Brilio
×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Ahmad Muwaffiq Rosyadi

20 Oktober 2019 12:28

6 Khasiat minyak wijen untuk kesehatan dan kecantikan

Selain menyedapkan makanan, minyak wijen juga bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan..

6 Khasiat minyak wijen untuk kesehatan dan kecantikan

0



Wijen merupakan jenis tumbuhan semak semusim yang biasanya dimanfaatkan bijinya untuk taburan makanan, nasi, dan roti. Tanaman wijen tumbuh di beberapa belahan dunia seperti Afrika, India, Cina, dan Timur Tengah. Biji wijen sering kali dijumpai di beberapa makanan Jepang seperti ramen, chicken katsu, dan sushi serta makanan Korea seperti bulgogi, Korean spicy chicken dan gang jeong (permen wijen).

Di Indonesia sendiri, wijen biasanya digunakan sebagai campuran jajanan seperti onde-onde, cakue (roti goreng), dan semprong. Ketika memakan wijen, kita pasti mendapati rasanya yang gurih dan teksturnya yang kering namun berminyak. Yup, wijen memang memiliki kandungan minyak yang bisa diekstrak menjadi minyak nabati yang lazim kita kenal sebagai minyak wijen atau dalam bahasa Inggris disebut sesame oil.

6 Khasiat minyak wijen untuk kesehatan dan kecantikan

Seperti halnya minyak zaitun dan minyak nabati lainnya, minyak wijen biasa ditambahkan ke dalam masakan untuk menambah cita rasa dan aromanya. Minyak ini memilki rasa yang pekat serta aroma yang kuat, cocok digunakan sebagai olesan ketika memanggang daging, kentang, dan roti; campuran minyak kelapa untuk menggoreng; serta bisa juga untuk dressing salad. Cukup gunakan sedikit saja, maka kamu sudah bisa mendapatkan aroma dan cita rasanya yang khas pada makananmu.

Namun, tahukah kamu bahwa sesame oil ini sebenarnya memilki beberapa manfaat lainnya untuk kesehatan dan kecantikan? Well, di artikel ini akan dikupas secara lengkap kandungan dan manfaat yang dimiliki oleh minyak nabati dari tanaman yang bernama latin Sesamum indicum ini.

Loading...

Minyak wijen memiliki kandungan lemak tak jenuh (unsaturated fat) tunggal dan ganda yang di dalamnya terdapat asam palmitat, asam oleat, dan asam linoleat. Selain itu, sesame oil juga mengandung vitamin E dan K serta dua antioksidan yang disebut sesamol dan sesamin. Kandungan lemak jenuh (saturated fat) dalam minyak wijen tergolong rendah. Dengan kandungan-kandungan yang dimilikinya, minyak wijen dapat bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan.

1. Menyehatkan jantung.

Saat ini, jutaan orang di seluruh dunia mengidap penyakit jantung akibat gaya hidup yang tidak sehat serta pola makan yang tidak teratur. Penyakit jantung adalah satu dari sekian penyakit berbahaya yang dapat berujung kematian dan bisa menyerang siapa pun.

Untuk mencegahnya, kita perlu memulai hidup sehat dengan rutin berolahraga, makan makanan sehat dan seimbang, serta istirahat yang cukup. Kita juga bisa mengonsumsi minyak wijen ini untuk menjaga kesehatan jantung. Sebab, sesame oil mengandung omega-6 yang sangat baik untuk jantung. Studi mengungkapkan bahwa mengonsumsi minyak wijen secara rutin dapat mencegah penyumbatan pembuluh darah jantung.

2. Menurunkan hipertensi.

Nah, selain menyehatkan jantung, minyak wijen juga dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi). Hal ini dikarenakan minyak wijen mengandung lemak tak jenuh yang baik untuk membasmi kolesterol jahat.

Tak hanya itu, sesamin dan sesamol yang terdapat dalam minyak wijen berperan sebagai antioksidan yang dapat merelaksasi pembuluh darah sehingga tekanan darah menurun dan stabil. Jika kamu atau keluargamu memilki hipertensi, mulailah mengonsumsi 1 sendok makan sesame oil secara rutin setiap hari untuk membantu menurunkan tekanan darah.

3. Mengontrol gula darah.

Semakin hari jumlah penderita diabetes kian bertambah. Diabetes bisa menyerang siapa saja meskipun orang tersebut tidak suka dan jarang mengonsumsi makanan dan minuman yang manis.

Diabetes merupakan penyakit yang tidak bisa disembuhkan, namun bisa dikontrol dengan gaya hidup yang sehat. Selain menghindari gula, penderita diabetes disarankan melakukan banyak gerak untuk mengurangi kadar glukosa dalam darah. Untuk membantu mengontrol kadar gula, kamu dapat mengonsumsi minyak wijen secara rutin baik secara langsung maupun dicampur dengan hidanganmu.

4. Membantu menyembuhkan luka.

Next, jika kamu mengalami luka ringan seperti luka goresan dan luka bakar ringan, kamu bisa menyembuhkannya dengan minyak wijen. Minyak ini mampu mempercepat proses pemulihan kondisi kulit yang luka sebab sesame oil memiliki kandungan antioksidan, antimikroba, serta antiradang yang juga bisa mengurangi rasa nyeri pada luka tersebut. Cukup oleskan sedikit sesame oil pada lukamu dan biarkan meresap. Lakukan ini secara konsisten sampai lukamu mengering dan sembuh.

5. Melindungi kulit dari sinar UV.

Ladies, kalian pastinya mendambakan kulit yang mulus, halus, cerah dan bebas flek dan belang. Namun, terkadang kita terpaksa harus keluar rumah di saat matahari terik dan sinarnya menyerang kulit kita hingga menyebabkan masalah kulit seperti belang, flek, hingga penuaan. 

Eits, kalian tak usah khawatir lagi. Cukup oleskan sesame oil secara merata ke kulit kamu saat akan keluar rumah di siang hari Maka kulitmu akan terlindung dari paparan sinar UV yang merusak kulit. Kandungan vitamin E dalam minyak wijen mampu mengatasi berbagai masalah kulit seperti terbakar sinar matahari, keriput, eskim, hingga mencegah kanker kulit.

6. Menutrisi dan merawat rambut.

Bukan hanya baik untuk kulit, kandungan vitamin E dalam sesame oil juga bisa merawat dan menutrisi rambut. Minyak wijen, terutama yang berasal dari wijen hitam juga bisa menghitamkan dan menguatkan rambut.

Kamu bisa menggunakan minyak wijen sebagai minyak rambut sehari-hari serta pelindung rambut dari sinar matahari. Oleskan secukupnya secara merata ke rambutmu sambil sedikit diremas dan pijat kepalamu untuk memaksimalkan penyerapan minyak ke dalam rambut dan kulit kepala.

Source

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

health healthylife #kesehatan tips sehat #beauty
Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

ON FIRE

MORE
Back To Top