×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Istimrora Raka

24 Maret 2020 14:21

6 Menu sarapan ini sebaiknya tak dikonsumsi sebelum pukul 10.00

Kamu bisa menerapkannya agar tubuh tetap sehat dan bugar sepanjang hari..

6 Menu sarapan ini sebaiknya tak dikonsumsi sebelum pukul 10.00

0



Sains dan sarapan ternyata sering kali saling bertentangan. Di satu sisi, industri makanan menjadikan sarapan sebagai santapan terpenting untuk memulai hari meskipun fakta berkata bahwa kalau kita melewatkannya tidak akan benar-benar berdampak buruk bagi tubuh.

Di sisi lain, sarapan yang sehat dan berkualitas dapat meningkatkan suasana hati dan mencegah depresi. Triknya adalah dengan mengetahui apa yang harus dimakan dan apa yang tidak boleh dimakan untuk sarapan.

Dilansir dari brightside.me, berikut ini merupakan menu sarapan yang harus dihindari sebelum pukul 10.00 agar tubuh tetap sehat dan bugar sepanjang hari serta alasan di baliknya.

1. Roti panggang dengan mentega.

Roti Panggang Dengan Mentega

Loading...

Tidak seperti apa yang dipikirkan kebanyakan orang, sarapan tidak harus berupa makanan tanpa lemak. Caranya adalah menemukan jenis lemak yang tepat untuk dimakan di pagi hari.

Mentega memang mengandung lemak yang membantumu memproses vitamin tetapi ia juga mengandung banyak lemak jenuh yang dapat menyebabkan kerusakan pada jantung serta penambahan berat badan.

Sebagai gantinya, oleskan selai kacang di atas roti panggang. Sebuah studi menemukan bahwa kacang tanah dan selai kacang murni dapat membantu mengurangi rasa lapar di siang hari karena meningkatkan produksi peptida YY, hormon yang mengatur rasa lapar, menjadikannya sarapan yang sederhana namun dengan efek  luar biasa.

2. Sereal untuk sarapan.

Sereal

Sereal adalah menu sarapan klasik yang rumit. Meskipun sangat praktis, sereal umumnya memang mengandung sejumlah besar gula yang nantinya bisa menjadi lemak perut.

Sebagai gantinya, konsumsilah oatmeal buatan rumah yang bebas gula dan mengandung serat yang sehat. Mengurangi asupan gula di pagi hari dapat membantumu menghindari perasaan lelah di pagi hari.

3. Kue panekuk (pancake) dan waffle.

Pancake dan Waffle

Sebagian besar panekuk beku, wafel, dan kue kering mengandung karbohidrat olahan. Ini tidak selalu buruk, tergantung pada diet dan gaya hidupmu. Tetapi karbohidrat olahan dapat membuatmu merasa lebih lapar di siang hari. Mereka juga mengandung sedikit serat dan banyak lemak trans yang berbahaya bagi kesehatan.

Sebagai gantinya, buat sendiri di rumah dan pilih tepung gandum atau periksa nilai nutrisi untuk membuat pancake berserat tinggi. Kamu juga bisa menggantinya dengan roti panggang gandum.

4. Yogurt rendah lemak.

Yogurt Rendah Lemak

Yoghurt rendah lemak telah menjadi alternatif yang tersedia secara luas untuk sarapan. Sayangnya, ia juga mengandung banyak gula untuk menambah rasa dan sedikit protein. Penelitian juga menunjukkan bahwa yogurt kaya lemak sebenarnya bisa membantu menurunkan berat badan. Konsumsi protein dalam yogurt kaya lemak di pagi hari dapat membantu mengurangi rasa lapar di siang hari.

Sebagai gantinya, pilih yogurt kaya lemak tanpa gula.

5. Jus buah.

Jus Buah

Kebanyakan jus buah yang dijual di kios-kios makanan mengandung banyak gula. Dan menurut penelitian, hal itu menjadikannya salah satu pilihan terburuk untuk sarapan atau dikonsumsi secara umum. Jus buah itu juga hampir tidak mengandung serat. Cukup menarik, tetapi ini tetap bukan alasan untuk menjadikan jus buah sebagai pengganti sarapan.

Sebagai gantinya, makanlah buah biasa, tidak perlu dijadikan jus. Ini cara yang bagus untuk mengaktifkan sistem pencernaan di pagi hari dan menyiapkannya sebagai asupan kalori yang lebih tinggi di waktu makan selanjutnya.

6. FODMAP.

FODMAP

Apel, bawang putih, pir, kacang, dan persik semuanya mengandung oligosakarida yang dapat difermentasi, disakarida, monosakarida, dan poliol atau FODMAP. Mereka adalah karbohidrat yang sensitif bagi tubuh karena lebih sulit dicerna daripada yang lain, yang mengarah pada fermentasi di lambung dan usus, yang berujung pada pembengkakan lambung. Makanan tersebut tidak harus dihindari tetapi idealnya harus dimakan di pagi hari, dengan catatan setelah sistem pencernaan lebih aktif.

Sebagai gantinya, konsumsilah makanan ini dalam jumlah kecil dikombinasi dengan jumlah lemak dan protein yang sehat untuk membantu kamu mencernanya.

Source

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

makanan sarapansehat Menusarapan kesehatan diet
Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

ON FIRE

MORE
Back To Top