Brilio
×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Ahmad Muwaffiq Rosyadi

20 Oktober 2019 14:25

6 Menu khas rumah makan Padang yang wajib kamu coba

Menu-menu ini harus kamu coba saat mengunjungi rumah makan Padang.

6 Menu khas rumah makan Padang yang wajib kamu coba

0



Siapa yang tak kenal dengan masakan Padang dan rumah makan Padang? Kita tak harus memiliki darah Minangkabau atau berada di Sumatra Barat untuk mengenal dan mencicipi masakan Padang ini. Pasalnya, hampir di seluruh penjuru Nusantara dapat kita jumpai tempat makan yang menyajikan masakan Padang, baik yang berkonsep warung sederhana hingga rumah makan mewah.

Rumah makan Padang biasanya memiliki ciri khas pada penataan menunya dengan piring yang bersusun-susun serta kelihaian pegawainya yang mampu membawa banyak piring dengan kedua tangannya. Masakan Padang memang telah dikenal luas oleh orang Indonesia bahkan di mancanegara. Kelezatan bumbu khas Padang pada setiap masakannya seakan tiada duanya.

Umumnya, sebuah rumah makan Padang menyediakan lebih dari 10 macam menu, mulai dari lauk pauk seperti rendang, ayam goreng, dan ikan goreng; sayuran seperti nangka dan daun singkong; hingga side dish atau makanan pelengkap seperti perkedel, telur dadar, dan rempeyek udang.

Banyaknya variasi menu yang tersedia terkadang membuat kita bingung harus memilih yang mana, sebab tak mungkin kita mencicipinya satu per satu. Maka dari itu, dalam artikel ini saya akan membagikan rekomendasi 6 menu yang wajib kamu coba ketika berkunjung ke rumah makan Padang. Apa saja keenam menu tersebut? Simak daftarnya di bawah ini.

1. Rendang.

Loading...

6 Menu khas rumah makan Padang yang wajib kamu coba

Ketika berbicara tentang masakan Padang, pasti yang pertama terbesit di benak kita adalah menu yang satu ini. Rendang merupakan icon masakan Padang serta representasi kelezatan kuliner khas Minangkabau. Siapa pun pasti akan jatuh hati ketika pertama kali mencicipinya dan akan ketagihan.

Rendang menggunakan bahan utama daging sapi yang dibumbui dengan berbagai rempah dan herbal seperti jahe, lengkuas, serai, kayu manis, pala, dan cengkeh serta diberi santan. Proses pembuatan rendang yang asli membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Daging sapi dimasak dengan bumbu rendang selama berjam-jam hingga bumbu benar-benar meresap dan daging menjadi sangat empuk dan berwarna cokelat kehitaman.

Hidangan ini memiliki rasa yang gurih dan sedikit pedas. Rendang adalah menu paling laris dan dicari pembeli di rumah makan Padang karena kenikmatannya yang tiada tandingannya.

2. Dendeng Balado dan Dendeng Batokok.

6 Menu khas rumah makan Padang yang wajib kamu coba

6 Menu khas rumah makan Padang yang wajib kamu coba

Menu kedua yang bisa jadi pilihanmu ketika makan di RM Padang adalah dendeng. Dendeng merupakan hidangan yang terbuat dari daging sapi yang diiris tipis dan dibuang lemaknya kemudian dijemur hingga kering. Selanjutnya, daging sapi yang sudah kering digoreng hingga matang kemudian diberi bumbu.

Dua jenis dendeng yang umum kita jumpai di rumah makan Padang adalah dendeng balado dan dendeng batokok. Keduanya sama-sama digemari dan memiliki cita rasa yang khas. Bumbu dendeng Balado terbuat dari cabai keriting, cabai merah, bawang merah, air asam jawa, daun jeruk serta garam.

Dendeng balado memiliki rasa yang pedas gurih yang akan membakar lidahmu saat menyantapnya. Sementara itu, dendeng batok dibumbui dengan cabai hijau, tomat hijau, cabe rawit hijau, ketumbar, jeruk nipis serta bawang merah dan bawang putih. Bahan-bahan tersebut memberikan warna hijau pada dendeng batokok. Rasa dendeng ini adalah pedas, segar, dan sedikit asin.

3. Ayam goreng Padang.

6 Menu khas rumah makan Padang yang wajib kamu coba

Next, jika kamu sudah mencicipi dua menu daging di atas, kamu pasti ingin mencoba olahan ayam yang tersedia di warung atau resto Padang. Ayam goreng Padang. Hah, apa bedanya sama ayam goreng biasa? Beda dong, ayam goreng Padang ini memiliki cita rasa yang khas karena dibuat dengan bumbu spesial yakni serai, lengkuas, jehe, kunyit, bawang merah dan bawang putih, daun jeruk, daun salam, serta kemiri. Bisa kamu bayangkan sendiri kelezatannya.

Ayam goreng ini juga termasuk menu favorite di RM Padang karena rasanya yang gurih dan kaya rempah, serta dilengkapi kremesan bumbu yang menambah nikmatnya. Pastikan kamu tidak melewatkan menu yang satu ini ketika bersantap di warung atau resto Padang.

4. Gulai kepala kakap.

6 Menu khas rumah makan Padang yang wajib kamu coba

Hmmm... Jangan ngiler, ya. Menu yang keempat ini luar biasa endeus dan nikmat. Apalagi kalau bukan gulai kepala kakap. Gulai ini laris manis di resto Padang dan sangat digemari oleh pembeli.

Kepala kakap yang segar dan berukuran besar dibumbui dengan bumbu gulai yang kaya rempah dan super spesial, pastinya bikin kamu pingin lagi dan lagi. Gulai ini memiliki rasa yang gurih, berminyak, dan pedas dengan warna kuning oranye yang pekat. Gulai ini cocok dinikmati dengan sambal hijau khas Padang untuk menambah kelezatannya.

5. Gulai nangka.

6 Menu khas rumah makan Padang yang wajib kamu coba

Tak hanya gulai ikan kakap, rumah makan Padang biasanya juga menyediakan gulai dengan isian nangka muda (tewel). Selain tewel, gulai ini umumnya juga berisi kacang panjang dan telur ayam. Bumbunya kurang lebih sama seperti gulai kepala kakap, namun karena isinya sayuran, gulai nangka ini memiliki rasa yang gurih dan segar.

Menu ini bisa menjadi opsi buat kalian yang ingin makan gulai tapi tidak suka ikan. Selain itu, gulai nangka juga cocok untuk pendamping lauk pauk seperti ayam goreng atau ikan mujair goreng.

6. Telur dadar Padang.

6 Menu khas rumah makan Padang yang wajib kamu coba

Last but not least, ada telur dadar Padang. Sekilas terlihat sama dengan telur dadar yang biasa kita buat sehari-hari. Eits, jangan salah. Telur dadar Padang ini memiliki rasa yang jauh lebih nendang daripada telur dadar biasa. Itulah mengapa makanan ini sangat digemari oleh pembeli.

Telur dadar Padang terbuat dari telur ayam yang dipadukan dengan kelapa parut sangrai, tepung beras, dan bumbu-bumbu seperti bawang merah dan bawang putih, daun kunyit, daun bawang, lada dan cabe. Dijamin menu yang satu ini membuat lidahmu bergoyang ketika menyantapnya. Telur dadar Padang cocok dinikmati sebagai side dish (makanan pendamping).

Source

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

food foodie food blogger #kuliner nasi padang
Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Astro-Lo-Gue Ep. 7 - Patah Hati Zodiak Libra, Scorpio, Sagitarius, Capricorn, Aquarius & Pisces! Buat Sobat Brilio yang menunggu-nunggu, Astro-Lo-Gue balik lagi nih! Masih bareng Aby Respati yang bakalan ngelanjutin penjelasan mengenai hal-hal apa ...

ON FIRE

MORE
Back To Top