×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Gracey Wakary

19 Juni 2019 10:19

6 Motif keren Batik Bercerita dari Sulawesi Utara ini cantik banget

Motif cantik dan keren dari batik khas Sulawesi Utara, Batik Bercerita Sizzy Matindas Batik..

6 Motif keren Batik Bercerita dari Sulawesi Utara ini cantik banget

0



Batik adalah satu identitas warga Indonesia mudah dikenali dan makin mendunia. Dari sekian banyak batik dengan motif Nusantara yang unik, ada satu motif batik yang menarik dan berbeda, yaitu Batik Bercerita dari Sizzy Matindas Batik (Sulawesi Utara). Batik Bercerita ini memang sangat unik karena motifnya diambil dari pesona alam Sulawesi Utara dan cerita rakyatnya.

Belum lama ini, Batik Bercerita dari Sizzy Matindas Batik mengeluarkan enam edisi terbaru dan terbaiknya untuk 2019, dengan motif utama mulai dari cerita rakyat tentang lingkungan hingga pesona unggulan pariwisata di Sulawesi Utara.

1. Topeng Wolay (Monyet hitam).

Batik Bercerita Motif Topeng Wolay

Motif ini diambil dari kisah rakyat turun temurun dari salah satu desa di Kabupaten Minahasa Selatan, di mana topeng Wolay (monyet hitam) digunakan untuk mengusir gerombolan monyet atau tikus yang menganggu tanaman padi sawah yang ditanam.

Loading...

Motif batik ini pun terlihat begitu macho, namun menarik karena mendapatkan kesan tangguh. Amat cocok untuk digunakan para pria atau sebagai hiasan rumah.

 

2. Taman Laut Bunaken.

Batik Bercerita Motif Taman Laut Bunaken

Motif yang satu ini begitu memikat dan hanya ada sekitar lima kain dengan panjang 2,75 meter. Dari motif ini bisa terlihat langsung kecantikan si Bunaken karena tampak jelas rangkaian koral warna warninya.

 

3. Miara si Luri.

Batik Bercerita Motif Miara si Luri

Motif ini menceritakan tentang kasih sayang suami pada istrinya, di mana zaman dahulu para pria di Minahasa memelihara burung Luri alias Nuri untuk status. Burung dijaga dan disayang, untuk itu ada nyanyian bahwa mendapatkan istri maka harus mampu menjaga dan melindunginya lebih dari status sang pria. Motif ini sebenarnya motif awal dari Batik Bercerita namun akhirnya dibuat kembali karena permintaan khusus.

 

4. Lembeh dan Tarsius.

Batik Bercerita Motif Lembeh dan Tarsius

Melihat sekilas dari motif ini, maka warga Sulawesi Utara yang ada di dimanapun bisa menebak bahwa motif ini diambil dari Kota Bitung karena pesona laut, si Lembeh dengan ikon tarsiusnya.

 

5. Tari Maengket.

Batik Bercerita Motif Tari Maengket

Tarian ini merupakan tarian spiritual dari Minahasa, di mana tarian menggambarkan rasa syukur manusia pada Yang Kuasa atas berkatnya, rasa syukur atas rumah baru yang dihuni, dan rasa suka cita para pemuda pemudi.

 

6. Bia (Cangkang laut).

Batik Bercerita Motif Bia

Motif yang satu ini memang umum, namun bagi yang mengenal Sulawesi Utara, maka ini menggambarkan pesona laut yang ada di Laut Likupang Kabupaten Minahasa Utara (Minut).

Nah, bagi yang begitu menyukai ragam batik dan motifnya, maka yang terbaru dari Batik Bercerita Sizzy Matindas Batik bisa juga masuk dalam item pilihan terkini. Bagaimana, kamu tertarik? (Foto/teks:gracey wakary)

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

batik sizzymatindas manado fashion indonesia
Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Astro-Lo-Gue Ep. 7 - Patah Hati Zodiak Libra, Scorpio, Sagitarius, Capricorn, Aquarius & Pisces! Buat Sobat Brilio yang menunggu-nunggu, Astro-Lo-Gue balik lagi nih! Masih bareng Aby Respati yang bakalan ngelanjutin penjelasan mengenai hal-hal apa ...

ON FIRE

MORE
Back To Top