Brilio
×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
DwiS

12 Agustus 2019 14:08

6 Makanan penambah energi tubuh untuk mengusir lelah seharian

Ada beberapa jenis makanan sehat yang dibutuhkan tubuh untuk mengusir lelah selama seharian..

6 Makanan penambah energi tubuh untuk mengusir lelah seharian

0



Foto: pixabay/Couleur

 

Lima atau senam hari dalam seminggu sering kali kita merasa lelah alias tak bertenaga sepulang melakukan aktivitas harian, entah itu bekerja atau kegiatan kampus. Sampai di rumah, ingin rasanya kita langsung mandi dan beristirahat tanpa ada gangguan. Sayangnya, ada saja tugas-tugas kantor atau kampus yang harus kita selesaikan di rumah dengan waktu yang terbatas. Akhirnya, kita pun mengerjakannya dengan sisa-sisa tenaga yang tak bisa dibilang maksimal.

Bahkan, weekend pun jadi terganggu karena kita mau tak mau harus fokus untuk menyelesaikan tugas yang belum selesai tersebut. Rasanya tidak bisa santai sepenuhnya. Apalagi untuk mengetik artikel buat kamu yang hobi menulis, misal. Tenaga sudah terkuras oleh kerjaan sebelumnya. Adakah dari kamu yang sering mengalami?

Nah, untuk membantu kamu lebih bertenaga dalam melakukan aktivitas baik di rumah maupun di kantor/kampus, kamu pun harus memperhatikan asupan makanan yang masuk ke perutmu. Dengan mengonsumsi makanan yang tepat dan bergizi, ditambah dengan istirahat yang cukup, tubuhmu pun akan kembali bertenaga. Dengan begitu, kamu kembali bersemangat menyelesaikan tugas dengan maksimal.

Jadi, ada beberapa jenis makanan yang bisa kamu konsumsi untuk mengembalikan energi yang terbuang selepas beraktivitas dan membantumu mengusir lesu dan lemas akibat kehilangan tenaga. Mengutip dari hellosehat.com, ini jenis makanan sebagai penambah energi untuk tubuh.

Loading...

1. Protein (tanpa lemak).

6 Makanan penambah energi tubuh untuk mengusir lelah seharian

Irisan daging sapi panggang yang siap disantap (foto: pixabay/Robert-Owen-Wahl)

Mengonsumsi makanan yang mengandung protein dapat membuat kita merasa kenyang lebih lama. Protein dapat menstabilkan kadar gula darah dan mencegah lonjakan energi yang bisa buat tubuhmu jadi lelah.

Contoh makanan yang mengandung protein seperti daging ayam, daging sapi, kacang-kacangan juga ikan. Hindari mengonsumsi kulit ayam, jeroan, dan daging sapi bergajih yang mengandung protein dengan banyak lemak.

2. Karbohidrat kompleks.

6 Makanan penambah energi tubuh untuk mengusir lelah seharian

Kentang sebagai makanan sumber karbohidrat kompleks yang dibutuhkan tubuh (foto: pixabay/JamesHills)

Karbohidrat ada dua jenis, yaitu karbohidrat kompleks dan sederhana. Karbohidrat sederhana terdiri dari makanan manis yang di dalam tubuh berubah menjadi gula darah kemudian membentuk energi. Bila mengonsumsinya terlalu banyak dapat membuat tubuh cepat lelah akibat gula darah meningkat.

Karbohidrat kompleks masuk ke dalam tubuh akan menjadi energi yang lebih lama sehingga kita bisa lebih bertenaga selama berjam-jam. Contoh makananan dengan karbohidrat kompleks adalah kentang, ubi, roti, dan nasi. Roti gandum dan nasi merah memiliki lebih banyak serat yang dapat menjaga tenaga lebih lama. Ubi jalar mengandung kalium yang berfungsi untuk menjaga keseimbangan elektrolit sehingga cairan dalam tubuh tetap normal. Kalium juga bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah dan mengurangi stres yang bisa bikin tubuh lelah.

3. Sayur dan buah.

6 Makanan penambah energi tubuh untuk mengusir lelah seharian

Buah pisang dapat membantu membangkitkan stamina tubuh di saat lelah (foto: pixabay/Couleur)

Pilih sayuran dan buah-buahan segar agar bisa mendapatkan nutrisi maksimal karena yang sudah diolah dapat mengurangi kandungan nutrisinya. Contoh buah yang bagus untuk meningkatkan energi adalah pisang, tomat, berry, apel. Pisang mengandung serat, vitamin, kalium, karbohidrat kompleks yang memang dibutuhkan untuk tetap menjaga tenaga dalam tubuh kita. Juga, konsumsi sayur hijau seperti bayam yang mengandung zat besi dan berfungsi untuk menambah energi pada tubuh.

4. Kacang serta biji-bijian.

6 Makanan penambah energi tubuh untuk mengusir lelah seharian

Konsumsi beragam jenis kacang-kacangan sehat yang baik untuk tubumu (foto: pixabay/ExplorerBob)

Kacang dan biji-bijian mengandung banyak nutrisi yang berfungsi sebagai sumber energi untuk tubuh dan mengenyangkan perut kita. Contoh seperti kacang mete, almond, kenari, biji bunga matahari, biji labu dan hazelnut baik untuk tubuh.

5. Oatmeal.

6 Makanan penambah energi tubuh untuk mengusir lelah seharian

Semangkok oatmeal lezat dengan irisan buah-buah segar (foto: pixabay/miguellupo)

Dalam satu mangkuk oatmeal yang mengandung serat dapat memberikan energi untuk tubuh kita. Gandum dapat membantu menyeimbangkan gula darah dan bikin kita lebih fokus.
Konsumsi oatmeal tanpa gula dan ganti dengan sedikit madu, buah beri, yoghurt tanpa lemak dan susu untuk menambah rasa dan nutrisi. Konsumsi makanan yang mengandung energi dengan membaginya dalam beberapa porsi dalam sehari untuk pasokan nutrisi ke otak dan tubuh selama seharian penuh.

6. Salmon.

6 Makanan penambah energi tubuh untuk mengusir lelah seharian

Salmon kaya akan omega-3 yang banyak manfaatnya untuk kesehatan tubuh (foto: pixabay/cattalin)

Salmon mengandung asam lemak omega-3 dapat membantu meningkatkan tenaga, mengurangi depresi, dan untuk kesehatan jantung. Kandungan protein dalam salmon yang membuat perut kenyang juga dapat bantu turunkan berat badan.

Dari keenam jenis makanan sehat tersebut, adakah yang menjadi favoritmu? Coba deh mengonsumsi menu di atas dengan bergantian selama sepekan dan seterusnya, semoga bisa membantu tubuhmu lebih bertenaga dan tidak gampang lemas.

 

Source

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

Makanan sehat Makanan penambah tenaga Makanan berenergi Lelah letih lesu Lemas
Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

ON FIRE

MORE
Back To Top