×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Sinra MC

25 Februari 2021 15:05

6 Film propaganda pada masa pendudukan Jepang di Indonesia

Film produksi Jepang pada era sebelum proklamasi ini belum banyak diketahui..

6 Film propaganda pada masa pendudukan Jepang di Indonesia

0



Saat zaman penjajahan Jepang, pada tahun 1943 sampai 1945 Jepang sempat membuat rumah produksi di Indonesia yang bernama Nippon Eiga Sha. Nippon Eiga Sha berdiri pada bulan April 1943.

Rumah produksi ini sebenarnya didirikan dengan maksud untuk menyebarkan propaganda Jepang ke masyarakat Indonesia pada saat itu. Kekaisaran Jepang ingin agar masyarakat Indonesia berpihak pada kekaisaran Jepang sehingga Jepang mampu dengan leluasa menjajah berbagai wilayah di Indonesia. Beberapa dari film ini juga diperankan langsung oleh para selebritas Tanah Air terkemuka di era pra-proklamasi.

Berikut ini adalah enam film lawas produksi Jepang yang beredar di Indonesia pada saat itu.

1. Berdjoeang (Hope of the South), 1943.

6 Film propaganda pada masa pendudukan Jepang di Indonesia

Loading...

Berdjoeng merupakan film produksi Nippon Eiga Sha yang disebut-sebut disutradarai oleh Kurata Bunjin dengan asisten sutradara yaitu Rd. Ariffien. Film ini dibintangi oleh Mohammad Mochtar, Sambas, Dhalia, Kartolo, dan Chatir Harro.

Berdjoeang merupakan film propaganda yang mengisahkan kisah warga desa di Hindia Belanda yang melakukan pendekatan terhadap penguasa militer Jepang untuk membantu menggapai kemerdekaan melawan Belanda dengan ikut serta dalam pasukan pribumi khusus yang dibentuk oleh Jepang. Tujuan utama dari film ini adalah untuk menarik orang Indonesia sebanyak-banyaknya agar bergabung dalam pasukan Jepang melawan Belanda.

2. Koeli & Romusha, 1945.

Koeli & Romusha merupakan film propaganda yang menceritakan tentang kesengsaraan masyarakat Hindia Belanda yang dijadikan pekerja paksa pada masa penajajahan Belanda. Kesengsaraan tersebut kemudian dibandingkan dengan para pekerja Romusha yang digambarkan dengan sangat baik di mana mereka diperlakukan dengan baik oleh Jepang.

3. Nankai No Hanataba (Bunga dari Selatan), 1942.

Film Nankai No Hanataba dirilis pada 21 Mei 1942 dan disutradarai oleh Yutaka Abe. Film ini menceritakan tentang seorang perancang pesawat terbang Jepang Jiro Horikoshi yang berjuang melawan Sekutu saat Perang Dunia II. Film ini juga menceritakan tentang perjuangan para pilot angkatan udara Jepang yang berjuang mengusir tentara sekutu di Asia Tenggara.

4. Shogun to Sanbo to Hei (Jendral dan Prajurit), 1942.

Film Shogun to Sanbo to Hei merupakan film nasional Jepang yang dirilis tahun 1942. Film ini bertemakan tentang perang Jepang-Sino tahun 1941 yang terjadi di Provinsi Shanxi, Cina. Film ini bercerita tentang perjuangan tentara Jepang dan merupakan film yang dibuat berdasarkan Novel karya Tomoshin Ichi dengan judul sama.

5. Singapore Soko Geki (Serangan atas Singapura).

Singapore Soko Geki merupakan salah satu film propaganda yang menggambarkan kekuatan serta kehebatan prajurit Jepang pada saat itu. Film ini merupakan film dokumentar penyerangan pertahanan pasukan Inggris di Malaya dan Singapura oleh prajurit Jepang. Tahun rilis film ini adalah sekitar awal 1940-an. 

6. Eikoku Koezoeroeroe no Hi (Saat Inggris Runtuh).

Tidak jauh berbeda dari film Singapore Soko Geki, film Eikoku Koezoeroeroe no Hi juga menggambarkan tentang kehebatan prajurit Jepang melawan kekuasaan Inggris. Dan bahwa bergabung dengan prajurit Jepang, masyarakat Indonesia pada saat itu dapat mengusir para penjajah dari daerahnya.

Beberapa film Jepang yang diputar di Indonesia pada era 1942 sampai 1945 memiliki cerita yang menarik dan digunakan untuk menarik simpati masyarakat Indonesia pada saat itu untuk memihak pada Kekaisaran Jepang. Hal ini kemudian dapat mempermudah penjajahan Jepang di Indonesia pada saat itu.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

Loading...
Creator Banner

Gak perlu khawatir, tulisan kamu bisa tetap
TERBACA DAN TRENDING di Brilio.net

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

ON FIRE

MORE
Back To Top