×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Harry Rezqiano

14 Februari 2021 09:57

6 Organisasi kejahatan fiktif dalam serial TV dan film populer

Organisasi kejahatan asli ada banyak di luar sana, begitu pula organisasi kejahatan fiktif alias palsu..

6 Organisasi kejahatan fiktif dalam serial TV dan film populer

0



Bacaan atau tontonan pop culture pasti punya tokoh, karakter, atau kelompok yang berseberangan paham. Good versus evil. Kejahatan melawan kebaikan. Tema ini abadi dan tidak akan pernah hilang sepanjang masa.

Di dunia nyata banyak organisasi kejahatan faktual dan eksis. Kelompok Mafia, misalnya. Kelompok kejahatan terorganisir Italia ini sering menginspirasi terciptanya organisasi serupa namun dalam konteks fiksi. Film legendaris The Godfather bercerita soal keluarga mafia yang terlibat berbagai kejahatan.

6 Organisasi kejahatan fiktif dalam serial TV dan film populer

Film The Godfather. Foto: NPR

Tidak hanya mafia, ada nama-nama organisasi (fiktif) lainnya yang terkenal dari pop culture.

Loading...

1. SPECTRE (dari serial James Bond 007).

6 Organisasi kejahatan fiktif dalam serial TV dan film populer

Blofeld. Foto: The Telegraph

SPECTRE atau Special Executive for Counter-intelligence, Terrorism, Revenge and Extortion adalah organisasi kriminal terorisme global di novel serta film James Bond sejak 1961. Organisasi ini dipimpin oleh founder-nya Ernst Stavro Blofeld. SPECTRE sering berhadapan dengan James Bond, agen rahasia dari MI-6 berlisensi Double-0 (yang memberinya kuasa untuk membunuh target operasi).

SPECTRE memiliki resources luas serta tokoh-tokoh penting yang menjalankan organisasi tersebut. SPECTRE tidak memiliki ideologi tertentu serta tidak ber-afiliasi dengan negara manapun. Sepak terjang SPECTRE terkini ada di film ke-24 James Bond berjudul Spectre yang rilis tahun 2015 kemarin.

2. HYDRA (dari Marvel Universe).

6 Organisasi kejahatan fiktif dalam serial TV dan film populer

Red Skull. Foto: Movie Rewind

“Hail Hydra!” Itu salam sesama anggota organisasi kejahatan dari Marvel Comics ini. Dilihat dari situ, dapat ditebak kalau Hydra merupakan ‘plesetan’ Nazi Jerman yang berasal dari era Perang Dunia Kedua.

Dalam timeline Marvel Comics, Hydra diciptakan oleh seorang komandan unit Nazi Jerman bernama Baron Wolfgang von Strucker. Tapi karakter yang paling menonjol dari Hydra ini adalah Red Skull alias Johann Shmidt, yang digambarkan sebagai karakter dengan tampilan kepala berbentuk tengkorak berwarna merah menyala. Karakter ini dapat dilihat di film Captain America: First Avenger selain di komik.

Hydra memiliki tujuan dominasi global. Namun usaha mereka selalu digagalkan oleh pemerintah Amerika Serikat lewat Captain America, Avengers, serta organisasi S.H.I.E.L.D. Aksi Hydra terkini dapat terlihat di serial televisi Agents Of S.H.I.E.L.D.

3. COBRA (dari serial G.I Joe).

6 Organisasi kejahatan fiktif dalam serial TV dan film populer

Cobra Commander. Foto: Big Bad Toy Store

Merupakan bagian lini mainan antagonis serial populer G.I Joe buatan Hasbro, Cobra digambarkan sebagai organisasi kriminal dengan pimpinan misterius yang disebut Cobra Commander. Dengan persenjataan canggih mereka jadi musuh bebuyutan pasukan G.I Joe yang membela kebenaran dan keadilan.

Di versi komik Marvel, Cobra merupakan sebuah pasukan paramiliter yang menjadi ancaman dunia. Pemerintah Amerika Serikat melalui G.I Joe selalu memerangi pasukan Cobra yang terus berusaha mendominasi dunia.

4. The Hand (dari Marvel’s The Defenders).

6 Organisasi kejahatan fiktif dalam serial TV dan film populer

The Hand. Foto: Wikia

Seperti yang terlihat di serial TV The Defenders, The Hand merupakan organisasi kejahatan yang sudah berusia ribuan tahun dan memiliki kekuatan mistikal. Tujuan mereka adalah keabadian sejati sejak mereka terusir dari K’un-Lun, sebuah tempat suci misterius di pegunungan Tibet. The Hand selalu mendapatkan perlawanan dari The Defenders, yang terdiri dari sosok-sosok istimewa yang akan berusaha mencegah The Hand mencapai tujuan mereka.

5. The Syndicate (dari serial The X-Files).

6 Organisasi kejahatan fiktif dalam serial TV dan film populer

CSM. Foto: Screen Rant

Penggemar serial televisi The X-Files pasti ingat organisasi ini. Berisikan bagian kecil dari Departemen Luar Negeri, mereka kemudian keluar tahun 1973 dan berdiri sendiri di luar pemerintah. Tujuan utama mereka adalah menciptakan manusia hybrid, dengan menggabungkan sel alien dari luar angkasa yang jatuh di Roswell pasca Perang Dunia Kedua dengan sel manusia bumi. Mereka juga bertujuan menciptakan kondisi masyarakat patuh dan terkendali dengan menyebarkan virus serta penyakit. Tokoh terkenal dari organisasi ini adalah Cigarette-Smoking Man, seorang pria yang selalu terlihat merokok di setiap adegan di mana dia ada. Sangat memorable dan ikonik.

6. Umbrella Corporation (dari serial Resident Evil).

6 Organisasi kejahatan fiktif dalam serial TV dan film populer

Umbrella Corp. Foto: Pinterest

Membicarakan organisasi kejahatan fiktif di pop culture kurang lengkap jika tidak melibatkan yang satu ini. Merupakan perusahaan farmasi, Umbrella Corporation secara diam-diam juga terlibat dalam pembuatan senjata biologis berbahaya (B.O.Ws alias Bio Organic Weapons) yang mengakibatkan hancurnya kota fiksi Raccoon City di Amerika Serikat.

Umbrella juga memiliki pasukan paramiliter, seperti yang terlihat di game Resident Evil 3. Sebagai sebuah organisasi kejahatan berkedok perusahaan farmasi, Umbrella Corporation sukses menjalankan operasinya sampai pasukan khusus kepolisian S.T.A.R.S (dan belakangan, gabungan pasukan multinasional anti kejahatan bioterorisme BSAA) menghancurkan mereka.

Sebagai karya fiksi, organisasi-organisasi kejahatan ini terkenal dan bahkan disukai fans. Serta sering jadi masalah untuk tokoh utama dalam cerita. Kamu akan memilih yang mana jika ditawari untuk jadi anggotanya?

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

Organisasi Fiktif Film Sinetron
Loading...
Creator Banner

Gak perlu khawatir, tulisan kamu bisa tetap
TERBACA DAN TRENDING di Brilio.net

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Astro-Lo-Gue Ep. 7 - Patah Hati Zodiak Libra, Scorpio, Sagitarius, Capricorn, Aquarius & Pisces! Buat Sobat Brilio yang menunggu-nunggu, Astro-Lo-Gue balik lagi nih! Masih bareng Aby Respati yang bakalan ngelanjutin penjelasan mengenai hal-hal apa ...

ON FIRE

MORE
Back To Top