Brilio
×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Hasni Husaini

24 Januari 2020 10:40

6 Permainan anak tradisional ini bisa dipertandingkan di event sekolah

Permainan tradisional yang mengajarkan banyak nilai sosial memang perlu dilestarikan..

6 Permainan anak tradisional ini bisa dipertandingkan di event sekolah

0



Seiring perkembangan teknologi yang semakin maju, permainan yang dimainkan oleh anak-anak pun mulai beralih. Kebanyakan anak-anak saat ini cenderung lebih suka bermain gadget yang terdapat banyak game menarik di dalamnya. Sehingga, permainan tradisional kini mulai ditinggalkan dan hanya sedikit anak-anak yang masih memainkannya. Padahal, permainan tradisional banyak mengajarkan nilai-nilai sosial yang baik. Oleh karena itu, sejatinya permainan tradisional perlu untuk terus dilestarikan.

Lalu, seperti apa cara melestarikannya? Salah satu caranya adalah dengan memasukkan permainan tradisional ke dalam event sekolah semisal perlombaan antar kelas atau class meeting. Nah, berikut ini beberapa permainan tradisional yang bisa dipertandingkan di sekolah.

1. Kelereng.

kelereng

Sumber foto: republika.co.id

Loading...

Kelereng adalah permainan tradisional yang sangat layak dipertandingkan di sekolah. Kenapa Karena di beberapa daerah, permainan kelereng ini punya banyak cabang permainan seperti pot, apollo, lempar, dan lainnya. Selain itu, kelereng juga biasa dimainkan oleh dua orang atau lebih dan membutuhkan ketepatan akurasi dalam menyentil kelereng gacoan agar mengenai kelereng yang ditargetkan. Ditambah lagi, permainan kelereng ini ada kejuaraan dunianya, lho. Menarik, bukan?

2. Benteng.

benteng

Sumber foto: appletreebsd.com

Permainan ini dimainkan oleh dua grup yang terdiri dari empat sampai delapan orang. Masing-masing grup memilih suatu tempat sebagai markas, biasanya sebuah tiang, batu, atau pilar sebagai 'benteng'. Dan tujuan utama permainan ini adalah untuk menyerang dan mengambil alih 'benteng' lawan dengan menyentuh tiang atau pilar yang telah dipilih oleh lawan dan meneriakkan kata 'benteng'. Tentu saja, taktik dan strategi sangat diperlukan untuk bisa memenangkan permainan ini. Karena itu, jika permainan ini dipertandingkan di sekolah, pasti seru, deh.

3. Sunda Manda.

sunda-manda

Sumber foto: seruni.id

Di beberapa daerah, permainan ini disebut éngklék, téklék, ingkling, dan lain sebagainya. Permainan ini bisa dimainkan oleh dua orang atau lebih. Cara bermainnya adalah setiap pemain melompat menggunakan satu kaki di setiap petak yang digambar di atas tanah.

Untuk bisa bermain, setiap anak harus berbekal gacuk yang biasanya berupa pecahan genting yang nantinya ditempatkan di salah satu petak dengan cara dilempar. Petak yang ada gacuknya tidak boleh diinjak atau ditempati oleh setiap pemain, jadi para pemain harus melompat ke petak berikutnya dengan satu kaki mengelilingi petak-petak yang ada.

Pemain yang telah menyelesaikan satu putaran terlebih dahulu, berhak memilih sebuah petak untuk dijadikan "sawah" mereka. Di akhir permainan, pemain yang memiliki "sawah" paling banyak itulah pemenangnya.

Karena pemenang ditentukan oleh banyaknya "sawah", maka strategi juga diperlukan. Terutama dalam memilih "sawah". Tujuannya tentu supaya lawan kesulitan dalam melompati petak dan gagal menyelesaikan gilirannya.

Nah, kalau permainan ini dipertandingkan di sekolah, kamu bakal ikutan nggak, nih?

4. Congklak.

congklak

Sumber foto: indonesia.go.id

Permainan ini hanya bisa dimainkan oleh dua orang. Kedua pemain saling berhadapan dan bertugas mengadu keterampilan dan strategi dalam memindahkan biji-biji congklak (biasanya berupa cangkang kerang kecil) yang ada di atas papan congklak. Jika biji-biji congklak sudah tidak ada yang boleh dipindahkan, maka permainan berakhir. Dan pemenangnya adalah pemain yang mengumpulkan biji paling banyak.

Kalau soal seru, nggak usah ditanya, deh. Maka dari itu, permainan congklak ini layak banget dipertandingkan di sekolah.

5. Bekel.

bekel

Sumber foto: solotrust.com

Alat yang dibutuhkan untuk permainan ini hanya sebuah bola pantul dan bidak (biji). Jumlah bidak (biji) yang digunakan tergantung pada variasi permainan yang akan dimainkan. Sedangkan jumlah pemainnya minimal dua orang.

Cara bermainnya sederhana saja. Yaitu dengan memantulkan bola, lalu mengambil sejumlah bidak di atas lantai permainan sesuai ketentuan, sebelum bola jatuh ke lantai lagi. Kecekatan tangan jelas menjadi kunci untuk memenangkan permainan ini.

Meskipun umumnya congklak dimainkan oleh anak perempuan, tapi anak laki-laki juga boleh memainkannya, kok. Jadi, kalau congklak dipertandingkan di sekolah, semua bisa ikutan main.

6. Egrang.

egrang

Sumber foto: kompasiana.com

Alat permainan ini berupa batang bambu/kayu yang dimodifikasi sehingga dapat dipijak seperti gambar di atas. Permainan ini bisa dimainkan oleh banyak orang. Dan biasanya permainan ini juga sering dilombakan dengan cara balapan. Pemenang permainan ini tentu saja pemain yang lebih dulu mencapai garis finis.

Meski seru, permainan ini cukup berisiko. Butuh keahlian dan keterampilan serta keseimbangan yang baik agar tidak terjatuh dari egrang. Gimana? Tertarik untuk balapan egrang saat class meeting?

Selain permainan di atas, tentu masih banyak lagi permainan tradisional lain yang juga layak dipertandingkan atau dimainkan di sekolah. Yang terpenting adalah kita harus melestarikan permainan tradisional dalam sebuah kegiatan yang rutin seperti lomba di sekolah. Bermain permainan tradisional di event rutin sekolah itu ide yang cukup menarik, bukan?

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

permainan anak-anak permainan tradisional sekolah lomba sosial
Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

ON FIRE

MORE
Back To Top