Camkan bahwa kita lebih kuat dari kesalahan itu.*

Source

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

#stress cinta hubungan kesalahan kesempatan
Loading...
Creator Banner

Gak perlu khawatir, tulisan kamu bisa tetap
TERBACA DAN TRENDING di Brilio.net

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Astro-Lo-Gue Ep. 7 - Patah Hati Zodiak Libra, Scorpio, Sagitarius, Capricorn, Aquarius & Pisces! Buat Sobat Brilio yang menunggu-nunggu, Astro-Lo-Gue balik lagi nih! Masih bareng Aby Respati yang bakalan ngelanjutin penjelasan mengenai hal-hal apa ...

ON FIRE

MORE
Back To Top