Brilio
×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Albaihaki Kn

19 Juni 2019 15:36

6 Tips menghindari kenaikan berat badan saat Hari Raya selanjutnya

Jagalah tubuh agar tetap sehat setelah Hari Raya..

6 Tips menghindari kenaikan berat badan saat Hari Raya selanjutnya

0



Gambar oleh TeroVesalainen dari Pixabay

 

Idulfitri merupakan hari yang besar bagi umat Islam. Pada Hari Raya yang juga disebut dengan Lebaran ini umat Islam di Indonesia merayakan atau memeriahkannya dengan bersilaturahmi dengan sesama.

Pada saat Lebaran mereka menyajikan beragam masakan atau makanan yang biasanya tidak ditemukan pada hari biasa. Makanan yang disajikan tentunya juga bertujuan untuk menyambut tamu yang datang ke rumah untuk bersilaturahmi.

Dari makanan ringan hingga makanan berat pasti ada saat Lebaran. Lebaran tanpa ada makanan tidak lengkap rasanya. Karena tradisi yang sudah ada di Indonesia atau juga mungkin di negara lain yang sudah berjalan lama.

Nah, umat Islam yang merayakan Idulfitri tentu mengerti bagaimana cara menikmati Hari Raya ini tanpa menimbulkan mudharat baginya. Meskipun ada berbagai macam makanan pada saat Lebaran, tidak mengharuskan kita untuk memakan semuanya atau mencobanya satu per satu.

Loading...

Kita harus dapat mengontrol makanan yang kita makan. Jangan sampai pada saat Lebaran malah menjadi saat di mana berat badan menjadi naik setelah berpuasa di bulan Ramadan.

Berikut merupakan tips agar tidak mengalami kenaikan berat badan pada saat menikmati Idulfitri.

1. Pilih makanan yang lebih sehat.

Saat memilih makanan pada Lebaran, pilihlah makanan yang lebih sehat dahulu. Kemudian setelah itu barulah makan makanan yang lain. Misalnya, pilih sayur-sayuran, buah-buahan, atau kacang-kacangan terlebih dahulu. Setelah itu barulah makan opor ayam. Hal ini bertujuan agar kamu merasa kenyang setelah makan makanan yang sehat sebelum makan makanan tinggi kalori.

2. Kontrol porsi yang kamu makan.

Bagaimanapun kamu mungkin tidak bisa untuk menahan diri dari memakan makanan yang tinggi kalori. Maka yang harus kamu lakukan adalah mengurangi porsi yang kamu makan. Memakan makanan tinggi kalori dalam porsi yang kecil merupakan pilihan bijak yang dapat kamu lakukan.

Kamu tidak boleh terlena akan makanan yang tersedia. Dengan mengontrol porsi makanan, maka kamu dapat memperkecil risiko kenaikan berat badan pada dirimu.

3. Minum 1-2 air putih sebelum makan.

Kita dianjurkan untuk rutin meminum air putih dalam sehari. Selain untuk kesehatan, meminum air putih merupakan cara untuk mencegah diri dari rasa lapar, khususnya diminum pada saat sebelum makan.

Ketika minum air putih 1-2 gelas sebelum makan akan membuat perut terisi dan mencegah kita untuk makan berlebihan.

4. Batasi makan bersantan, manis, berlemak, dan berkalori tinggi.

Makanan yang mengandung gula, minyak, dan garam haruslah dikurangi. Komposisi makanan hendaklah yang seimbang. Makanan berkalori tinggi dapat menyebabkan berat badan kita lebih cepat naik, apalagi dimakan dalam jumlah yang banyak.

Dan yang paling penting untuk seseorang yang mempunyai kolestrol tinggi atau juga penyakit diabetes, maka makanan ini haruslah dihindari sebab dapat menyebabkan penyakit itu kambuh. Oleh karena itu hendaknya kita mengatur atau mengontrol diri dari makanan yang manis dan juga mengandung kalori yang tinggi ini.

5. Beri jeda waktu sama makan.

Ketika kita makan saat berkumpul ataupun saat santai di rumah, berilah jeda waktu saat kita makan. Jeda waktu sekitar 20-30 menit. Ini karena sesaat setelah makan atau setelah jeda waktu 20-30 menit tubuh kita baru bisa berpikir bahwa yang kita makan itu sudah cukup. Sebaliknya jika kita makan terus-terusan tanpa jeda maka tanpa terasa kita sudah makan makanan yang banyak dan akan merasa kekenyangan. Hal itu dapat menyebabkan berat badan bertambah.

6. Minum teh hijau.

Setelah makan makanan yang berminyak atau berkalori tinggi saat berlebaran ke rumah sanak saudara, ketika pulang ke rumah kamu bisa minum teh hijau guna membantu melarutkan makanan yang mengandung minyak yang masuk ke tubuh.

Teh hijau bisa membantu proses pembakaran lemak dan kandungan minyak bisa sedikit dikeluarkan. Tentu lumayan juga untuk dikonsumsi daripada tidak sama sekali. Teh hijau ini juga dapat membantu menurunkan berat badan jika dikonsumsi dengan cara yang benar dan teratur.

7. Jangan lupa berolahraga.

Olahraga merupakan hal yang paling penting dalan mencegah kenaikan berat badan. Dari semua tips di atas olahraga bisa menjadi suatu aktivitas yang dapat menjaga agar tubuh tetap sehat dan tidak mengalami berat badan berlebih.

Olahraga yang dapat kita lakukan yakni, jogging, bersepeda, dan yang paling simpel yaitu push up dan sit up yang dapat mudah dilakukan di rumah.

Seharusnya, olahraga memang merupakan aktivitas yang harus kita lakukan demi mendapatkan tubuh yang sehat. Maka hendaknya kita harus mengimbangi makanan yang masuk ke tubuh kita dengan berolahraga.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

Hidupsehat Olahrag Diet Makanansehat Lebaran
Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Astro-Lo-Gue Ep. 7 - Patah Hati Zodiak Libra, Scorpio, Sagitarius, Capricorn, Aquarius & Pisces! Buat Sobat Brilio yang menunggu-nunggu, Astro-Lo-Gue balik lagi nih! Masih bareng Aby Respati yang bakalan ngelanjutin penjelasan mengenai hal-hal apa ...

ON FIRE

MORE
Back To Top