×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Sari Nur Anisa

18 Januari 2021 14:05

6 Salat sunah ini punya keutamaan yang rugi jika kamu tinggalkan

Salat sunah ini punya berbagai keutamaan yang perlu kamu ketahui..

6 Salat sunah ini punya keutamaan yang rugi jika kamu tinggalkan

0



Foto: mohamed Hassan dari Pixabay

Sunah artinya bila dikerjakan akan mendapatkan pahala dan apabila tidak dikerjakan maka tidak apa-apa namun rugi. Meski tak bersifat wajib, salat sunah memiliki keutamaan yang besar jika kamu laksanakan. Nah, mulai dari sekarang biasakan mengerjakan amalan sunah karena pahala dan keutamaannya gak main-main lho.

Berikut ini merupakan beberapa salat sunah yang punya berbagai keutamaan, rugi banget jika kamu tinggalkan.

1. Salat tahajud.

"Dan pada sebagian malam, lakukanlah sholat tahajud (sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu: mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji." (QS. Al-Isra' 17: Ayat 79)

Adapun keutamaan dari shalat tahajud ialah:

Loading...

a. Karier melesat.

Mari selami hadis berikut: "Allah Subhanahu wa Ta’ala turun ke langit dunia setiap malam, ketika tersisa sepertiga malam terakhir. Kemudian Allah berfirman: Siapa yang berdoa kepada-Ku akan Aku ijabahi doanya, siapa yang meminta-Ku akan Aku beri dia, dan siapa yang minta ampunan kepada-Ku akan Aku ampuni dia.” (HR. Bukhari)

Jadi jika kamu kesulitan, berdoa dan mintalah kepada Allah saat malam hari khususnya di sepertiga malam yang merupakan waktu mustajab agar doamu dikabulkan.

b. Mendapat ampunan dari segala dosa (dosa berat maupun dosa kecil).

Keutamaan salat tahajud berikutnya adalah mendapat ampunan dari segala dosa, baik itu dosa besar maupun dosa kecil. Bertobat dan berdoalah segenap kesungguhan hati dan berjanji tidak akan mengulanginya lagi saat sepertiga malam. Karena di sepertiga malam itu adalah waktu di mana doa dikabulkan atas seizin Allah SWT.

c. Mendapat solusi terbaik.

Kamu pernah mengalami perasaan galau, baik karena masalah keluarga, pekerjaan, maupun yang lainnya? Dengan salat tahajud maka kamu akan mendapat ketenangan hati karena kamu yakin bahwa Allah adalah solusi dari setiap permasalahan yang kamu alami saat ini.

Saat sepertiga malam juga merupakan waktu yang sangat pas untuk beribadah karena suasananya yang hening dan tenang akan membuat ibadahmu makin khusyuk. Maka tidak perlu galau lagi, cukup dengan bangun saat sepertiga malam dan laksanakan salat tahajud.

d. Mendapat pertolongan Allah SWT.

Saat mendapatkan kesulitan dalam urusan dunia maka jawabannya adalah memohon pertolongan atas masalah yang kamu hadapi saat ini. Sepertiga malam adalah waktu terbaik agar terkabulnya doa.

2. Salat sunah rawatib.

Salat sunah rawatib terdiri dari qabliyah (sebelum) dan ba’diyah (sesudah) yang mana terdiri dari 12 rakaat. Rasululah SAW bersabda: “Barangsiapa yang mengerjakan shalat 12 rakaat (sunnah rawatib) sehari semalam, akan dibangunkan baginya rumah di surga.” (HR. Muslim)

3. Salat witir.

Salat witir merupakan salat yang sangat dicintai Allah SWT. Salat witir dikerjakan pada pertengahan akhir malam dengan rakaat ganjil minimal 1 (satu) rakaat. Salat witir juga mempunyai banyak keutamaan karena salat saat pertengahan akhir malam ini disaksikan oleh para malaikat, di antaranya adalah diampuninya dosa-dosa dan terkabulnya doa.

4. Salat duha.

Banyak sekali keutamaan dari salat duha, di antaranya adalah dimudahkannya rezeki. Simak hadist berikut ini: “Wahai anak Adam, janganlah engkau luput dari empat rakaat di awal harimu, niscaya akan Aku cukupkan untukmu (rezeki)  di sepanjang hari itu.” (HR. Ahmad).

Selain itu keutamaan lain dari salat duha adalah diampuni dosa-dosa dan dimudahkan segala urusan.

5. Salat fajr atau qabliyah subuh.

Tahukah kamu siapakah orang yang paling kaya? Orang yang paling kaya di sisi Allah adalah orang yang mengerjakan dua rakaat sebelum salat subuh. Coba selami hadis berikut: “Dua rakaat shalat Fajr (shalat sunnah qabliyah shubuh) lebih baik daripada dunia dan seisinya.” (HR. Muslim)

6. Salat sunah wudu.

Salat sunah ini sayang banget jika ditinggalkan. Jika dikerjakan jaminannya gak main-main, seperti termaktub dalam hadis berikut: “Tidaklah seseorang berwudhu dan menyempurnakan wudhunya, lalu shalat dua rakaat dengan sepenuh hati dan jiwa melainkan wajib baginya mendapatkan surga.” (HR. Muslim)

Dari keutamaan-keutamaan di atas, rugi rasanya bila amalan sunah tersebut kita tinggalkan. Yuk, perbaiki diri dari sekarang.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

shalattahajud keutamaanshalatdhuha shalatwitir shalatsunnah
Loading...
Creator Banner

Gak perlu khawatir, tulisan kamu bisa tetap
TERBACA DAN TRENDING di Brilio.net

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Astro-Lo-Gue Ep. 7 - Patah Hati Zodiak Libra, Scorpio, Sagitarius, Capricorn, Aquarius & Pisces! Buat Sobat Brilio yang menunggu-nunggu, Astro-Lo-Gue balik lagi nih! Masih bareng Aby Respati yang bakalan ngelanjutin penjelasan mengenai hal-hal apa ...

ON FIRE

MORE
Back To Top