Kuliah S1 sekarang ini hampir bisa dirasakan oleh semua golongan, entah dengan jalur mandiri maupun beasiswa. Sebelum memasuki perkuliahan, maba pun harus melewati masa orientasi kampus. Lalu, apa saja ekspektasi maba atau mahasiswa baru pada awal-awal perkuliahan? Daftar berikut ini mungkin juga pernah kamu alami.

1. Pas masa orientasi dikira nggak terlalu lama, ternyata berangkat pagi buta pulang mepet magrib selama berhari-hari.

6 Ekspektasi mahasiswa baru saat awal kuliah ini bikin senyum simpul

Gambar: ung.ac.id

Hal ini mungkin sering terlintas di pikiran maba, kalau saat hari pertama ospek/gladi tidak akan lama. Realitasnya, kebanyakan kampus mengharuskan mabanya untuk berangkat pagi dan pulang sore bahkan mepet magrib karena kegiatan selama masa orientasi yang padat.

2. Kuliah itu padat, namun ternyata untuk beberapa jurusan jadwalnya sangat santai.

Mungkin beberapa dari kalian banyak yang berekspektasi kalau kuliah sama padatnya seperti saat masa SMA. Namun realitasnya tidak. Jadwal perkuliahan terbilang fleksibel dan dalam sehari umumnya paling banyak ada 3 mata kuliah. Dan terkadang jeda satu mata kuliah satu dengan lainnya bisa terpaut agak jauh. Kadang jedanya bisa sampai dua jam baru lanjut ke mata kuliah selanjutnya.

Apalagi untuk kalian yang tidak ikut organisasi, kuliah akan terasa begitu santai. Jika kuliah kalian padat pun pasti ada satu hariyang hanya berisi satu mata kuliah. Apalagi jika mendapat dosen yang sibuk, pasti kelas sering kosong ataupun sebatas ditinggali tugas. Namun hal ini kembali lagi pada jurusan apa yang kalian ambil.

3. Bergabung dengan organisasi di kampus, namun tidak jadi dengan berbagai alasan.

6 Ekspektasi mahasiswa baru saat awal kuliah ini bikin senyum simpul

Gambar: ruang mahasiswa

Pasti banyak dari kalian yang dulu punya rencana seperti ini dan berakhir menjadi mahasiswa 'kupu-kupu' hingga semester tua. Saat sudah mengumpulkan tekad untuk mendaftar entah kenapa ingin mundur saja, alasannya pun beragam. Bisa karena tidak ada teman saat mendaftar, lebih memilih kerja sampingan yang sudah digeluti sebelum perkuliaahan dimulai, ragu dengan organisasi yang akan dipilih, dan minder. Namun umumnya alasan seseorang tidak jadi ikut organisasi karena tidak ada teman barengan.

4. Takut jika telat mengumpulkan tugas. Padahal realitasnya dosen tidak pernah menegur mahasiswanya secara langsung jika tidak mengerjakan tugas.

Bisa dibilangrajin-rajinnyamahasiswa yaitu saat semester 1 dan 2 karena menganggap pembelajaran kuliah sama dengan saat SMA. Realitasnya dosen tidak akan menanyakan secara langsung jika mahasiswanya tidak mengerjakan tugas. Bisa dibilang dosen tidak akan mengingatkan karena mahasiswanya sudah dianggap dewasa. Dosen jarang memberikan teguran namun imbasnya jatuh pada nilai yang akan kalian dapatkan. Jika dosen yang teliti biasanya akan memberimu nilai yang tidak memuaskan, namun kadang ada juga dosen yang model penilaiannya disamaratakan.

5. Mendapat ilmu yang banyak di perkuliahan namun realitasnya perkuliahan hanya memberi sekitar 15%.

Jika kalian berekspektasi bisa mendapat ilmu yang banyak seperti masa SMA, kalian salah. Perkuliahan bisa dibilang hanya memfasilitasi dan menuntut kalian untuk mengembangkannya. Dikutip dari kompasiana, apa yang diajarkan oleh setiap dosen dari sebuah mata kuliah, pada dasarnya hanyalah 15% dari apa yang seharusnya diketahui dan dikuasai oleh setiap mahasiswa dari mata kuliah tersebut. Apa yang diajarkan oleh dosen sesungguhnya hanyalah pengantar, mahasiswalah yang harus mengembangkannya.

Hal itu akan kalian rasakan jika sudah menempuh satu atau dua semester. Karena jadwal satu mata kuliah hanya sekali dalam seminggu, dan terkadang ditinggali tugas terkadang tidak. Dan karena hal demikian banyak yang membuat mahasiswa menyepelekannya dan memilih menggeluti pekerjaan sampingan.

Jadi jangan menyandarkan perkuliah akan memberi ilmu yang banyak hanya dari ruang kelas. Karena sistemnya yang begitu, kalian diharapkan bisa belajar lebih banyak dan mandiri di luar jam perkuliahan.

6. Berekspektasi kuliah santai tinggal berangkat ternyata tugasnya banyak bukan main.

6 Ekspektasi mahasiswa baru saat awal kuliah ini bikin senyum simpul

Gambar: Ximble

Mungkin banyak dari kalian yang berekspektasi kalau kuliah hanya berangkat tanda tangan mendengarkan presentasi dari dosen. Namun ternyata malah setiap mata kuliah sering memberi tugas. Biasanya anak jurusan ekonomi punya tugas yang banyak.