Rasanya semua orang tak asing lagi dengan The Guinness Book of World Records atau Guinness World Records, bukan? Sesuai dengan namanya, buku ini adalah rujukan yang terbit setiap tahun untuk mencatat berbagai rekor, mulai dari aksi unik hingga mengagumkan yang ada di dunia.

Tentunya ini sangat luar biasa jika tercatat dalam buku ini, karena nilai prestisius dan historisnya berada di dalam lembaga pencatatan rekor lainnya. Walaupun saat ini kita belum bisa mencatatkan nama di sana, namun kita patut berbangga jika ada enam aksi dari orang indonesia yang masuk dalam daftar Guinness World Records.

1. Kunto Hartono, Penabuh Drum Terlama Selama 6 Hari 6 Malam.

6 Aksi orang Indonesia ini pernah dicatat dalam Guinnes World Records

Kunto Hartono tercatat dalam buku Guinness World Records sebagai penabuh drum terlama di dunia pada tahun 2011. Selama 145 di Kota Malang, Kunto mampu melakukan teknik tabuh drum dengan 6 hari 6 malam. Pastinya ini wow banget ya. Bukan itu saja, Kunto berhasil menggeser rekor sebelumnya yang diraih oleh Steve Gaul asal Kanada selama 134 jam.

2. Rudi Hartono: Peraih Gelar Terbanyak Pada Turnamen All England sebanyak 8 kali.

6 Aksi orang Indonesia ini pernah dicatat dalam Guinnes World Records

Indonesia patut berbangga. Berkat usaha kerasnya, Rudi Hartono masuk dalam buku Guinness World Records. Ia telah memecahkan rekor dunia sebagai peraih gelar terbanyak dalam turnamen All England sebanyak 8 kali. Hal inilah yang membuat dirinya masuk dalam Guinness World Record di tahun 1982. Keren!

3. Benny J. Mamoto, Seni Budaya, Pendidikan, Promosi Produk Andalan Daerah Dan Kuliner Sulawesi Utara.

6 Aksi orang Indonesia ini pernah dicatat dalam Guinnes World Records

Benny J. Mamoto adalah ketua umum Institut Seni Budaya Sulawesi Utara. Namanya sudah tak asing lagi dalam dunia pemecahan rekor. Tengok saja, pada rekornya di MURI yang telah mencapai 30 rekor. Sedangkan dalam Guinness World Records, ia tercatat sebanyak 7 kali. Rekornya pun bermacam-macam, mulai dari the longer bamboo rice, the largest playable trumpet, hingga the largest seashell ensemble.

4. Penyelam Gabungan Indonesia di Malalayang.

6 Aksi orang Indonesia ini pernah dicatat dalam Guinnes World Records

Pada peringatan kemerdekaan Republik Indonesia ke-64 pada tahun 2009, sebanyak 2486 penyelam ahli memecahkan rekor sebagai penyelam terbanyak di dunia dengan melakukan penyelaman di pantai Malalayang, Manado, Sulawesi Utara. Jumlah penyelam ini telah mengalahkan rekor sebelumnya dengan total 979 penyelam di Maladewa.

5. Dominic Brian, Mengingat 76 Angka Dalam 1 Menit.

6 Aksi orang Indonesia ini pernah dicatat dalam Guinnes World Records

Remaja kelahiran tahun 1996 ini menjadi orang Indonesia pertama yang muncul dalam TV Guinness dan tercatat dalam rekor dunia dalam hal mengingat 76 angka dalam 1 menit saja. Sebelumnya, Brian juga pernah masuk dalam rekor MURI ketika berusia 5 tahun, dalam hal mengingat 100 angka secara acak dalam waktu 12 menit. Ketika menginjak usia 12 tahun, ia kembali masuk daftar MURI dalam hal mengingat 52 buah kartu bridge dalam waktu 100 detik.

6. Tari Poco-poco sebanyak 65.000 orang.

6 Aksi orang Indonesia ini pernah dicatat dalam Guinnes World Records

Indonesia kembali masuk dalam Guinness World Record pada tahun 2018. Melalui kegiatan tari poco-poco secara serentakdi ruas jalan di depan halaman Istana Negara, Jalan Medan Merdeka Barat, Silang Monas, Jalan MH Thamrin, Bunderan Hotel Indonesia. Tari Poco-poco ini dikuti oleh berbagai kalangan yang berjumlah 65.000 Orang. Kegiatan ini bertujuan memeriahkan pesta olahraga terbesar se-Asia, yakni Asian Games yang digelar Indonesia.