Brilio
×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Istimrora Raka D.

11 September 2019 13:03

6 Pasar unik di dunia, ada yang jual berbagai hal tak lazim

Bahkan ada yang jual jodoh..

6 Pasar unik di dunia, ada yang jual berbagai hal tak lazim

0



Pasar pada umumnya merupakan tempat transaksi jual beli. Seperti diketahui, umumnya barang-barang yang dijual berhubungan dengan kebutuhan sehari-hari seperti bahan pangan, pakaian, dan lain-lain. Namun percaya atau tidak, ada juga lho pasar yang menjual hal tidak lazim di telinga kita. Mulai dari tempat sampai sejarah berdirinya pasar tersebut pun unik. Hal inilah yang membuat pasar-pasar ini memiliki nilai lebih di mata wisatawan lokal sampai mancanegara.

Penasaran apa saja pasar unik tersebut dan barang apa yang dijualnya? Baca terus artikel ini ya.

1. Maeklong Market, Thailand.

Maeklong Market

Kalau di pasar ini sih yang dijual biasa saja seperti pasar pada umumnya. Tapi, pasar Maeklong yang ada di negara Thailand ini bisa dibilang cukup ekstrim. Pasalnya, letak pasar ini berada di pinggiran rel kereta api yang masih aktif! Bangunan semi permanen pasar dibangun nyaris menutupi rel. Kalau ada kereta api yang mau lewat, mereka menghentikan proses jual beli dan bergegas merapikan dagangannya. Para pedagang akan menyibak tenda di depan pasar mereka sampai kereta api tersebut lewat. Namun setelahnya, kegiatan berjualan dilanjutkan kembali.

Loading...

2. Witch Market, Bolivia.

bolivia Gambar oleh OpenClipart-Vectors dari Pixabay

Gambar oleh OpenClipart-Vectors dari Pixabay

Mendengar namanya, apakah pasar ini menjual barang-barang yang ada di serial Harry Potter seperti tongkat sihir dan semacamnya? Sayangnya bukan begitu. Pasar ini disebut pasar penyihir karena yang dijajakan lebih ke benda-benda aneh seperti janin hewan yang sudah dikeringkan, bangkai hewan, hewan yang diawetkan, bulu burung hantu, sampai asteroid luar angkasa juga ada!

3. Spider Market, Kamboja.

Spider Market

Sesuai dengan namanya, pasar ini memang menjual laba-laba. Bukan untuk dipelihara, tapi justru untuk dikonsumsi sebagai camilan! Membayangkannya saja geli dan jijik ya, bagaimana memakan laba-laba? Tapi kata orang yang pernah mencobanya langsung, rasanya gurih dan sedap seperti campuran daging ayam dan ikan. Pasar yang terletak di Kamboja ini menyediakan berbagai jenis laba-laba, mulai dari yang kecil hingga tarantula yang segede telapak tangan manusia dewasa. Tertarik ke sini?

4. Voodoo Fetish Market, Togo.

Voodoo Fetish MArket

Tahu voodoo? Kita sih mungkin mengenalnya sebagai santet dari Afrika. Konon pasar yang terletak di negara Togo ini merupakan pasar voodoo terbesar di dunia ini. Dalam pasar ini, banyak dijual peralatan voodoo antara lain boneka voodoo, tengkorak, jantung kuda, hingga kaki gajah. Rata-rata benda tersebut adalah bahan dasar obat atau ramuan tradisional. Tabib di Togo meyakini kalau ramuan tersebut terbukti ampuh untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Pasalnya, pasar ini dijadikan semacam apotek alternatif bagi masyarakat yang tak punya cukup uang untuk berobat ke tabib.

5. Gypsy Bride Market, Bulgaria.

Gypsy Bride Market

Pasar tradisional yang digelar rutin satu kali dalam empat tahun di Desa Stara Zagora tersebut tidak menjual bahan makanan atau peralatan kebutuhan rumah tangga. Gypsy Bride Market merupakan tempat para pria lajang mencari istri idaman. Layaknya pasar pada umumnya, para calon istri di Gypsy Bride Market dapat dinikahi dengan cara dibeli.

Daily Mail pernah melaporkan bahwa kisaran harga jual para calon istri berada di angka Rp37 juta-Rp73 juta. Namun, belakangan nominal tersebut mengalami penurunan dengan harga termurah mencapai Rp3 juta. Harga yang ditetapkan ditentukan berdasarkan dua hal, yakni kondisi fisik perempuan dan proses tawar menawar antar kedua pihak. Semakin cantik perempuan yang ditawarkan maka akan semakin mahal pula harganya. Jomblo mau ke sini?

6. Pasar Bisu, Sumatera Barat, Indonesia.

Pasar Bisu

Mungkin kamu akan bingung dan mengerutkan dahi saat datang ke Pasar Ternak Koto Baru di Desa Cubadak, Kabupaten Tanah Datar, Sumbar. Sebabnya, di pasar ini terdapat tradisi Marosok, yaitu tradisi jual beli sapi hidup lewat bahasa isyarat tangan yang ditutupi benda lain seperti kain, sarung, baju, hingga topi. kain.

Pasar ini hanya buka hari Selasa. Tak sedikit wisatawan yang datang untuk melihat keunikan pasar tersebut dari dekat. Tanpa mengucapkan sepatah kata pun, pembeli dan penjual di sini akan berjabat tangan dalam waktu yang lama. Saat itulah mereka sedang menyepakati harga. Jari mereka bermain, bergoyang ke kiri dan kanan. Setiap jari juga melambangkan nilai uang, mulai dari puluhan, ratusan, hingga jutaan rupiah. Marosok ini juga bertujuan supaya harga ternak yang dibeli tak diketahui banyak orang. Hewan ternak yang dijual di sini adalah sapi, kerbau, kambing, dan domba. Mau coba belanja di sini?

Source

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

pasar jual beli indonesia luar negeri unik
Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Astro-Lo-Gue Ep. 7 - Patah Hati Zodiak Libra, Scorpio, Sagitarius, Capricorn, Aquarius & Pisces! Buat Sobat Brilio yang menunggu-nunggu, Astro-Lo-Gue balik lagi nih! Masih bareng Aby Respati yang bakalan ngelanjutin penjelasan mengenai hal-hal apa ...

ON FIRE

MORE
Back To Top